Bitcoin Forum
December 18, 2017, 08:31:02 PM *
News: Latest stable version of Bitcoin Core: 0.15.1  [Torrent].
 
   Home   Help Search Donate Login Register  
Pages: « 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 »  All
  Print  
Author Topic: Ditjen Pajak: Keuntungan Bitcoin Kena Pajak bagaimana pendapatnya?  (Read 1883 times)
cah ndablek
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 154


View Profile
December 07, 2017, 02:36:08 AM
 #61

Saat ini saya pantau di thread trending topix bisa dikatakan mungkin seperti ini bagaimana nasib Bitcoin di Indonesia kedepan ? ketika banyak perbincangan mengenai ini saya menemukan berita mengenai Bitcoin akan dikenakan Pajak. Lalu apakah ini bisa dikatakan sebagai pertanda Bitcoin akan dilegalkan Di Indonesia ? atau ini hanya isue saja.

Mari kita diskusikan bagaimana selanjutnya tahun 2018 nanti.
Saya mempunyai feel bahwasannya tahun 2018 akan menjadi polemix mengenai Bitcoin ini,kita tahu secara Pemilu semakin dekat dan bukan tidak mungkin menurut saya Bitcoin akan dijadikan Topix selanjutnya untuk suatu hal tertentu.Tetapi semoga saja ini hanya perasaan saya dan jangan sampai terjadi Sad

berikut berita yang saya dapatkan dari sosial media
https://katadata.co.id/berita/2017/12/06/ditjen-pajak-keuntungan-bitcoin-kena-pajak-dan-dilaporkan-di-spt
Yang penting jika pemerintah mengilegalkan bitcoin dan di terapkan adanya pajak menurut gue tidak masalah soalnya para hunter penghasilannya juga lumayan besar dan pasti tidak keberatan jika di suruh untuk membayar setiap bulannya.

Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1513629062
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1513629062

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1513629062
Reply with quote  #2

1513629062
Report to moderator
kapalmabur
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 266


StopTheFakes.io | pre-ICO 21.01.2018 | +40% Bonus


View Profile
December 07, 2017, 02:46:00 AM
 #62

Asalkan regulasi dari pemerintah sudah di putuskan jikapun nanti akan di kenakan pajak yah apa salahnya toh memang kita hidup di negara yang taat terhadap pajak , hitung-hitung kita membantu pendapatan negara kita .
Kalo Pajak asal tidak memberatkan ane dukung gan...
tapi kalo sampai pelaporan di SPT sepertinya berat gan.
bisa aja orang simpan BTC di wallet dan bukan di exchanger.
dan di wallet ga bakalan bisa dilacak itu punya siapa.
malah bisa2 semakin banyak yang gelapin pajak pake bitcoin... Roll Eyes

Kalau penggelapan uang serahkan saja ke police cyber kita bos pasti mereka lebih mengetahui teknis-teknisnya , jika sudah di ketahui address wallet juga pasti susah untuk di cuci gan karena pasti bakal terlihat transaksinya.

Akses01
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 28


View Profile
December 07, 2017, 03:15:15 AM
 #63

kalau memang sudah ada regulasinya yang jelas ane rasa wajar saja nantinya kalau keuntungan yang didapat dari bitcoin bakalan dikenakan pajak dan harus dilaporkan di spt tahunan.
saat ini bitcoin di Indonesia memang lagi gencar-gencar nya dibahas disemua kalangan dan instansi.

Benar gan, kalau sudah diresmikan dan sudah ada undang2 khusus untuk bitcoin, boleh gan kita sebagai warga negara harus membayar pajak,
Supaya negara kita lebih maju lagi, jadi kalau belum diakui tidak mungkin akan diminta pajak.

MOYA TOKEN SALE |15th Nov
dindadida
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 140



View Profile
December 07, 2017, 03:23:08 AM
 #64

Kalau ada rencana kena pajak buat penghasilan bitcoin. Saya pikir itu ide yang bagus.
Secara tidak langsung pemerintah sudah merencanakan untuk melegalkan bitcoin.

zucknail
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 224


"Fueling Crypto Securitisation"


View Profile
December 07, 2017, 03:32:58 AM
 #65

kalau memang sudah ada regulasinya yang jelas ane rasa wajar saja nantinya kalau keuntungan yang didapat dari bitcoin bakalan dikenakan pajak dan harus dilaporkan di spt tahunan.
saat ini bitcoin di Indonesia memang lagi gencar-gencar nya dibahas disemua kalangan dan instansi.

