Bitcoin Forum

Local => Bahasa Indonesia (Indonesian) => Topic started by: zenuxer on December 07, 2017, 12:25:45 PM



Title: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: zenuxer on December 07, 2017, 12:25:45 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: amihada on December 07, 2017, 12:30:01 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
jika transaksi penukuran bitcoind dengan uang di vip mungkin tidak apa-apa tapi jika transaksi jual beli mungkin lebih baik dihindari gan karena itu masih di larang di indonesia gan


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: zenuxer on December 07, 2017, 12:32:28 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
jika transaksi penukuran bitcoind dengan uang di vip mungkin tidak apa-apa tapi jika transaksi jual beli mungkin lebih baik dihindari gan karena itu masih di larang di indonesia gan
waduh kira-kira apa yang akan terjadi jika kita tetap bertransaksi meski bitcoin di larang untuk bertransaksi ? itu yang menimbulkan pertanyaan yang besar di benakku gan


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Bazdy7 on December 07, 2017, 12:36:30 PM
Sejauh yang saya tahu hal tersebut masih sebatas dilarang. Jika pun ada sanksi maka bisa saja dikategorikan transaksi ilegal oleh pemerintah karena pembayarannya dilakukan menggunakan mata uang yang tidak sah di indonesia. Tapi jikapun ada peraturan sanksi resminya saya belum tahu.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: KuraJamban on December 07, 2017, 12:38:36 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
jika transaksi penukuran bitcoind dengan uang di vip mungkin tidak apa-apa tapi jika transaksi jual beli mungkin lebih baik dihindari gan karena itu masih di larang di indonesia gan
waduh kira-kira apa yang akan terjadi jika kita tetap bertransaksi meski bitcoin di larang untuk bertransaksi ? itu yang menimbulkan pertanyaan yang besar di benakku gan
Sabar aja gan.. Selama VIP Bitcoin masih belum memberikan pengumuman resmi tentang larangan penggunaan bitcoin di Indonesia, dan web masih beroperasi kita fine" aja .. Untuk kepastian, kita Tunggu pengumuman resmi dari mereka aja


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: zenuxer on December 07, 2017, 12:39:19 PM
Sejauh yang saya tahu hal tersebut masih sebatas dilarang. Jika pun ada sanksi maka bisa saja dikategorikan transaksi ilegal oleh pemerintah karena pembayarannya dilakukan menggunakan mata uang yang tidak sah di indonesia. Tapi jikapun ada peraturan sanksi resminya saya belum tahu.
kita lihat saja semoga kedepannya bitcoin dapat legal dan resmi menjadi pembayaran yang sah di negara tercinta ini Indonesia ya gan


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: zenuxer on December 07, 2017, 12:39:59 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
jika transaksi penukuran bitcoind dengan uang di vip mungkin tidak apa-apa tapi jika transaksi jual beli mungkin lebih baik dihindari gan karena itu masih di larang di indonesia gan
waduh kira-kira apa yang akan terjadi jika kita tetap bertransaksi meski bitcoin di larang untuk bertransaksi ? itu yang menimbulkan pertanyaan yang besar di benakku gan
Sabar aja gan.. Selama VIP Bitcoin masih belum memberikan pengumuman resmi tentang larangan penggunaan bitcoin di Indonesia, dan web masih beroperasi kita fine" aja .. Untuk kepastian, kita Tunggu pengumuman resmi dari mereka aja
aku sampek ketar ketir membaca beritanya di kompas news gan hahaha


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: anov996 on December 07, 2017, 12:43:49 PM
kalau transaksi pertukaran dari bitcoin ke rupiah kayaknya ga ada pengaruhnya ,beda lagi kalo kita belanja menggunakan bitcoin yang katanya di larang sama BI


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: zenuxer on December 07, 2017, 12:44:59 PM
kalau transaksi pertukaran dari bitcoin ke rupiah kayaknya ga ada pengaruhnya ,beda lagi kalo kita belanja menggunakan bitcoin yang katanya di larang sama BI
bener juga gan.. semoga saja bitcoin bisa jadi legal di negara kita ini gan


