Bitcoin Forum
February 23, 2020, 08:53:56 AM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.19.0.1 [Torrent]
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9 10 »  All
  Print  
Author Topic: Berfikir Kritis untuk menggapai masa depan yang kita inginkan  (Read 833 times)
Fathurrahman27
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 5


View Profile WWW
February 09, 2018, 01:11:47 AM
Merited by sensei stupid (1), wiro212 (1), Tiigon (1)
 #1

Oke teman teman. Sebelum kita memulai topic kita, alangkah baiknya saya memberi tahu apa itu "Berfikir Kritis"

   Berfikir Kritis adalah : Suatu aktivitas mental yang digunakan dalam menganalisis suatu masalah, mengevaluasi sesuatu, mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Apa yang menyebabkan saya mengambil tema seperti ini?, yaa karena saya fikir kebanayakan dari kita itu belum mampu masuk kedalam tahapan berfikir kritis yang sesungghuhnya. Jika kita menyadari bahwa Berfikir Kritis itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, maka pasti kita akan mendapatkan proses kehidupan yang lebih baik, Berfikir Kritis itu sangatlah penting bagi kita semua, selain membuat kehidupan kita lebih baik, berfikir kritis juga dapat menjadikan kita lebih dewasa dalam aspek segala hal.

Kemampuan berfikir kritis dapat memberikan kepada kita semua Arahan yang lebih tepat untuk berfikir,bekerja, dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu Berfikir kritis sangat diperlukan untuk kegiatan seperti contoh : Mencari solusi, Mengamati (observasi), mngambil keputusan, memberi penilaian dan lain sebagainya.

Di dunia yang semakin hari semakin berkembang ini, banyak dari kita yang menggunakan Hawa Nafsu ketimbang analisis pemikiran yang lebih baik, sehingga banyak juga kita jumpai setiap hari masalah masalah yang berbeda disekitar kita.

Memang kategori sifat semua orang itu berbeda-beda, saya yakin itu. Tapi cobalah kita untuk selangkah lebih maju untuk menggapai masa depan yang kita inginkan seperti tema yang saya buat ini.

Pesan dari saya untuk kita semua adalah (Termasuk diri saya sendiri), cobalah tanamkan di diri kita cara Berfikir Kritis yang lebih optimal sehingga membuat kehidupan kita menjadi lebih baik  Smiley

NOIZ
- A decentralized cognitive ad network -  (https://noizchain.com/)
1582448036
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1582448036

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1582448036
Reply with quote  #2

1582448036
Report to moderator
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1582448036
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1582448036

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1582448036
Reply with quote  #2

1582448036
Report to moderator
1582448036
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1582448036

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1582448036
Reply with quote  #2

1582448036
Report to moderator
1582448036
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1582448036

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1582448036
Reply with quote  #2

1582448036
Report to moderator
wiro212
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 700
Merit: 260



View Profile
February 09, 2018, 01:53:05 AM
 #2

Posting yang bagus... yang banyak orang belum mampu atau belum sadar akan hal tersebut. Banyak dari mereka hanya tahu retorika saja, sedang pengimplementasiaanya masih kurang atau bahkan belum bisa. Hal tersebut berawal dari istilah pedagogi kritis. Banyak ilmuwan yang sejak lamapu telah menelitinya.

Pedagogi Ira Shor
Kebiasaan berpikir, membaca, menulis, dan berbicara yang berada di bawah makna permukaan, kesan pertama, mitos dominan, pernyataan resmi, klise tradisional, kebijaksanaan yang diterima, dan opini belaka, untuk memahami makna yang mendalam, akar, konteks sosial, ideologi, dan konsekuensi pribadi dari setiap tindakan, peristiwa, objek, proses, organisasi, pengalaman, teks, pokok bahasan, kebijakan, media massa, atau wacana. (Empowering Education, 129)

Berpikir kritis tidak hanya memerlukan  kemampuan kognitif, tetapi juga kebiasaan sesorang untuk bertanya, mempunyai hubungan yang baik, jujur, dan selalu mau untuk berpikir jernih tentang suatu masalah (Facione,1990).

