Bitcoin Forum

Local => Mining (Bahasa Indonesia) => Topic started by: aji471 on March 17, 2018, 08:19:44 PM



Title: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: aji471 on March 17, 2018, 08:19:44 PM
     Mining membutuhkan ruangan khusus untuk memperoleh tempat yang aman untuk perangkat kita dari gangguan-gangguan faktor internal dan eksternal. Ruangan khusus mining juga berfungsi untuk memudahkan kontrol suhu ruangan agar tetap dingin, bahkan cloud mining berbayar meletakkan alat mining di pegunungan untuk menjaga suhu tetap dingin, beberapa metode dilakukan oleh beberapa miner yaitu:

1. Ruangan sempit Ber AC
    GPU yang tidak memerlukan ruang luas dimanfaatkan dengan membuat ruangan sempit ber AC agar
    suhu maksimal mudah didapatkan, metode ini banyak dilakukan para miner karena simple, praktis serta 
    dengan AC yang kecil dapat menghemat biaya listrik untuk mempercepat ROI.

2. Membuat kotak dengan sirkulasi blower ukuran besar
    Membuat kotak dengan kayu dengan ukuran disesuaikan dengan blower yang besar kaarah atas
    dengan diberi lubang di arah bawah agar sirkulasi udara panas langsung tertiup keluar dari box yang 
    berisi GPU mining.

3. Menggunakan kulkas
    Cara ekstrim ini harus benar-benar di kalkulasikan dengan baik, karena jika salah perhitungan terdapat   
    uap air yang dapat mengancam GPU mining. Keuntungan dengan menggunakan metode ini biaya listrik
    tidak sebesar menggunakan AC tapi prinsipnya memanfaatkan ruang sempit bersuhu dingin. Biasanya 
    diberikan blower ukuran kecil untuk membuang hawa panas yang dikeluarkan GPU yang ada didalam 
    kulkas untuk mencegah pengembunan,  prinsipnya seperti mobil yang diterpa hujan lebat. Biasanya 
    menggunakan jenis kulkas tempat minuman ringan.

4. Goa di pegunungan
    Seperti kita tahu jika pegunungan adalah AC alami karena suhu udara diatas pegunungan sangat dingin 
    maka hal itu dimanfaatkan para penyedia cloud mining yang bermodal besar untuk menyimpan alat
    miningnya di goa yang ada dipegunungan agar suhu alat mining tetap dalam keadaan dingin.

Dari beberapa ulasan singkat metode ruangan untuk mining diatas mudah mudahan bermanfaat untuk para miner, Jadi para miner pilih metode yang mana untuk membangun ruangan khusus miningnya?
sekian.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: aji471 on March 18, 2018, 01:03:09 PM
Sebagai tambahan untuk noise yang terlalu mengganggu, ada beberapa alternatif cara mengurangi berisiknya :
1. Jika dinding terbuat dari partisi gipsum atau multiplex untuk bagian rongganya bisa dimasukkan glasswool 
    sebagai peredam suara.
2. Bisa juga menggunakan karpet warna hijau yang biasa ada di mushala-mushala
3. Ruangan kedap yang tertutup dari celah-celah pintu atau jendela. fokus hanya pada blower yang di arah 
    kan keluar ruangan lewat atap rumah seperti yang ada di mall-mall

Mudah-mudahan bisa membantu, jika ada hal lainnya silahkan di share untuk kebaikan bersama.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Memphix on March 18, 2018, 01:22:05 PM
kalo ane sih ruangan buat mining rig dipasang 4 exaust, jadi 2 nyedot dari dalam yang 2 lagi masukin udara dari luar, jadinya sirkulasi udara di ruangan bagus panasnya langsung keluar


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Jesika Fransiska on March 18, 2018, 02:35:14 PM
Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: aji471 on March 19, 2018, 02:42:04 PM
Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.

untuk ruangan dengan sistem pendingin radiator sepertinya akan sulit diterapkan tapi jika satu persatu vga dengan sistem pendingain yang hampir mirip radiator banyak dijual dipasaran gan.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: dondonk on March 23, 2018, 04:02:14 PM
Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: adiphenomenon on March 23, 2018, 10:13:45 PM
kalo di daerah udaranya masih dingin, mending buat ruangan (kayak kos kosan) terus temboknya dibolongin terus dikasih teralis abis itu di atapnya dipasang fan buat industri (kalo yg dibawah ini pernah ada yg bilang malahan ga ngefek), gausah dikasih intake sih langsung aja kipasnya buat nyedot keluar, disarankan deket-deket rumah biar bisa di kontrol XD


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: marlinkanamo on March 23, 2018, 10:24:48 PM
saya sih tidak setuju jika Kulkas dijadikan sebagai tempat RIG, ini nanti bisa bahaya pada VGA terkena air lalu berkarat,
saya kira kipas tambahan saja sudah cukup untuk mendinginkan VGA