Benar gan, kalau sudah diresmikan dan sudah ada undang2 khusus untuk bitcoin, boleh gan kita sebagai warga negara harus membayar pajak,
Supaya negara kita lebih maju lagi, jadi kalau belum diakui tidak mungkin akan diminta pajak.

untung undang undangnya saya kira tidak perlu regulasi khusus untuk bitcoin.mungkin sudah ada payung hukum yang ada kaitannya dengan transaksi uang secara online.tapi kalau diperlukan ga masalah kalau membuat regulasinya.

───────────── CyberTrust ─────────────
■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ Fueling Crypto Securitisation ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■ ■
───────── Whitepaper Twitter Telegram Announcement ─────────
joko saputro
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 46


View Profile
December 07, 2017, 03:33:59 AM
 #66

Saat ini saya pantau di thread trending topix bisa dikatakan mungkin seperti ini bagaimana nasib Bitcoin di Indonesia kedepan ? ketika banyak perbincangan mengenai ini saya menemukan berita mengenai Bitcoin akan dikenakan Pajak. Lalu apakah ini bisa dikatakan sebagai pertanda Bitcoin akan dilegalkan Di Indonesia ? atau ini hanya isue saja.

Mari kita diskusikan bagaimana selanjutnya tahun 2018 nanti.
Saya mempunyai feel bahwasannya tahun 2018 akan menjadi polemix mengenai Bitcoin ini,kita tahu secara Pemilu semakin dekat dan bukan tidak mungkin menurut saya Bitcoin akan dijadikan Topix selanjutnya untuk suatu hal tertentu.Tetapi semoga saja ini hanya perasaan saya dan jangan sampai terjadi Sad

berikut berita yang saya dapatkan dari sosial media
https://katadata.co.id/berita/2017/12/06/ditjen-pajak-keuntungan-bitcoin-kena-pajak-dan-dilaporkan-di-spt

ya kalo menurut saya si gan, semisal bitcoin dikenakan pajak itu berarti bitcoin bakal dilegalkan diindonesia, kalo pengambilan pajaknya tidak memberatkan si pemilik bitcoin si menurut saya bagus2 saja gan, dengan dilegalkannya bitcoin diindonesia, untuk kedepannya bakal banyak perusahan2 yang bakal menerima pembayaran dengan bitcoin nantinya

turmidi
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 44


View Profile
December 07, 2017, 03:40:12 AM
 #67

jika sudah ada regulasi yang sah dari pemerintah ini sanagat baik, secara otomatis bitcoin sudah diterima sebagai currency yang sah dan dapat digunaakan sebagai alat transaksi di indonesia. Perihal pajak dari keuntungan di bitcoin, saya rasa itu wjar dan wajib dilakukan oleh pemerintah dan pemilik bitcoin juga harus mengikuti aturan tersebut.
tyoA7X
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 462


IMPOSSIBLE IS NOTHING!


View Profile
December 07, 2017, 03:42:03 AM
 #68

Saat ini saya pantau di thread trending topix bisa dikatakan mungkin seperti ini bagaimana nasib Bitcoin di Indonesia kedepan ? ketika banyak perbincangan mengenai ini saya menemukan berita mengenai Bitcoin akan dikenakan Pajak. Lalu apakah ini bisa dikatakan sebagai pertanda Bitcoin akan dilegalkan Di Indonesia ? atau ini hanya isue saja.