Berpikir kritis adalah proses kognitif yang aktif dan terorganisasi yang digunakan untuk mengetahui pikiran seseorang dan pemikiran terhadap orang lain (Chaffe, 2002).

Dari sekelumit petikan di atas bisa kita simpulkan bahwa berpikir kritis bisa mengenali hubungan antara peninjauan masalah masing-masing dengan pengalaman dan Konteks Sosial di mana mereka berada
Arwah
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 213
Merit: 100



View Profile
February 09, 2018, 01:53:24 AM
 #3

Memang  benar setiap manusia harus berfikir kritis bukan mengandalkan sebuah hawa nafsu dan berbuat seenaknya sendiri tanpa harus berfikir terlebih dahulu.
Seandainya orang-orang yang sudah berada di atas bisa menengok kebawah mungkin orang yang di bawah gak akan sengsara, ada sih segelintir orang yang sudah diatas tahta tpi masih saja menjunjung tinggi yang di bawah itulah orang yang bisa berfikiran kritis,.
Terimakasih
Blue408
Member
**
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 12


View Profile
February 09, 2018, 02:04:28 AM
 #4

Oke teman teman. Sebelum kita memulai topic kita, alangkah baiknya saya memberi tahu apa itu "Berfikir Kritis"

   Berfikir Kritis adalah : Suatu aktivitas mental yang digunakan dalam menganalisis suatu masalah, mengevaluasi sesuatu, mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Apa yang menyebabkan saya mengambil tema seperti ini?, yaa karena saya fikir kebanayakan dari kita itu belum mampu masuk kedalam tahapan berfikir kritis yang sesungghuhnya. Jika kita menyadari bahwa Berfikir Kritis itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, maka pasti kita akan mendapatkan proses kehidupan yang lebih baik, Berfikir Kritis itu sangatlah penting bagi kita semua, selain membuat kehidupan kita lebih baik, berfikir kritis juga dapat menjadikan kita lebih dewasa dalam aspek segala hal.

Kemampuan berfikir kritis dapat memberikan kepada kita semua Arahan yang lebih tepat untuk berfikir,bekerja, dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu Berfikir kritis sangat diperlukan untuk kegiatan seperti contoh : Mencari solusi, Mengamati (observasi), mngambil keputusan, memberi penilaian dan lain sebagainya.

Di dunia yang semakin hari semakin berkembang ini, banyak dari kita yang menggunakan Hawa Nafsu ketimbang analisis pemikiran yang lebih baik, sehingga banyak juga kita jumpai setiap hari masalah masalah yang berbeda disekitar kita.

Memang kategori sifat semua orang itu berbeda-beda, saya yakin itu. Tapi cobalah kita untuk selangkah lebih maju untuk menggapai masa depan yang kita inginkan seperti tema yang saya buat ini.

Pesan dari saya untuk kita semua adalah (Termasuk diri saya sendiri), cobalah tanamkan di diri kita cara Berfikir Kritis yang lebih optimal sehingga membuat kehidupan kita menjadi lebih baik  Smiley

benar lo gan, berfikir kritis dijaman modernisasi sekarang ini menjadi suatu keharusan. dengan kita berfikir kritis dapat melahirkan ide dan kreasi yang cemerlang. sebab hanya dengannya kita termotivasi bergerak terus ke arah kemajuan. semoga sukses selalu.

                         Data✘chain | Blockchain Based                                FOLLOW        T E L E G R A M
    [W H I T E P A P E R]       Decentralized Data Trade Service         US          ❱❱   T W I T T E R
                                              [TOKEN  S A L E is L I V E
Fathurrahman27
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 5


View Profile WWW
February 09, 2018, 02:20:57 AM
 #5

Posting yang bagus... yang banyak orang belum mampu atau belum sadar akan hal tersebut. Banyak dari mereka hanya tahu retorika saja, sedang pengimplementasiaanya masih kurang atau bahkan belum bisa. Hal tersebut berawal dari istilah pedagogi kritis. Banyak ilmuwan yang sejak lamapu telah menelitinya.