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Dek Aireen on March 26, 2018, 07:30:41 AM
Saran nomor 2 kayaknya yang lebih pas. Menggunakan blower dan kotak. Lebih simpel dan efisien biayanya juga mudah pengontrolan. Noise yang mungkin jadi masalah, tapi tampaknya udah ada solusinya dari agan-agan di atas.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Dekaswat on March 28, 2018, 10:44:27 AM
harus menyiapkan ruangan khusus yang bagus buat menaruk mining, sementara di dalam ruangan harus pake AC biar suhu ruangan akan tetap stabil dan tidak panas.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: f4444 on April 02, 2018, 05:32:40 AM
ruangan khusus memang perlu untuk menekan suhu panasnya, tapi kalo untuk menekan suhu panas banyak beberapa metode seperti yang agan beberkan. tapi yang saya ingin tahu cara mencegah suara bising mesin mining? oleh karena itu saya ingin tahu penjelasan untuk meredam suara bising dari mesing minig.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: slimfit88 on April 02, 2018, 12:49:54 PM
kalau di pegunungan sih sangat antimainstream itu  8), tapi bagaimana mencapai listrik dan internetnya disana, yang paling simple dan banyak di lakukan itu kek ane ruangan ber AC terkadang untuk meminimalisir listrik AC tidak 24jam karena ane hanya mempunyai 1 RIG, kalau AC ruangan tidak ane gunakan, biasanya ane ganti dengan kipas angin yang langsung ke VGA untuk tetap menjaga suhunya


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Stateray on April 03, 2018, 03:55:30 PM
kalo ane sih ruangan buat mining rig dipasang 4 exaust, jadi 2 nyedot dari dalam yang 2 lagi masukin udara dari luar, jadinya sirkulasi udara di ruangan bagus panasnya langsung keluar
benar sekali pak,  di ruangan mining rekan saya juga dipasang 4 exaust, jadi jika tidak di atur benar benar suhu ruangan tidak akan stabil suhu panas dengan suhu ac.kalau perlu jika ruangan besar lebih baik pilih ac yang PK besar, untuk menyeimbangkan suhu panas dari alat mining.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Muhaimun on May 19, 2018, 09:53:58 PM
Ruangan untuk mining itu harus yg ber AC gen . Kalau tidak ada AC apa masih bisa kita membuat ruangan untuk mining apa ada pengaruhnya dengan ruangan yg ber AC sama yg tidak


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: akhzayn on May 20, 2018, 08:06:11 PM
Ruangan untuk mining itu harus yg ber AC gen . Kalau tidak ada AC apa masih bisa kita membuat ruangan untuk mining apa ada pengaruhnya dengan ruangan yg ber AC sama yg tidak
untuk perbedaan suhu alat mining yang berAC dengan yang tidak sekitar 2 sampai 5 derajat . itu sesuai dengan pengalaman yang saya alami di lapangan,


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: I-LOVE-YOU on June 20, 2018, 01:07:02 PM
bisa saja tidak usah pada goa , goa juga susah untuk jangkauan jaringan internet . disaran kan mengganti istilah daerah tinggi


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: abhiseshakana on June 20, 2018, 04:04:42 PM
Saya pribadi juga menerapkan satu ruangan khusus buat Mining Rig, cuman untuk sirkulasi tidak menggunakan media AC (AC ada tapi dinon-aktifkan), melainkan memakai sistem exhaust di atap dan fan blower ditengah dan dibawah (semua memakai Fan outdoor AC bekas).

Dan dari penerapan ruangan khusus buat mining rig ini, ada beberapa manfaat yang bisa saya garis bawahi :

~ Suhu mining rig bisa stabil dibawah 70C
~ Terhindar dari jangkauan anak-anak
~ Suhu ruangan rumah jadi normal (karena suhu panas yang dikeluarkan mining rig langsung terbuang keluar rumah)
~ Karena sifatnya tertutup (blower memakai filter kasa), debu dan kotoran yang melekat di komponen mining rig jadi berkurang
~ Suara bising dari mining rig lebih terisolasi

Quote



Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Boordup77 on June 21, 2018, 02:12:10 PM
Sebaiknya sebelum kita memulai mining, tempat harus menjadi prioritas utama, mulai dari pengaturan sirkulasi udara, kebersihan serta luas tempat untuk melakukan mining. Akan tetapi sesuai dengan pengalaman, tetap kita akan melihat kondisi cuaca setempat, jika dalam cuaca dingin dan terbuka, maka AC sebagai alternatif saja, bisa dipakai bila diperlukan....


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: kastara on June 22, 2018, 12:03:43 AM
kalau di pasang blower lalu di pasang AC bagaimana dengan suhu di dalam om karena secara tidak langsung udara dingin AC juga terisap keluar dong terus kalau pakai AC kisaran yang ber PK buat netralin suhu udara panas di dalam ruangan tersebut. makasih


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Banamustika on June 22, 2018, 06:20:19 AM
klo saya sendiri 11 GPU di dalam ruangan 2,5x2,5M dengan 3 exhaust dan 1 kipas angin sudah cukup   


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: missfanx on June 22, 2018, 06:53:14 AM
ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: ipinkang on June 23, 2018, 08:11:03 AM
     Mining membutuhkan ruangan khusus untuk memperoleh tempat yang aman untuk perangkat kita dari gangguan-gangguan faktor internal dan eksternal. Ruangan khusus mining juga berfungsi untuk memudahkan kontrol suhu ruangan agar tetap dingin, bahkan cloud mining berbayar meletakkan alat mining di pegunungan untuk menjaga suhu tetap dingin, beberapa metode dilakukan oleh beberapa miner yaitu:

1. Ruangan sempit Ber AC
    GPU yang tidak memerlukan ruang luas dimanfaatkan dengan membuat ruangan sempit ber AC agar
    suhu maksimal mudah didapatkan, metode ini banyak dilakukan para miner karena simple, praktis serta 
    dengan AC yang kecil dapat menghemat biaya listrik untuk mempercepat ROI.