Mari kita diskusikan bagaimana selanjutnya tahun 2018 nanti.
Saya mempunyai feel bahwasannya tahun 2018 akan menjadi polemix mengenai Bitcoin ini,kita tahu secara Pemilu semakin dekat dan bukan tidak mungkin menurut saya Bitcoin akan dijadikan Topix selanjutnya untuk suatu hal tertentu.Tetapi semoga saja ini hanya perasaan saya dan jangan sampai terjadi Sad

berikut berita yang saya dapatkan dari sosial media
https://katadata.co.id/berita/2017/12/06/ditjen-pajak-keuntungan-bitcoin-kena-pajak-dan-dilaporkan-di-spt
kalo memang berita ini benar adanya, Pemerintah harus segera meregulasi bitcoin. masak iya pajak ditagih, regulasi nggak jelas gini? dengan rencana pemungutan pajak dari ditjen pajak ini juga menunjukan bahwa pemerintah sebenernya tertarik dengan sektor cryptocurrency saat ini. semoga jika benar di pungut pajak, regulasi bitcoin di indonesia jadi jelas.

██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██

░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░░░░██████░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░███░░░░░░███░░░░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░██░░░░░░░░░░░░███░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░███░░░░░░█████░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░░░░██████░░░░██░░░░░░░░░░░░░░░
░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░

██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██

██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
Hendra gunawan
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 154



View Profile
December 07, 2017, 03:54:21 AM
 #69

Saat ini saya pantau di thread trending topix bisa dikatakan mungkin seperti ini bagaimana nasib Bitcoin di Indonesia kedepan ? ketika banyak perbincangan mengenai ini saya menemukan berita mengenai Bitcoin akan dikenakan Pajak. Lalu apakah ini bisa dikatakan sebagai pertanda Bitcoin akan dilegalkan Di Indonesia ? atau ini hanya isue saja.

Mari kita diskusikan bagaimana selanjutnya tahun 2018 nanti.
Saya mempunyai feel bahwasannya tahun 2018 akan menjadi polemix mengenai Bitcoin ini,kita tahu secara Pemilu semakin dekat dan bukan tidak mungkin menurut saya Bitcoin akan dijadikan Topix selanjutnya untuk suatu hal tertentu.Tetapi semoga saja ini hanya perasaan saya dan jangan sampai terjadi Sad

berikut berita yang saya dapatkan dari sosial media
https://katadata.co.id/berita/2017/12/06/ditjen-pajak-keuntungan-bitcoin-kena-pajak-dan-dilaporkan-di-spt
Buat saya setuju saja kalau bitcoin dikenakan pajak karena sebangai warga negara yang baik kita harus membayar pajak. Tetapi pemerintah harus mendukung bitcoin di indonesia dengan cara melegalkan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di indoensia. Jangan sampai mau kenakan pajak tetapi bitcoin tidak diakui, itukan tidak adil.

joe marla
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 126



View Profile
December 07, 2017, 03:55:02 AM
 #70

jika bitcoin sudah tercantum di dalam undang undang perpajakan atau keuangan indonesia maka penghasilan dari bitcoin wajib bayar pajak, persoalannya sekarang dimana posisi pemerintah disaat membicarakan bitcoin, pemerintah belum membuat sebuah regulasi yang jelas, bagaimana mau mengutip pajak, tidak bisa bitcoin, dikaitkan dengan pajak penghasilan sebagaimana kerja nyata (real work) di masyarakat. jika ingin mengeutip pajak buat dulu aturannya jangan sampai nanti masyarakat bisa mengalami kebingungan dengan hukum tentang perpajakan. semoga tahun 2018 pemerintah bisa menyelesaikan persoalan pajak tentang bitcoin.

mbahokey
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 196


Lordmancer II - a game where you can mine


View Profile
December 07, 2017, 04:13:27 AM
 #71

pemerintah kita emang telat dalam segala hal, kalau emang benar bitcoin harus dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan, kenapa ga dari dulu aja waktu bitcoin masih di harga 3 atau 4 jutaan, sekarang udah di atas 200 jt  baru deh mulai di perbincangkan oleh ditjen pajak dan BI

Lordmancer II — MMO RPG where you can mine cryptocurrency
■■■ Pre ICO: 21.08.2017 ■ WhitePaper ■ ANN ■ Bounty ■ ICO: 07.11.2017 ■■■
Website ~ Telegram ~ FB ~ Reddit ~ Twitter
bangkecol
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 308