Pedagogi Ira Shor
Kebiasaan berpikir, membaca, menulis, dan berbicara yang berada di bawah makna permukaan, kesan pertama, mitos dominan, pernyataan resmi, klise tradisional, kebijaksanaan yang diterima, dan opini belaka, untuk memahami makna yang mendalam, akar, konteks sosial, ideologi, dan konsekuensi pribadi dari setiap tindakan, peristiwa, objek, proses, organisasi, pengalaman, teks, pokok bahasan, kebijakan, media massa, atau wacana. (Empowering Education, 129)

Berpikir kritis tidak hanya memerlukan  kemampuan kognitif, tetapi juga kebiasaan sesorang untuk bertanya, mempunyai hubungan yang baik, jujur, dan selalu mau untuk berpikir jernih tentang suatu masalah (Facione,1990).

Berpikir kritis adalah proses kognitif yang aktif dan terorganisasi yang digunakan untuk mengetahui pikiran seseorang dan pemikiran terhadap orang lain (Chaffe, 2002).

Dari sekelumit petikan di atas bisa kita simpulkan bahwa berpikir kritis bisa mengenali hubungan antara peninjauan masalah masing-masing dengan pengalaman dan Konteks Sosial di mana mereka berada

Mantap, banyak sekali ilmu yang bisa kita ambil dari petikan di atas, dan juga kalo boleh saran gan tulisannya supaya dibuat lebih dimengerti aja gan  Grin, biar banyak yang makin paham akan pentingnya berfikir kritis.

NOIZ
- A decentralized cognitive ad network -  (https://noizchain.com/)
fauzan Ichsan
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 686
Merit: 101



View Profile
February 09, 2018, 02:31:14 AM
 #6

cocok sekali kalau diterapkan di trading gan, dari kutipan agan yang mana lebih memajukan hawa nafsu ketimbang analisa, saya jadi ingat sering kali antara psikologis dan analisa berbeda paham, yang psikologis panik sell, tapi analisa masihhold, sering kali saya diantara cabang tersebut

EZ365TM        REVOLUTIONARY DIGITAL ASSET ECOSYSTEM 
WHITEPAPER INVESTOR pitch   |   Telegram   |  Twitter   |   Facebook   |
[   PLAY      TRADE      LEARN   ]
jonggrang
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 224
Merit: 103



View Profile
February 09, 2018, 02:38:08 AM
 #7

Berpikir kritis adalah seni menganalisis gagasan berdasarkan penalaran logis. Berpikir kritis bukanlah berpikir lebih keras, melainkan berpikir lebih baik. Seseorang yang mengasah kemampuan berpikir kritisnya biasanya memiliki tingkat keingintahuan intelektual (intellectual curiosity) yang tinggi. Dengan kata lain, mereka rela menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk mempelajari segala fenomena yang ada di sekitarnya. Orang-orang semacam ini kerap dianggap skeptis, namun sebenarnya luar biasa cerdas.
vanderveld
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 70
Merit: 0


View Profile
February 09, 2018, 02:58:17 AM
 #8

di era teknologi yang berkembang pesat sekarang ini, berpikir kritis sangat diperlukan gan. apalagi sekarang ini kita dapat dengan mudah mengakses semua informasi melalui internet. nah, sebelum merespon sebuah informasi atau peristiwa ada baiknya kita cek terlebih dahulu kebenarannya, kemudian baru kita bisa menganalisanya dan memberikan solusi.
Fathurrahman27
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 5


View Profile WWW
February 09, 2018, 02:58:56 AM
 #9

Memang  benar setiap manusia harus berfikir kritis bukan mengandalkan sebuah hawa nafsu dan berbuat seenaknya sendiri tanpa harus berfikir terlebih dahulu.
Seandainya orang-orang yang sudah berada di atas bisa menengok kebawah mungkin orang yang di bawah gak akan sengsara, ada sih segelintir orang yang sudah diatas tahta tpi masih saja menjunjung tinggi yang di bawah itulah orang yang bisa berfikiran kritis,.
Terimakasih

Sangat setuju, tapi sayangnya segelintir orang tersebut sulit kita dapatkan di jaman sekarang ini gan.