2. Membuat kotak dengan sirkulasi blower ukuran besar
    Membuat kotak dengan kayu dengan ukuran disesuaikan dengan blower yang besar kaarah atas
    dengan diberi lubang di arah bawah agar sirkulasi udara panas langsung tertiup keluar dari box yang 
    berisi GPU mining.

3. Menggunakan kulkas
    Cara ekstrim ini harus benar-benar di kalkulasikan dengan baik, karena jika salah perhitungan terdapat   
    uap air yang dapat mengancam GPU mining. Keuntungan dengan menggunakan metode ini biaya listrik
    tidak sebesar menggunakan AC tapi prinsipnya memanfaatkan ruang sempit bersuhu dingin. Biasanya 
    diberikan blower ukuran kecil untuk membuang hawa panas yang dikeluarkan GPU yang ada didalam 
    kulkas untuk mencegah pengembunan,  prinsipnya seperti mobil yang diterpa hujan lebat. Biasanya 
    menggunakan jenis kulkas tempat minuman ringan.

4. Goa di pegunungan
    Seperti kita tahu jika pegunungan adalah AC alami karena suhu udara diatas pegunungan sangat dingin 
    maka hal itu dimanfaatkan para penyedia cloud mining yang bermodal besar untuk menyimpan alat
    miningnya di goa yang ada dipegunungan agar suhu alat mining tetap dalam keadaan dingin.

Dari beberapa ulasan singkat metode ruangan untuk mining diatas mudah mudahan bermanfaat untuk para miner, Jadi para miner pilih metode yang mana untuk membangun ruangan khusus miningnya?
sekian.
Untuk cara yang nomer 3 sudah pernah dibahas disini :
https://bitcointalk.org/index.php?topic=114296.0
Silahkan dibaca baca siapa tahu bermanfaat.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Kriss.Kross on June 26, 2018, 06:25:29 AM
ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC

untuk sekarang apakah abang menerapkan cara seperti ini ?? Terus terang saya sudah mencoba memasukan salah satu mining rig ke ruangan kerja dirumah (ada ACnya), tapi penurunan suhu yg didapat tidak signifikan. Cuman berbeda 2-3 derajat dengan saat mining rig saya taruh luar dan dibantu dengan kipas angin buat sirkulasinya. Dan semisal kita harus menambahkan AC khusus buat mining Rig, berarti otomatis ada biaya tambahn yg mesti dikeluarkan setiap bulannya.

Btw ac yg dipakai berapa PK bang , biar pemakaiannya efisien ??


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: black45 on June 26, 2018, 01:52:48 PM
ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC
kalau ente tinggal di kutub dan pegunungan es baru gak butuh ac pakai suhu yang di sana sudah bagus, kalau masih daerah puncak lereng atau lainnya ya tetap butuh di indonesia negara tropis, di bogor pun suhunya kurang untuk mendinginkan vga masih butuh pendingin tambahan karena vga bekerja 24jam ini semua demi kelangsungan vga


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: batusangkar87 on June 27, 2018, 08:34:50 AM
klo saya sendiri 11 GPU di dalam ruangan 2,5x2,5M dengan 3 exhaust dan 1 kipas angin sudah cukup   
butuh modal brp tuh gan buat build keseluruhan gtu?soalnya saya juga punya 6gpu cuma ga make exhaust sama sekali,
syaa ngandelin kipas angin saja dan tempat jg sebenernya kurang bagus krna sirkulasi udaranya kurang


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: saya123 on June 29, 2018, 10:17:06 AM
ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC
kalau ac itu cuma komponen pendukung aja gan , jadi kalaupun tidak bisa make ac make kipas angin aja sudah cukup .
yg penting pendinginan ruangan dan ventilasi ruangan memadai aja gan jadi mining rig tidak cepet berdebu


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: cutputroe on July 01, 2018, 02:49:20 AM
Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .

Keadaan yang seperti itu rata_rata perumahan yang dekat dengan pergunungan ya gan,karena kalou didaerah perkotaan ruangan mining tentu membutuhkan AC karena tidak cukop sirkulasi udaranya.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Powerman001 on July 07, 2018, 01:58:47 AM
     Mining membutuhkan ruangan khusus untuk memperoleh tempat yang aman untuk perangkat kita dari gangguan-gangguan faktor internal dan eksternal. Ruangan khusus mining juga berfungsi untuk memudahkan kontrol suhu ruangan agar tetap dingin, bahkan cloud mining berbayar meletakkan alat mining di pegunungan untuk menjaga suhu tetap dingin, beberapa metode dilakukan oleh beberapa miner yaitu:

1. Ruangan sempit Ber AC
    GPU yang tidak memerlukan ruang luas dimanfaatkan dengan membuat ruangan sempit ber AC agar
    suhu maksimal mudah didapatkan, metode ini banyak dilakukan para miner karena simple, praktis serta 
    dengan AC yang kecil dapat menghemat biaya listrik untuk mempercepat ROI.