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: berkatjunior on December 07, 2017, 12:48:47 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
kalau transaksi menggunakan bitcoin ilegal menurut bank indonesia karena bank indonesia tidak melegalkan transaksi dengan bitcoin tetapi kalau pertukaran dengan rupiah sepertinya tidak ada larangan karena exchange vip bitcoin masih beroperasi sampai saat ini


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Bloodseekers on December 07, 2017, 12:51:14 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
jika transaksi penukuran bitcoind dengan uang di vip mungkin tidak apa-apa tapi jika transaksi jual beli mungkin lebih baik dihindari gan karena itu masih di larang di indonesia gan
waduh kira-kira apa yang akan terjadi jika kita tetap bertransaksi meski bitcoin di larang untuk bertransaksi ? itu yang menimbulkan pertanyaan yang besar di benakku gan
pertanyaannya sekrang transaksi apa yang pembyrana bitcoin ?? sya rasa orang2 masih menggunakan rupiah, belum pernah saya temukan disekitar saya transaksi jual beli menggunkan BTC, beda halnya di exchange bitcoinnya lebih kepada trading, bukan sebgai media pembyran, jadi ngak usah khawatir. 


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Vcam76 on December 07, 2017, 12:58:04 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

Kalau untuk saksi bagi kita yang bertransaksi via bitcoin untuk saat ini belum ad gan, karna kalau ada saksinya, pasti toko online yang menerima pembayaran via bitcoin akan sanksi juga, tapi buktinya sekarang cuma sebatas larangan aja


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: m.rifki on December 07, 2017, 12:59:02 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

Tidak ada sanksi apapun dalam melakukan transaksi bitcoin di Indonesia gan, karena tidak adanya larangan yang memiliki kekuatan hukum tetap mengenai bitcoin saat ini di Indonesia. Maka dari itu, para bitcoiners masih bisa dengan bebas menggunakan bitcoin saat ini. Mungkin banyak himbauan larangan mengenai bitcoin di Indonesia, namun itu hanyalah himbauan yang bisa disampaikan oleh siapa saja dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat. Berarti aman !


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Dextord on December 07, 2017, 01:05:16 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
benar bitcoin sekarang sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan belakangan ini dan juga kedepannya sepertinya, menurut saya jika transaksi dengan bitcoin dilarang oleh pemerintah tapi jika perukaran dengan rupiah masih bisa dengan website vip yang masih buka sampai sekarang


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Oom4ja on December 07, 2017, 01:32:52 PM
Kalo yang saya tau gan belum ada sangsi tuh ber transaksi pake Bitcoin.selama tidak saling merugikan dan pada intinya harus saling percaya dan bisa menjaga itu dengan se baik baik nya


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Hafik on December 07, 2017, 01:43:12 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

sanksi untuk penggunaan bitcoin di Indonesia mungkin belum diatur oleh pemerintah. tapi himbauan dari BI sangat jelas bahwa bitcoin tidak bisa dipakai sebagai transaksi pembayaran di Indonesia. kalau sampai bitcoin menjadi alat transaksi di Indonesia, dikhawatirkan akan melemahkan nilai tukar rupiah dimata dunia.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: joe marla on December 07, 2017, 01:43:46 PM
belum ada sanksi apapun apabila kita bertransaksi dengan bitcoin, hal ini diungkapkan oleh Menko keuangan indonesia ibu sri mulyani, bahwa masyarakat bisa menggunakan uang virtual tetapi apabila terjadi sesuatu nantinya itu anda tanggung sendiri apabila terjadi bubble (pengumpalan) investasi di situ, artinya pemerintah belum menerapkan sanksi apa pun bagi pengguna bitcoin.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: bungbara93 on December 07, 2017, 01:47:48 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

kalau kita transaksi menggunakan selain rupiah gan dan ketauan oleh pemerintah itu pasti kena sanksi karena BI dan dalam UU sudah menegaskan kalau alat transaksi yang resmi adalah rupiah gan, tapi saat ini belum kita lihat ada yang kena sanksi karena menggunakan mata uang digital.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: kazu2102 on December 07, 2017, 01:53:21 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

kalau kita transaksi menggunakan selain rupiah gan dan ketauan oleh pemerintah itu pasti kena sanksi karena BI dan dalam UU sudah menegaskan kalau alat transaksi yang resmi adalah rupiah gan, tapi saat ini belum kita lihat ada yang kena sanksi karena menggunakan mata uang digital.