NOIZ
- A decentralized cognitive ad network -  (https://noizchain.com/)
Fathurrahman27
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 5


View Profile WWW
February 09, 2018, 03:01:22 AM
 #10

cocok sekali kalau diterapkan di trading gan, dari kutipan agan yang mana lebih memajukan hawa nafsu ketimbang analisa, saya jadi ingat sering kali antara psikologis dan analisa berbeda paham, yang psikologis panik sell, tapi analisa masihhold, sering kali saya diantara cabang tersebut

Itulah yang semestinya kita buang jauh jauh dari dalam diri kita. karena kalo sifat seperti itu masih ada di dalam diri kita, pasti kita akan sulit berkembang menuju kehidupan yang lebih baik.

NOIZ
- A decentralized cognitive ad network -  (https://noizchain.com/)
melliana
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile
February 09, 2018, 03:04:16 AM
 #11

Oke teman teman. Sebelum kita memulai topic kita, alangkah baiknya saya memberi tahu apa itu "Berfikir Kritis"

   Berfikir Kritis adalah : Suatu aktivitas mental yang digunakan dalam menganalisis suatu masalah, mengevaluasi sesuatu, mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Apa yang menyebabkan saya mengambil tema seperti ini?, yaa karena saya fikir kebanayakan dari kita itu belum mampu masuk kedalam tahapan berfikir kritis yang sesungghuhnya. Jika kita menyadari bahwa Berfikir Kritis itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, maka pasti kita akan mendapatkan proses kehidupan yang lebih baik, Berfikir Kritis itu sangatlah penting bagi kita semua, selain membuat kehidupan kita lebih baik, berfikir kritis juga dapat menjadikan kita lebih dewasa dalam aspek segala hal.

Kemampuan berfikir kritis dapat memberikan kepada kita semua Arahan yang lebih tepat untuk berfikir,bekerja, dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu Berfikir kritis sangat diperlukan untuk kegiatan seperti contoh : Mencari solusi, Mengamati (observasi), mngambil keputusan, memberi penilaian dan lain sebagainya.

Di dunia yang semakin hari semakin berkembang ini, banyak dari kita yang menggunakan Hawa Nafsu ketimbang analisis pemikiran yang lebih baik, sehingga banyak juga kita jumpai setiap hari masalah masalah yang berbeda disekitar kita.

Memang kategori sifat semua orang itu berbeda-beda, saya yakin itu. Tapi cobalah kita untuk selangkah lebih maju untuk menggapai masa depan yang kita inginkan seperti tema yang saya buat ini.

Pesan dari saya untuk kita semua adalah (Termasuk diri saya sendiri), cobalah tanamkan di diri kita cara Berfikir Kritis yang lebih optimal sehingga membuat kehidupan kita menjadi lebih baik  Smiley
Posting yang bagus... yang banyak orang belum mampu atau belum sadar akan hal tersebut. Banyak dari mereka hanya tahu retorika saja, sedang pengimplementasiaanya masih kurang atau bahkan belum bisa. Hal tersebut berawal dari istilah pedagogi kritis. Banyak ilmuwan yang sejak lamapu telah menelitinya.