2. Membuat kotak dengan sirkulasi blower ukuran besar
    Membuat kotak dengan kayu dengan ukuran disesuaikan dengan blower yang besar kaarah atas
    dengan diberi lubang di arah bawah agar sirkulasi udara panas langsung tertiup keluar dari box yang 
    berisi GPU mining.

3. Menggunakan kulkas
    Cara ekstrim ini harus benar-benar di kalkulasikan dengan baik, karena jika salah perhitungan terdapat   
    uap air yang dapat mengancam GPU mining. Keuntungan dengan menggunakan metode ini biaya listrik
    tidak sebesar menggunakan AC tapi prinsipnya memanfaatkan ruang sempit bersuhu dingin. Biasanya 
    diberikan blower ukuran kecil untuk membuang hawa panas yang dikeluarkan GPU yang ada didalam 
    kulkas untuk mencegah pengembunan,  prinsipnya seperti mobil yang diterpa hujan lebat. Biasanya 
    menggunakan jenis kulkas tempat minuman ringan.

4. Goa di pegunungan
    Seperti kita tahu jika pegunungan adalah AC alami karena suhu udara diatas pegunungan sangat dingin 
    maka hal itu dimanfaatkan para penyedia cloud mining yang bermodal besar untuk menyimpan alat
    miningnya di goa yang ada dipegunungan agar suhu alat mining tetap dalam keadaan dingin.

Dari beberapa ulasan singkat metode ruangan untuk mining diatas mudah mudahan bermanfaat untuk para miner, Jadi para miner pilih metode yang mana untuk membangun ruangan khusus miningnya?
sekian.

Beberapa metode sudah ada yang di terapkan oleh perusahaan penambangan seperti di goa atau rock ice mining yang beberapa bulan lalu juga mengadakan ico.
menggunakan ruangan sempit berAC ini juga sudah dijalankan oleh salah satu perusahaan. tapi yang menggunakan kulkas ini sangat beresiko menurut saya.
salam hangat.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Fadliai on July 07, 2018, 08:15:17 AM
Saya lebih lebih memilih ruang sempit ber AC, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan juga praktis. Terima kasih gan udah berbagi info nya.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: abhiseshakana on July 07, 2018, 09:53:00 AM
Saya lebih lebih memilih ruang sempit ber AC, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan juga praktis. Terima kasih gan udah berbagi info nya.

Jika mining rig yg diletakkan dalam ruangan tidak sedikit, penggunaan metode AC menurut saya kurang efektif. Saya sudah pernah mencoba menerapkan hal ini dengan menggunakan AC 1.5PK pada ruangan 3m x 2m dengan jumlah VGA diatas 12x , dan tidak dalam waktu yg lama suhu ruangan menjadi sangat panas dan pengab, dan rata-rata suhu VGA diatas 70c dan bahkan ada beberapa yg menembus suhu 80c. Suhu akan mengalami penurunan manakala pintu ruangan itu dibuka, akan tetapi efek dari hal ini menyebabkan suhu ruangan didalam rumah juga ikut menjadi gerah.

Berbeda sekali dengan saat menggunakan metode exhaust dan blower pada ruangan sempit tersebut. Meskipun tanpa ac dan hanya menggunakan 4 Kipas mode blower untuk memasukkan angin dari luar dan 3 kipas mode exhaust untuk mengalirkan hawa panas ke luar ruangan, suhu rata-rata VGA bisa stabil dibawah 70c (dengan kondisi ruangan tertutup). Dan keuntungan lainnya adalah pemakaian daya dari total 7 Kipas outdoor AC bekas ini tidak sebesar pemakaian daya dari AC 1.5PK. Dan mungkin dibutuhkan AC diatas 2PK atau 3PK untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin, akan tetapi juga akan dibutuhkan daya konsumsi yang lebih besar dan akan berimbas ke bertambahnya pengeluaran operasional yang harus dikeluarkan.

Code:
1 Kipas Outdoor AC 1.5PK bekas = ~ 50 watt
7x Kipas 1.5PK bekas = ~ 350 watt

1 AC 1.5 PK = ~ 900 watt


Berikut ini adalah penampakan suhu rata-rata dari salah satu mining rig yg saya letakkan didalam ruangan 3x2
Quote


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Dermelon on July 07, 2018, 10:55:00 AM
Saya lebih lebih memilih ruang sempit ber AC, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan juga praktis. Terima kasih gan udah berbagi info nya.

Jika mining rig yg diletakkan dalam ruangan tidak sedikit, penggunaan metode AC menurut saya kurang efektif. Saya sudah pernah mencoba menerapkan hal ini dengan menggunakan AC 1.5PK pada ruangan 3m x 2m dengan jumlah VGA diatas 12x , dan tidak dalam waktu yg lama suhu ruangan menjadi sangat panas dan pengab, dan rata-rata suhu VGA diatas 70c dan bahkan ada beberapa yg menembus suhu 80c. Suhu akan mengalami penurunan manakala pintu ruangan itu dibuka, akan tetapi efek dari hal ini menyebabkan suhu ruangan didalam rumah juga ikut menjadi gerah.