hmm iya gan betul. hati-hati aja gan soalnya masih legal bisa bisa nanti malah kena penjara. semoga saja untuk kedepannya negara indonesia ini bisa menerima bitcoin sebagai alat pembayaran. dan pastinya nanti para investor di indonesia sangat senang dengan kabar itu.  walaupun pada saat ini masih ada kabar katanya menkeu akan memblokir bitcoin. semoga saja tidak terjadi. aamiin


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Pulpypants99 on December 07, 2017, 01:56:39 PM
Menurut kepala departemen komunikasi BI agusman , sanksinya dikenakan pada penyelenggara jasa sistem pembayaran , adapun sanksi yang diberikan yaitu teguran tertulis dan dihapus dari daftar penyelenggara teknologi finansial di BI.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: TopT3ns on December 07, 2017, 01:57:26 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
saat ini belum ada sih, menunggu BI mengeluarkan statement saja apa peraturan untuk transaksi dengan menggunakan bitcoin. kalau sekarang sih yang ane baca baru pelarangan. itupun udah bikin beberapa situs penjualan online yang nerima bitcoin gak beroperasi lagi


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: yaelahwall on December 07, 2017, 02:02:43 PM
kalau saat transaksi tidak ada sannksi ataupun pelanggaran tapi di indonesia melarang adanya bitcoin , ada berita isu juga yang punya saldo 200Jt di atm/bank akan di kenai biaya pajak gan itu cuman rumor saja kayanya tidak tahu kebenaranya.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: ditupik on December 07, 2017, 02:06:23 PM
saat ini sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi setau ane belum ada sanksinya, kalau menggunakan bitcoin dalam bertransaksi dikenakan sanksi semua yang bertransaksi di vip bitcoin.co.id pasti sudah terkena sanksi dong gan.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Mahmudmach on December 07, 2017, 02:09:38 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
Sanksinya bisa berupa teguran atau pencabutan ijin usaha bagi para penjual jasa/barang. Tapi saran ane lebih baik hindari bertransaksi menggunakan bitcoin, ini demi keamanan dan kenyamanan para bitcoiner. Mengingat BI sudah mengeluarkan larangan bertransaksi menggunakan bitcoin.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: gaalx on December 07, 2017, 02:13:26 PM
belum ada sanksi apapun apabila kita bertransaksi dengan bitcoin, hal ini diungkapkan oleh Menko keuangan indonesia ibu sri mulyani, bahwa masyarakat bisa menggunakan uang virtual tetapi apabila terjadi sesuatu nantinya itu anda tanggung sendiri apabila terjadi bubble (pengumpalan) investasi di situ, artinya pemerintah belum menerapkan sanksi apa pun bagi pengguna bitcoin.
untuk sanksi memang belum ada gan, saya menggaris bawahi dari isu sekarang ini bahwa jika ada sesuatu atas penggunaan bitcoin tidak ada pihak yang bertanggung jawab, maka pemerintah tidak menyarankan untuk menggunakan bitcoin

Menurut kepala departemen komunikasi BI agusman , sanksinya dikenakan pada penyelenggara jasa sistem pembayaran , adapun sanksi yang diberikan yaitu teguran tertulis dan dihapus dari daftar penyelenggara teknologi finansial di BI.
segala bentuk pelarangan memang di tegur dengan cara tertulis, pihak vip pun akan menyampai pemberitahuan tersebut bagi member vip
kita hanya menunggu informasi dari vip saja tapi sejauh ini tidak ada informasi buruk tentang larangan penggunaan bitcoin


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: samuraijin on December 07, 2017, 02:16:35 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
saat ini belum ada sih, menunggu BI mengeluarkan statement saja apa peraturan untuk transaksi dengan menggunakan bitcoin. kalau sekarang sih yang ane baca baru pelarangan. itupun udah bikin beberapa situs penjualan online yang nerima bitcoin gak beroperasi lagi
benar apa yang agan katakan, saat ini masih belum ada sanksi untuk bertransaksi  dengan menggunakan bitcoin karena BI masih dalam proses dalam larangannya saja yang baru di bahas