View Profile WWW
December 07, 2017, 04:18:38 AM
 #72

Quote
kalo memang berita ini benar adanya, Pemerintah harus segera meregulasi bitcoin. masak iya pajak ditagih, regulasi nggak jelas gini? dengan rencana pemungutan pajak dari ditjen pajak ini juga menunjukan bahwa pemerintah sebenernya tertarik dengan sektor cryptocurrency saat ini. semoga jika benar di pungut pajak, regulasi bitcoin di indonesia jadi jelas.

nah ini kemungkinan bila memang terjadi akan dilakukan di tahun 2018 nanti, pastinya akan banyak kajian yang perlu dilakukan.Soalnya Bitcoin tidak bisa dilacak dengan mudah siapa pemiliknya hal ini bisa dibuatkan manipulasi agar tidak mendapatkan pajak oleh oknum oknum tertentu, memang benar sih menurut ane ya, kalau pencegahan money laundry itu terjadi ga mudah di lacak. Semoga kedepan Indonesia punya gagasan mengenai bitcoin ini mulai dari legalitas dan sebagainya. Janganlah kita para bitcoiner dibikin susah di negara sendiri kan Sad

..C..
.....................
........Finally C is .........
..............
...........            ............
       ............            ............
...................      ....................

rencong bitcoin
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
December 07, 2017, 04:46:43 AM
 #73

Kalau memang pemerintah mau melegalkan bitcoin di indonesia saya rasa tidak masalah kalau di kenakan pajak yang penting bitcoin menjadi legal di indonesia dan kalau mau di kenakan pajak regulasi nya harus jelas dulu jangan asal kenakan pajak yang justru membawa dampak buruk bagi para bitcoiner..
Dan semoga saja pajak yang harus di bayar nantinya tidak terlalu tinggi sehingga tidak mempersulit masyarakat atau para bitcoiner..

► ► ►    TOR-Q-ALL   |   Blockchain Based Secure Mobile Calls and Internet    ◄ ◄ ◄
PRE-SALE / Nov 22nd
► ► ►        WHITEPAPER        TOKEN SALE        ANN THREAD        ◄ ◄ ◄
anog
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 252



View Profile
December 07, 2017, 05:05:22 AM
 #74

pemerintah kita emang telat dalam segala hal, kalau emang benar bitcoin harus dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan, kenapa ga dari dulu aja waktu bitcoin masih di harga 3 atau 4 jutaan, sekarang udah di atas 200 jt  baru deh mulai di perbincangkan oleh ditjen pajak dan BI
begitulah gan pemerintah. .belum benar2 di pelajari tapi main ambil langkah pelarangan,sekarang harga sudah tinggi baru di dalami.

kembali ke topik. .kalau untuk masalah pajak saya tidak keberatan asal ada timbal balik yang setimpal dan hasil pajak benar2 digunakan sebaik mungkin.

                                                                                                   ▄███████████▄
     ▄▄████████████▄▄        █████████████████    █████████████████▄        █████████████████    ▄██▀         ▀██▄
   ▄██▀▀          ▀▀██▄                           ██              ▀▀██                           ▄▄▄           ▄▄▄
  ██▀                ▀██▄                         ██                 ██                           ▀██▄       ▄██▀
 ██                    ██                         ██                  ██                            ▀██▄   ▄██▀
██▀                                               ██                   ██                             ▀██▄██▀
██                           ▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄     ██                   ██   ▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄            ▀█▀
██                           ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀     ██                   ██   ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀             ▄
██▄                    ██                         ██                   ██                              ▄███▄
 ██                    ██                         ██                  ██                             ▄██▀ ▀██▄
  ██▄                ▄██▀                         ██                 ██                            ▄██▀     ▀██▄
   ▀██▄▄          ▄▄██▀                           ██              ▄▄██                           ▄██▀         ▀██▄
     ▀▀████████████▀▀        █████████████████    █████████████████▀        █████████████████  ▄██▀             ▀██▄

    ▄██████████████▄
   ▄████████████████▄
  ▄██████████████████▄
 ▄████████████████████▄
▄██
████████████████████▄
 ▀████████████████████▀
  ▀██████████████████▀
    ▀██████████████▀
      ████████████
       ▀████████▀
        ▀██████▀
          ▀██▀
           