Berbeda sekali dengan saat menggunakan metode exhaust dan blower pada ruangan sempit tersebut. Meskipun tanpa ac dan hanya menggunakan 4 Kipas mode blower untuk memasukkan angin dari luar dan 3 kipas mode exhaust untuk mengalirkan hawa panas ke luar ruangan, suhu rata-rata VGA bisa stabil dibawah 70c (dengan kondisi ruangan tertutup). Dan keuntungan lainnya adalah pemakaian daya dari total 7 Kipas outdoor AC bekas ini tidak sebesar pemakaian daya dari AC 1.5PK. Dan mungkin dibutuhkan AC diatas 2PK atau 3PK untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin, akan tetapi juga akan dibutuhkan daya konsumsi yang lebih besar dan akan berimbas ke bertambahnya pengeluaran operasional yang harus dikeluarkan.

Code:
1 Kipas Outdoor AC 1.5PK bekas = ~ 50 watt
7x Kipas 1.5PK bekas = ~ 350 watt

1 AC 1.5 PK = ~ 900 watt


Berikut ini adalah penampakan suhu rata-rata dari salah satu mining rig yg saya letakkan didalam ruangan 3x2
Quote

Penggunaan kipas memang solusi yang lebih murah dan bisa efektif, karena Delta T ambient temperatur (termperatur udara ruangan) dan target temperatur VGA cukup besar. Selama pemilihan,penempatan dan pemasangan kipas tepat. Solusi yang dicari adalah peningkatan laju aliran udara. Karena semakin besar laju aliran udara, maka efek pendinginan akan menjadi semakin besar.
Rata-rata termperatur udara ruangan di Indonesia antara 26-32 Celcius. Misalnya kita ambil termperatur udara tertinggi yaitu 32 Celcius, jika target temperatur VGA adalah 65 Celcius, artinya delta T adalah 65 celcius -32celcius = 33 Celcius. Dengan Laju aliran udara yang cukup besar, tentunya temperatur udara ruangan sangat mencukupi untuk menjaga VGA di suhu udara targetnya.

fyi, sebagai pembanding. Condensor AC rumah rata-rata bekerja dengan Delta T hanya 10-15 Celcius di siang hari. Terbukti Condensor AC bisa bekerja dengan baik karena didisain untuk bisa memaksimalkan laju aliran udara.

Noted: Diambil dari teori  Thermodinamika dan Perpindahan Panas.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: pendulangemas on July 15, 2018, 01:13:00 PM
Kalau goa di pegunungan sih ekstrem gan hehe. Coba di papayandayan, dingin. Tapi apa ga berisiko tinggi kalo akses menuju tempat miningnya buruk?  ;D
Intinya yang adem dan tidak lembab.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: vennz17 on July 15, 2018, 03:08:06 PM
Info ini sangat menarik tetapi saya masih bingung dengan metode yang kedua. Kotak kayunya berbentuk bagaimana dan diletakkan seperti apa. Agan ada gambar atau referensi gak? kalau ada tolong di share dong. hehe

Kemudian metode yang keempat jika digunakan di Indonesia saya rasa agak kurang masuk di akal karena seperti yang kita ketahui jika mining itu membutuhkan listrik dan terutama koneksi internet. Namun di Indonesia koneksi internet didaerah pegunungan atau di dalam gua saya rasa sangat sangat minim. Apakah masuk di akal agan metode keempat ini? saya rasa tidak


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: batusangkar87 on July 16, 2018, 12:53:23 PM
Kalau goa di pegunungan sih ekstrem gan hehe. Coba di papayandayan, dingin. Tapi apa ga berisiko tinggi kalo akses menuju tempat miningnya buruk?  ;D
Intinya yang adem dan tidak lembab.


yg penting dalam mining ruangan bagus untuk sirkulasinya dan juga keadaan ruangan bersih jadi ga banyak debu di mining rig kita.
intinya sih itu saja arti dalam ruangan mining yg bagus dan rekomendasi kurang lebih kayak gitu hee


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: irondaru on July 17, 2018, 12:34:28 AM
Di saya 18 VGA tanpa kipas atau apapun, cuma mengandalkan pendinginan alami yaitu AC alias angin cendela.
Pernah saya kipas nyedot, malah gak ngaruh apapun dan otomatis menambah keberisikan serta konsumsi listrik lebih banyak.

Soalnya lokasi saya sudah dingin :D


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: bukti_cinta90 on July 17, 2018, 05:32:11 AM
Kalau goa di pegunungan sih ekstrem gan hehe. Coba di papayandayan, dingin. Tapi apa ga berisiko tinggi kalo akses menuju tempat miningnya buruk?  ;D
Intinya yang adem dan tidak lembab.


yg penting dalam mining ruangan bagus untuk sirkulasinya dan juga keadaan ruangan bersih jadi ga banyak debu di mining rig kita.
intinya sih itu saja arti dalam ruangan mining yg bagus dan rekomendasi kurang lebih kayak gitu hee

repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: punk.zink on July 17, 2018, 10:17:21 AM
Di saya 18 VGA tanpa kipas atau apapun, cuma mengandalkan pendinginan alami yaitu AC alias angin cendela.
Pernah saya kipas nyedot, malah gak ngaruh apapun dan otomatis menambah keberisikan serta konsumsi listrik lebih banyak.

Soalnya lokasi saya sudah dingin :D

Kipas yang dipakai kipas biasa atau kipas exhaust ?? Dan apakah dengan menggunakan sirkulasi lewat jendela kondisi mining rig tidak cepat kotor/berdebu ??

Klo berkenan boleh dong ditampilkan ruangannya disini. Siapa tau bisa memberikan inspirasi  ;)



repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.