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: kalkuluskaskus on December 07, 2017, 02:25:39 PM
belum ada sanksi untuk saat ini, karena belum ada undang undang yang mengatur hal tersebut, jadi masih aman aman aja..
mungkin nanti setelah ada undangundah tetntang bitcoin maka kita sebagai warga negara yang baik harus mematuhinya.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: shindymlk on December 07, 2017, 02:27:30 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
jika transaksi penukuran bitcoind dengan uang di vip mungkin tidak apa-apa tapi jika transaksi jual beli mungkin lebih baik dihindari gan karena itu masih di larang di indonesia gan
waduh kira-kira apa yang akan terjadi jika kita tetap bertransaksi meski bitcoin di larang untuk bertransaksi ? itu yang menimbulkan pertanyaan yang besar di benakku gan

selama tidak ada pernyataan yang tegas dan peraturan hukum yang memuat bahwa dilarang menggunakan bitcoin sebagai alt pembayaran maka tidak akan menjadi masalah gan, lain hal bila bitcoin sudah di ilegalkan langsung oleh pemerintah dan BI apabila digunakan sebagai alat pembayaran kemungkinan agan akan mendapatkan sanksi berupa denda atau hukuman lainnya mungkin


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Berita Anyar on December 07, 2017, 02:30:06 PM
Sejauh yang saya tahu hal tersebut masih sebatas dilarang. Jika pun ada sanksi maka bisa saja dikategorikan transaksi ilegal oleh pemerintah karena pembayarannya dilakukan menggunakan mata uang yang tidak sah di indonesia. Tapi jikapun ada peraturan sanksi resminya saya belum tahu.
kita lihat saja semoga kedepannya bitcoin dapat legal dan resmi menjadi pembayaran yang sah di negara tercinta ini Indonesia ya gan
Selama saya bertransaksi menggunakan bitcoin saya belum pernah mengalami sanksi apa-apa gan, jadinya belum tau sanksi apa-apa yah semoga ajah lancar terus gan.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: rahitrokudaime09 on December 07, 2017, 02:30:16 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
Bisa agan cek di link berikut ini :

http://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/07/111100226/adakah-sanksi-bila-menggunakan-bitcoin-dalam-bertransaksi-


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: sopel46 on December 07, 2017, 02:33:15 PM
Untuk saat ini belum ada sanksi nya gan tetapi kita tidak tahu apakah dimasa yang akan datang karena saat ini BI hanya melarang saja belum menetapkan bahwa menggunakan bitcoin akan dikenakan sanksi untuk saat ini


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: byhq on December 07, 2017, 02:36:28 PM
kalau undang-undangnya saya kira belum ada gan , tapi kalo buata transaksi secara real saya kira masih bahaya juga, karena masih banyak kontroversi sam mata uang virtual ini. saya kira bagus juga tidak dilegalkan karena bisa jadi wadah untuk para koruptor menyembunyikan uangnya gan . susah juga kan buat nyarinya kalo gitu.. hehehehe


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: rencong bitcoin on December 07, 2017, 02:39:01 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
Saat ini harga bitcoin memang sangat tinggi gan dan sudah pasti akan terus meningkat..
Setau saya sampai saat ini sanksi untuk transaksi bitcoin belum ada gan pemerintah dan pihak BI baru sekedar memberi peringatan kalau transaksi bitcoin di indonesia di larang tapi belum ada sanksi yang di tetapkan..


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Antonas1 on December 07, 2017, 02:43:02 PM
Sejauh ini belum ada sanksi khusus yang dikenakan kepada pemilik/pengguna bitcoin, so kita masih bisa memperdagangkannya di marketplace kayak vip tanpa kuatir ada hukuman. Entah, kita liat nanti kelanjutan