Pedagogi Ira Shor
Kebiasaan berpikir, membaca, menulis, dan berbicara yang berada di bawah makna permukaan, kesan pertama, mitos dominan, pernyataan resmi, klise tradisional, kebijaksanaan yang diterima, dan opini belaka, untuk memahami makna yang mendalam, akar, konteks sosial, ideologi, dan konsekuensi pribadi dari setiap tindakan, peristiwa, objek, proses, organisasi, pengalaman, teks, pokok bahasan, kebijakan, media massa, atau wacana. (Empowering Education, 129)

Berpikir kritis tidak hanya memerlukan  kemampuan kognitif, tetapi juga kebiasaan sesorang untuk bertanya, mempunyai hubungan yang baik, jujur, dan selalu mau untuk berpikir jernih tentang suatu masalah (Facione,1990).

Berpikir kritis adalah proses kognitif yang aktif dan terorganisasi yang digunakan untuk mengetahui pikiran seseorang dan pemikiran terhadap orang lain (Chaffe, 2002).

Dari sekelumit petikan di atas bisa kita simpulkan bahwa berpikir kritis bisa mengenali hubungan antara peninjauan masalah masing-masing dengan pengalaman dan Konteks Sosial di mana mereka berada

Tidak semua orang dapat berpikir secara kritis gan, karena berpikir kritis itu harus dibiasakan. Mulai dari memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan serta mengerti dan paham akan seluk beluk suatu ilmu dan permasalahan. Jika tidak membiasakan otak untuk berpikir kritis, maaf kata maka seseorang tsb tidak akan pernah dapat berpikir secara kritis. Berpikir kritis juga memerlukan dasar intelenjensia yang bagus dan harus open minded sehingga apapun yang dipikirkan akan menjadi hal yang konstruktif. Itu menurut ane gan, CMIIW
Trading Eye
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 39
Merit: 2


View Profile
February 09, 2018, 03:08:41 AM
 #12

setuju banget mas . zaman now emang kita harus berpikir kritis untuk mendapatkan kepastian dan tidak bodoh2in oleh kondisi .
teteapi kadang kita juga harus memahami sesuatu sebelum mengkritisi sesuatu .
wiro212
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 700
Merit: 260



View Profile
February 09, 2018, 03:09:12 AM
 #13

Posting yang bagus... yang banyak orang belum mampu atau belum sadar akan hal tersebut. Banyak dari mereka hanya tahu retorika saja, sedang pengimplementasiaanya masih kurang atau bahkan belum bisa. Hal tersebut berawal dari istilah pedagogi kritis. Banyak ilmuwan yang sejak lamapu telah menelitinya.

Pedagogi Ira Shor
Kebiasaan berpikir, membaca, menulis, dan berbicara yang berada di bawah makna permukaan, kesan pertama, mitos dominan, pernyataan resmi, klise tradisional, kebijaksanaan yang diterima, dan opini belaka, untuk memahami makna yang mendalam, akar, konteks sosial, ideologi, dan konsekuensi pribadi dari setiap tindakan, peristiwa, objek, proses, organisasi, pengalaman, teks, pokok bahasan, kebijakan, media massa, atau wacana. (Empowering Education, 129)

Berpikir kritis tidak hanya memerlukan  kemampuan kognitif, tetapi juga kebiasaan sesorang untuk bertanya, mempunyai hubungan yang baik, jujur, dan selalu mau untuk berpikir jernih tentang suatu masalah (Facione,1990).

Berpikir kritis adalah proses kognitif yang aktif dan terorganisasi yang digunakan untuk mengetahui pikiran seseorang dan pemikiran terhadap orang lain (Chaffe, 2002).

Dari sekelumit petikan di atas bisa kita simpulkan bahwa berpikir kritis bisa mengenali hubungan antara peninjauan masalah masing-masing dengan pengalaman dan Konteks Sosial di mana mereka berada

Mantap, banyak sekali ilmu yang bisa kita ambil dari petikan di atas, dan juga kalo boleh saran gan tulisannya supaya dibuat lebih dimengerti aja gan  Grin, biar banyak yang makin paham akan pentingnya berfikir kritis.