Ane jadi penasaran, yang jadi patokan agan dalam menilai suhu dingin dan panas dalam kegiatan mining rig ini berapa celcius ya ??


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: BitcoinCazh on July 17, 2018, 03:26:19 PM
repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.
yang penting itu buka suhu ruangan gan tapi suhu pada PC kita, pada GPU kita kalau bisa tetap rendah dan stabil karena berpengaruh kepada performa dan juga keawetan GPU untuk jangka panjang


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: abhiseshakana on July 18, 2018, 12:56:16 AM
yang penting itu buka suhu ruangan gan tapi suhu pada PC kita, pada GPU kita kalau bisa tetap rendah dan stabil karena berpengaruh kepada performa dan juga keawetan GPU untuk jangka panjang

Sedikit tambahan Om .. ruangan suhu juga harus diperhatikan, soalnya pasti bakalan susah menjaga suhu mining rig tetap/stabil pada targetnya jika suhu ruangannya sendiri panas (tanpa adanya sirkulasi atau pendingin ruangan). Malam ama siang saja bacaan suhu VGA berbeda, sama juga saat musim kemarau dibandingkan dengan musim hujan  ;D

Jadi kesimpulannya untuk memperoleh suhu mining rig yang stabil (didalam ruangan khusus), ada beberapa faktor yang perlu digaris bawahi.

~ Pengaturan kipas VGA yang tepat dan usahakan jangan 90%-100% load supaya kipas VGA tidak cepat rusak.
~ Menjaga suhu ruangan sesuai target dan selalu menjaga kebersihan dalam ruangan.
~ Mengatur sirkulasi udara pada ruangan sedemikian rupa.
~ Melakukan maintenance rutin pada mining rig, ruangan dan peralatan sirkulasi udara.

CMIIW


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: manusiabawang on July 18, 2018, 01:57:08 PM
Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .
Mungkin lebih baik lagi jika tinggal didaerah pegunungan gan, didaerah tersebut sudah pasti memiliki cuaca yang dingin dan mungkin itu ide yang bagus untuk orang orang yang mendalami dunia mining


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: irondaru on July 18, 2018, 11:20:52 PM
Di saya 18 VGA tanpa kipas atau apapun, cuma mengandalkan pendinginan alami yaitu AC alias angin cendela.
Pernah saya kipas nyedot, malah gak ngaruh apapun dan otomatis menambah keberisikan serta konsumsi listrik lebih banyak.

Soalnya lokasi saya sudah dingin :D

Kipas yang dipakai kipas biasa atau kipas exhaust ?? Dan apakah dengan menggunakan sirkulasi lewat jendela kondisi mining rig tidak cepat kotor/berdebu ??

Klo berkenan boleh dong ditampilkan ruangannya disini. Siapa tau bisa memberikan inspirasi  ;)



repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.

Ane jadi penasaran, yang jadi patokan agan dalam menilai suhu dingin dan panas dalam kegiatan mining rig ini berapa celcius ya ??

Kalu ruangan biasa saja, dulu pake kipas buang hanya saja ternyata gak begitu banyak perubahan. Suhu yang turun tidak banyak hanya 1-2 derajat saja.
Maksud saya angin cendela ya gak langsung dekat cendela alias jendela. cuma ada ruangan kusus di pojokan ruangan lain saya gunakan sebagai tempat menaruh miner.
Nah soal debu ini masalah serius, mau di taruh ruangan sebersih apapun kalau ruangan yang mengandalkan angin alami maka sudah pasti setiap bulan harus di bersihkan.
Kecuali memang ada ruangan ber-AC dan tertutup mungkin bisa mengurangi debu.
saya melakukan bersih bersih setiap bulan sekali terjadwal.

Untuk mengurangi panas pada vga, usahakan jangan terlalu rapat penataan vga-nya.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: narkosahaja on July 19, 2018, 03:41:43 AM
Tidak perlu menggunakan Ac jika ruangan yang di gunakan memiliki sirkulasi bagus, dan di gunakan mining di daerah yang bersuhu dingin.
Cukup di butuhkan kipas serta sirkulasi udara yang baik.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: saya123 on July 19, 2018, 01:45:04 PM
Tidak perlu menggunakan Ac jika ruangan yang di gunakan memiliki sirkulasi bagus, dan di gunakan mining di daerah yang bersuhu dingin.
Cukup di butuhkan kipas serta sirkulasi udara yang baik.

bener gan saya juga cuma menggunakan kipas angin saja saat proses mining berjalan , sisanya ya ruangan yg sirkulasinya bagus biar ga berdebu .
dan yg penting itu monitorin saat berjalan juga butuh biar kondisi tetep stabil dan terkontrol dalam semua aspeknya


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Acong538645 on July 20, 2018, 11:54:55 AM
Kalau saya lebih memilih ruangan 3 kali 3 untuk mining dengan kapasitas 1 PK AC, dan dengan Flavon pvc, biar pantulan dingin merata kebawah, dan jendela tutup mati, tampa di buka.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: vocovoco on July 20, 2018, 11:20:23 PM
nah kalo kulkas bukannya awet malah perangkatnya yang rusak gan, ada bulir air yang bisa buat sistem konslet, soal pendinginan di goa masuk akal juga, tapi penerapannya masih jarang, kalau di goa bisa, berarti di pantai juga layak, maksudnya jika punya rumah wallet, sekalian saja taruh mesin mining disitu.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Vicks-Berg on July 22, 2018, 07:08:57 AM
nah kalo kulkas bukannya awet malah perangkatnya yang rusak gan, ada bulir air yang bisa buat sistem konslet, soal pendinginan di goa masuk akal juga, tapi penerapannya masih jarang, kalau di goa bisa, berarti di pantai juga layak, maksudnya jika punya rumah wallet, sekalian saja taruh mesin mining disitu.