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: TahuDiniHari on December 07, 2017, 02:45:48 PM
selama pemerintah pusat tidak memiliki aturan yang kuat, saya rasa masih bisa dikatakan tidak ada sanksi. belum lama ini kan yang ramai di pemberitaan hanya larangan bertransaksi oleh pemerintah pusat. namun itu masih digodok, doakan saja semoga tidak ada sanksi untuk para pengguna bitcoin di tanah air.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: joko saputro on December 07, 2017, 02:46:26 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

kalo menurut ane si, kalo sanksi itu sendiri belum ada tanda tandanya gan, cuman memang masih belum legal diindonesia, jadi semisal kita ada transaki dengan bitcoin entah untuk apa tapi kemudian bitcoin itu hilang/rahib dari pihak hukum diindonesia itu yang tidak bertanggung jawab karna masih belum legal, jadi intinya segala transaksi kita dengan bitcoin segala resiko kita sendiri yang menanggung tidak bisa dibawa ke ranah hukum, itu si sepengetahuan ane gan, maaf kalo ada salah


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Saly yes on December 07, 2017, 02:48:53 PM
Sejauh yang saya tahu hal tersebut masih sebatas dilarang. Jika pun ada sanksi maka bisa saja dikategorikan transaksi ilegal oleh pemerintah karena pembayarannya dilakukan menggunakan mata uang yang tidak sah di indonesia. Tapi jikapun ada peraturan sanksi resminya saya belum tahu.
kita lihat saja semoga kedepannya bitcoin dapat legal dan resmi menjadi pembayaran yang sah di negara tercinta ini Indonesia ya gan

Kalo menurut ane itu sangatlah setuju agan nantik ke depan mau
 di legalkan bitcoin di Indonesia sebagai Mata uang yang sah
maka dengan itulah Indonesia akan maju dan berkembang.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: vonnyaries on December 07, 2017, 02:50:36 PM
untuk saat ini setau saya, hal yang dilarang di negara kita adalah menggunakan bitcoin untuk bertransaksi, karena mata uang untuk bertransasksi yang sah adalah mata uang yang dikeluarkan oleh bank central, oleh maka itu bitcoin tidak di legalkan utnuk jadi matan uang untuk sebuah transaksi


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Xcode7 on December 07, 2017, 04:34:18 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
kalo sanksi secara langsung di negara kita sepertinya belum ada.setau saya di negara indonesia bitcoin tidak boleh untuk secara langsung,karena bitcoin di indonesia belum di legalkan.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Coin BTC on December 07, 2017, 04:37:05 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

Untuk saat ini tidak ada sanksi apapun dalam menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi, karena bitcoin ini tidak dilarang di indonesia sedara undang - undang. Namun bitcoin ini dilarang berdasarkan kekhawatiran saja. Jadi jika kita menggunakan bitcoin sebagai alat transaksi tidak dapat di ambil tindakan tegas karena tidak ada upaya hukum yang kuat.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: fauzan Ichsan on December 07, 2017, 04:37:47 PM
untuk saat ini setau saya, hal yang dilarang di negara kita adalah menggunakan bitcoin untuk bertransaksi, karena mata uang untuk bertransasksi yang sah adalah mata uang yang dikeluarkan oleh bank central, oleh maka itu bitcoin tidak di legalkan utnuk jadi matan uang untuk sebuah transaksi
dan lebih lanjut lagi pernyataan dari bu sri mulyani apabila kita tetap menggunakan bitcoin selain untuk bertransaksi di indonesia maka apabila suatu saat terjadi apa2, maka kita sendiri yan menanggungnya, dalam artian negara lepas tangan, setahu saya seperti itu kabar terbaru yang ane ketahui


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: camat gampong on December 07, 2017, 06:56:42 PM
mungkin kalau transaksi di VIP tidak ada sanksi dan juga berbelanja online juga tidak ada sanksi tapi kalau lewat offline mungkin kena sanksi karena bitcoin belum legal jadi pasti akan di ciduk kalau ketahuan.intinya kalau ingin bertransaksi lebih baik bitcoin kita tukar kan ke rupiah dulu.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: aryana42 on December 07, 2017, 07:04:09 PM
Kalau untuk sanksinya dalam bertransaksi dengan bitcoin dinegara kita kayaknya tidak ada gan walaupun bank Indonesia sudah jelas-jelas melarang bertransaksi dengan bitcoin, karena sejauh ini ane juga belum melihat undang-undang tentang bitcoin gan.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: theslasher99 on December 07, 2017, 07:16:17 PM
Setahu ane belum ada sanksi tertulis Gan.
VIP pun belum ada aba2 mengenai sanksi itu, do Indonesia selaku bitcoiner kita merujuk ke VIP sangat memadai. Lagian pemerintah hanya belum melegalkan Crypto/bitcoin bukan melarang penggunaan bitcoin sebagai alat tukar..