The 1st Ever Certified Blockchain
Based Diamond Exchange ❱ ❱ ❱ ❱


█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
  █
  █
 
  █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ █
█ 
asai_kana
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 126



View Profile
December 07, 2017, 05:18:49 AM
 #75

Kalo Pajak asal tidak memberatkan ane dukung gan...
tapi kalo sampai pelaporan di SPT sepertinya berat gan.
bisa aja orang simpan BTC di wallet dan bukan di exchanger.
dan di wallet ga bakalan bisa dilacak itu punya siapa.
malah bisa2 semakin banyak yang gelapin pajak pake bitcoin... Roll Eyes

Itu dia gan, ada saha cara untuk menggelapkam pajak,
Masyarakaat disuruh taat pajak, mereka malah bermain dengan uang pajak,
Masalah pajak bitcoin ane setuju setuju aja,asal besaran dan alokasi dananya jelas

xrivaix
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 56


View Profile
December 07, 2017, 05:21:00 AM
 #76

Kalau sudah jelas tentang pengesahan bitcoin di Indonesia tentu kita sebagai bitcoiner tidak merasa keberatan dengan biaya pajak yang di tetapkan.

BitcoinCazh
Member
**
Offline Offline

Activity: 84

e-Chat


View Profile
December 07, 2017, 05:24:09 AM
 #77

Memang saat ini lagi gencar2 nya perbincangan tentang Bitcoin di Indonesia. kalau menurut ane pribadi ini bukan hanyalah isu belaka, Mungkin dengan perbincangan tentang pajak ini suatu saat nanti Bitcoin akan benar2 di legalkan karena pemerintah melihat begitu banyak nya antusias dari masyarakat indonesia akan Bitcoin dan mungkin jika sudah di legalkan nantinya para Bitcoiner akan benar2 di kenakan pajak oleh pemerintah

squallkomang
Member
**
Offline Offline

Activity: 84


View Profile WWW
December 07, 2017, 05:35:12 AM
 #78

kayanya belum lama ini ane baca berita klo pemerintah melarang transaksi bitcoin di Indonesia lah sekarang kok malah mau memungut pajak dari keuntungan transaksinya.. piye toh..
sepertinya melonjaknya harga bitcoin menjadi 200juta-an membuat pemerintah menarik kata2nya sendiri..
ane pribadi setuju aja sebagai warga negara yang taat pajak, asalkan sudah ada regulasi yang jelas dan mekanisme perhitungan pajaknya juga jelas dan transparan.. lebih cocok disamakan mekanismenya dengan pajak saham , yang dikenakan hanya transaksi penjualannya saja
mulyadi dedii
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 28


View Profile
December 07, 2017, 05:41:40 AM
 #79

Sah saja jika pemerintah menerapkan sistem perpajakan pada penggiat bitcoin di negara kita, dengan membuat regulasi khusus yang mengatur bitcoin. Karna selama ini banyak yang bilang bitcoin tidak bisa kena pajak karena sistemnya yang anonim. Moga aja kedepan kebijakan pemerintah terhadap bitcoin, bisa mensejahtrakan bangsa.
rencong bitcoin
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
December 07, 2017, 06:23:15 AM
 #80

Kalau memang pemerintah mau melegalkan bitcoin di indonesia saya rasa tidak masalah kalau di kenakan pajak yang penting bitcoin menjadi legal di indonesia dan kalau mau di kenakan pajak regulasi nya harus jelas dulu jangan asal kenakan pajak yang justru membawa dampak buruk bagi para bitcoiner..
Dan semoga saja pajak yang harus di bayar nantinya tidak terlalu tinggi sehingga tidak mempersulit masyarakat atau para bitcoiner..

► ► ►    TOR-Q-ALL   |   Blockchain Based Secure Mobile Calls and Internet    ◄ ◄ ◄
PRE-SALE / Nov 22nd
► ► ►        WHITEPAPER        TOKEN SALE        ANN THREAD        ◄ ◄ ◄
Pages: « 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!