apakah meletakkan mining rig di rumah wallet dipinggir pantai, ga bikin rentan KK ?? yang pertama kotoran dari burung wallet sendiri jika mengenai mining rig pastinya akan mengganggu kinerjanya.
Dan yang kedua angin pantai juga tidak bagus buat mining rig, karena mengandung uap garam yg bisa menyebabkan korosi.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: punk.zink on July 22, 2018, 09:02:39 AM
nah kalo kulkas bukannya awet malah perangkatnya yang rusak gan, ada bulir air yang bisa buat sistem konslet, soal pendinginan di goa masuk akal juga, tapi penerapannya masih jarang, kalau di goa bisa, berarti di pantai juga layak, maksudnya jika punya rumah wallet, sekalian saja taruh mesin mining disitu.

apakah meletakkan mining rig di rumah wallet dipinggir pantai, ga bikin rentan KK ?? yang pertama kotoran dari burung wallet sendiri jika mengenai mining rig pastinya akan mengganggu kinerjanya.
Dan yang kedua angin pantai juga tidak bagus buat mining rig, karena mengandung uap garam yg bisa menyebabkan korosi.


Kayaknya susah mau menerapkan metode ini dalam kondisi sesungguhnya. Dimana tujuan dari pembangunan Rumah wallet dan mining rig adalah sama-sama untuk mendatangkan income.

Jika penerapannya tidak sejalan bukannya laba yang didapat, tetapi malah akan merugikan keduanya. Karena suhu di rumah wallet tidak boleh terlalu panas dan butuh suasana yg nyaman serta alami. Sedangkan disisi lain mining rig menyebarkan suhu yg relatif panas dan menimbulkan noise yg lumayan mengganggu.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Vicks-Berg on July 22, 2018, 05:36:27 PM


Kayaknya susah mau menerapkan metode ini dalam kondisi sesungguhnya. Dimana tujuan dari pembangunan Rumah wallet dan mining rig adalah sama-sama untuk mendatangkan income.

Jika penerapannya tidak sejalan bukannya laba yang didapat, tetapi malah akan merugikan keduanya. Karena suhu di rumah wallet tidak boleh terlalu panas dan butuh suasana yg nyaman serta alami. Sedangkan disisi lain mining rig menyebarkan suhu yg relatif panas dan menimbulkan noise yg lumayan mengganggu.

Nah bener kk , sy rasa untuk meletakkan mining rig di rumah wallet sangat sulit untuk direalisasikan. Daripada repot-repot melakukan hal tsb, lebih baik membangun ruangan khusus buat yg punya byk mining rig dan buat yang hanya punya mining rig sedikit, bisa bikin rak khusus atau membeli mining rig case seperti ini

https://www.ebay.com/itm/6U-GPU-Bitcoin-Mining-Rig-Server-Case-6-Fans-Pre-Installed-Cooling-vents/253513601284?hash=item3b06969104:g:60gAAOSwqVdatG3i (https://www.ebay.com/itm/6U-GPU-Bitcoin-Mining-Rig-Server-Case-6-Fans-Pre-Installed-Cooling-vents/253513601284?hash=item3b06969104:g:60gAAOSwqVdatG3i)

dan

https://www.amazon.com/Bitcoin-Mining-Case-Built-PCI/dp/B078PY6D4T (https://www.amazon.com/Bitcoin-Mining-Case-Built-PCI/dp/B078PY6D4T)


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: kakine on July 23, 2018, 03:33:55 PM
Kalau keempat empatnya diterapkan dalam satu alat mining apa gak kedinginan  yah? Modalnya juga cukup besar nih kalo kempatnya diterapkan sekaligus.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: panjerino on July 24, 2018, 05:54:38 AM
membangun ruangan khusus unt mining sangatlah berperan penting dalam hal hasil,perawatan alat mining serta keawetanya.daerah yg panas harus banyak peralatan untuk sistim pendingin dibandingkan dengan daerah dingin,ada beberapa kasus ternyata daerah yg lebih dingin alat miningnya lebih awet,debu juga tidak begitu banyak,dalam ruangan tidak perlu ac.cukup dengan kipas saja


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: sebas7ian on July 30, 2018, 03:11:12 PM
baru tau klo ada ruangan khusus buat mining.
klo jumlah vga buat mining masih sedikit, apakah perlu juga dibuatkan ruangan?
karena kebetulan gw baru belajar mining menggunakan komputer biasa dgn vga gtx1050ti dan ada rencana mo beli 3 vga lagi.
Dan saat ini ruangan dimana gw bermain komputer dah ada acnya, jadi apakah msh perlu ruangan kusus?