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Midy on December 07, 2017, 07:19:35 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

Kalau untuk sekarng pihak pemerintah dan BI memang melarang keras terhadap transaksi via bitcoin, namun untuk sanksinya belum ada sampai sekarang ini gan, kita lihat sampai mana perkembangan bitcoin kedepan gan, tetap update informasinya


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Altrader on December 07, 2017, 07:20:04 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

saat ini sepertinya belum ada, karena masih dalam tahap evaluasi menurut saya,
dan belum ada aturan atau UU yang jelas mengenai mata uang digital atau bitcoin,,


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: acha1217 on December 07, 2017, 07:24:16 PM
kalo transaksinya menukar bitcoin dengan rupiah mah gak apa2 gan . tetapi kalo mau bertransaksi jual beli sebaiknya di hindari dulu karena pemerintah sangat melarang hal itu, ini di sebabkan mungkin pemerintah takut rakyatnya di tipu ataupun salah dalam pengiriman bitcoin. kita hidup di negara hukum jadi patuhin dulu hukum pemerintahan kita. kalau pemerintah sudah mengizinkan jual beli menggunakan pembayaran bitcoin baru deh kita tidak perlu takut lagi.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: yakura on December 07, 2017, 07:32:26 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih

Untuk sekarang saya belum pernah melihat pemerintah memberi sanksi transaksi bitcoin gan, karena BI dan pemerintahaan indonesia baru memberi peringatan untuk bitcoiner indonesia..
Jelas BI dan pemerintahan hanya manganggap RP untuk pembayaran yang sah di negara kita ini gan.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: bahlulfahrul on December 07, 2017, 07:36:26 PM
Saat ini tidak ada sangsi khusus bagi pengguna bitcoin di indonesia gan walaupun bitcoin di larang oleh pemerintah, karena maksud dari larangan pemerintah adalah untuk mengingatkan kita masyarakat Indonesia supaya berhati hati dalam menggunakan bitcoin, karena jika terjadi sesuatu seperti kehilangan bitcoin maka pihak pemerintah melalui badan hukum negara tidak mau bertanggung jawab


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: Nasirmb on December 07, 2017, 08:09:06 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
Untuk sekarang ini kita belum tahu gan apakah ada sanksi atau tidak kalau kita menggunakan bitcoin untuk bertransaksi menggunakan bitcoin, tapi pemerintah kita yang jelas melarangnya untuk bertransaksi di negara kita, tapi kalau sudah ada larangan lebih baik jangan dilakukan aja gan.


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: suryogandul on December 07, 2017, 08:10:36 PM
ane barusan baca artikel tentang larangan BI terhadap crptocurrency baik BTC maupun ETH di tahun 2018, apakah benar gan mulai tahun depan sudah ada sanksi tegas dari BI?


Title: Re: adakah sanksi menggunakan bitcoin dalam bertransaksi
Post by: TopT3ns on December 07, 2017, 08:30:21 PM
mata uang virtual termasuk didalamnya adalah bitcoint mengalami peningkatan nilai yang fantastu sepanjang tahu ini . yang menjadikan pertanyaan apa sanksi jika ada transaksi di indonesia menggunakan mata uang virtual bitcoin. ??? terimakasih
saat ini belum ada sih, menunggu BI mengeluarkan statement saja apa peraturan untuk transaksi dengan menggunakan bitcoin. kalau sekarang sih yang ane baca baru pelarangan. itupun udah bikin beberapa situs penjualan online yang nerima bitcoin gak beroperasi lagi
benar apa yang agan katakan, saat ini masih belum ada sanksi untuk bertransaksi  dengan menggunakan bitcoin karena BI masih dalam proses dalam larangannya saja yang baru di bahas
nanti lah itu ada peraturannya pasti, intinya sih segala transaksi baik online maupun offline harus pakai yang namanya rupiah untuk pembayaran. hal ini semakin memupus harapan bitcoin bisa jadi pembayaran yang sah di indonesia