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Vicks-Berg on July 30, 2018, 06:04:59 PM
baru tau klo ada ruangan khusus buat mining.
klo jumlah vga buat mining masih sedikit, apakah perlu juga dibuatkan ruangan?
karena kebetulan gw baru belajar mining menggunakan komputer biasa dgn vga gtx1050ti dan ada rencana mo beli 3 vga lagi.
Dan saat ini ruangan dimana gw bermain komputer dah ada acnya, jadi apakah msh perlu ruangan kusus?

Selama suhu dari mining rig bisa dijaga dengan stabil dikisaran 50 - 70 celcius dan tidak menganggu kk sebagai penggunanya, sy rasa belum perlu untuk membuat sebuah ruangan khusus.
Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra selama belum terlalu dibutuhkan. Dan msh ada opsi lain, seperti pengaturan sirkulasi dengan menggunakan kipas server atau menggunakan metode lainnya demi menjaga suhu mining agar panasnya tidak berlebihan.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Tirexico on August 02, 2018, 05:48:29 AM
menurut saya, cukup menyediakan ruangan ukuran 4x5 meter persegi dilengkapi dengan fentilasi yang bagus dan ac agar server bisa bekerja secara optimal.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Lite.Six on August 05, 2018, 10:27:49 AM
menurut saya, cukup menyediakan ruangan ukuran 4x5 meter persegi dilengkapi dengan fentilasi yang bagus dan ac agar server bisa bekerja secara optimal.
iyaps, diusahakan ruangan tersebut punya sirkulasi udara yang baik agar ruangan tidak terkurung udara panasnya.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Dante.444 on August 11, 2018, 09:05:12 AM
Untuk membangun ruangan kusus mining rig, estimasi biaya yg dibutuhkan berapa?
antara menggunakan ac dan menggunakan blower + exhaust, dari sisi biaya dan fungsi lebih efisien yang mana?


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: badubarat on August 13, 2018, 01:47:53 AM
Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .
kalau menuru saya ac perlu sih gan, walaupun diudara dingin tapi ac digunakan untuk kestabilan suhu gan. karena mining memerlukan daya yang besar dan yang pasti hasilnya adalah suhu yang tinggi pula. Dengan adanya AC udara didalam lebih cenderung stabil dari pada menggunakan sirkulasi udara, suhu diluar saya yakin tetap sering berubah, dan itu membuat ketidak stabilan suhu ruangan.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: LoveASIA on August 13, 2018, 03:09:44 AM
Kalo saya akan lebih memilih metode di ruangan sempit, karna aman dan hemat terutama hemat biaya ac karna jangkauan nya dekat dari mesin.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Kokkereng on September 06, 2018, 10:11:50 AM
Kalo saya akan lebih memilih metode di ruangan sempit, karna aman dan hemat terutama hemat biaya ac karna jangkauan nya dekat dari mesin.
saya jga sama gan seperti itu , yg penting sih pengontrolan saat mining dan juga perawatan terharap komponen mining harus teratur biar awet dan maksimal saat mining .
kalau low budget mending make kipas saja jangan ac karena biaya akan lebih mahal lagi .


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: Iveyalla on September 06, 2018, 01:19:18 PM
Tidak perlu menggunakan Ac jika ruangan yang di gunakan memiliki sirkulasi bagus, dan di gunakan mining di daerah yang bersuhu dingin.
Cukup di butuhkan kipas serta sirkulasi udara yang baik.

bener gan saya juga cuma menggunakan kipas angin saja saat proses mining berjalan , sisanya ya ruangan yg sirkulasinya bagus biar ga berdebu .
dan yg penting itu monitorin saat berjalan juga butuh biar kondisi tetep stabil dan terkontrol dalam semua aspeknya

Asal cocok sama daerah yang agan tinggal itu ya tidak masalah sih waloupun cuman pasang kipas angin ya kan gan.
Namun kalou didaerah saya tidak mampan gan mesti tetap harus mengunakan AC agar kondisi mining bisa berjalan dengan stabil.


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: abhiseshakana on September 07, 2018, 01:40:01 AM

Asal cocok sama daerah yang agan tinggal itu ya tidak masalah sih waloupun cuman pasang kipas angin ya kan gan.
Namun kalou didaerah saya tidak mampan gan mesti tetap harus mengunakan AC agar kondisi mining bisa berjalan dengan stabil.

Domisilinya dimana Om ? mungkin penempatan fan-fan tambahannya kurang optimal.
Saya sendiri meskipun berdomisili disalah satu kota panas (Jakarta), untuk kebutuhan sirkulasi ruangan mining hanya mengandalkan Kipas angin bekas Outdoor AC. Hasilnya pun lumayan, suhu kerja vga rata-rata 65-70oC dan untuk beban listrik seluruh kipas sekitar Rp 12.000/hari

Sebenarnya saya juga pernah mencoba menggunakan AC ukuran 1.5 Pk, akan tetapi hasilnya tidak efisien, dimana suhu kerja VGA rata-rata dikisaran 75oC dan biaya listrik jadi bertambah sekitar Rp 35.000/hari (beban AC). Dan tentu saja kondisi ini jadi menyebabkan profit mining ikut turun


Title: Re: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining
Post by: irondaru on September 15, 2018, 01:00:22 PM
Sekedar mengingatkan teman teman miner agar jangan lupa membersihkan vga dan alat minernya dari kotoran semisal debu mumpung hari gini harga koin gak karuan. Karena kalau pas harga bagus, pasti sayang kan matiin miner.

Salam petani crypto