simple sebenarnya jika bisa bertindak dan berpikir dgn cepat dan tepat sesuai dengan situasi dan kondisi dalam pemecahan suatu masalah, itu sudah berpikir kritis.
Atau bisa juga keluar dari zona nyaman, pemikiran kita. Out of the box... di luar kemahfuman orang biasa dalam berpikir.
Misal dalam trading:
Kita senantiasa akan bertahan dengan keputusan kita menghold suatu koin walaupun rugi. Padahal ada hukum yg yg harus diterapkan di situ, ada cut lose yg meminimkan kerugian kita. Harus berpikir kritis untuk berani cutlose... mending rugi sedikit karena kesalahan analisa daripada rugi banyak mempertahankan sebuah kesalahan prediksi apa analisa. Berani untung nggak boleh takut rugi. Harus rasional dan terukur.
Fathurrahman27
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 5


View Profile WWW
February 09, 2018, 03:09:54 AM
 #14

Oke teman teman. Sebelum kita memulai topic kita, alangkah baiknya saya memberi tahu apa itu "Berfikir Kritis"

   Berfikir Kritis adalah : Suatu aktivitas mental yang digunakan dalam menganalisis suatu masalah, mengevaluasi sesuatu, mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Apa yang menyebabkan saya mengambil tema seperti ini?, yaa karena saya fikir kebanayakan dari kita itu belum mampu masuk kedalam tahapan berfikir kritis yang sesungghuhnya. Jika kita menyadari bahwa Berfikir Kritis itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, maka pasti kita akan mendapatkan proses kehidupan yang lebih baik, Berfikir Kritis itu sangatlah penting bagi kita semua, selain membuat kehidupan kita lebih baik, berfikir kritis juga dapat menjadikan kita lebih dewasa dalam aspek segala hal.

Kemampuan berfikir kritis dapat memberikan kepada kita semua Arahan yang lebih tepat untuk berfikir,bekerja, dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu Berfikir kritis sangat diperlukan untuk kegiatan seperti contoh : Mencari solusi, Mengamati (observasi), mngambil keputusan, memberi penilaian dan lain sebagainya.

Di dunia yang semakin hari semakin berkembang ini, banyak dari kita yang menggunakan Hawa Nafsu ketimbang analisis pemikiran yang lebih baik, sehingga banyak juga kita jumpai setiap hari masalah masalah yang berbeda disekitar kita.

Memang kategori sifat semua orang itu berbeda-beda, saya yakin itu. Tapi cobalah kita untuk selangkah lebih maju untuk menggapai masa depan yang kita inginkan seperti tema yang saya buat ini.

Pesan dari saya untuk kita semua adalah (Termasuk diri saya sendiri), cobalah tanamkan di diri kita cara Berfikir Kritis yang lebih optimal sehingga membuat kehidupan kita menjadi lebih baik  Smiley
Posting yang bagus... yang banyak orang belum mampu atau belum sadar akan hal tersebut. Banyak dari mereka hanya tahu retorika saja, sedang pengimplementasiaanya masih kurang atau bahkan belum bisa. Hal tersebut berawal dari istilah pedagogi kritis. Banyak ilmuwan yang sejak lamapu telah menelitinya.

Pedagogi Ira Shor
Kebiasaan berpikir, membaca, menulis, dan berbicara yang berada di bawah makna permukaan, kesan pertama, mitos dominan, pernyataan resmi, klise tradisional, kebijaksanaan yang diterima, dan opini belaka, untuk memahami makna yang mendalam, akar, konteks sosial, ideologi, dan konsekuensi pribadi dari setiap tindakan, peristiwa, objek, proses, organisasi, pengalaman, teks, pokok bahasan, kebijakan, media massa, atau wacana. (Empowering Education, 129)

Berpikir kritis tidak hanya memerlukan  kemampuan kognitif, tetapi juga kebiasaan sesorang untuk bertanya, mempunyai hubungan yang baik, jujur, dan selalu mau untuk berpikir jernih tentang suatu masalah (Facione,1990).

Berpikir kritis adalah proses kognitif yang aktif dan terorganisasi yang digunakan untuk mengetahui pikiran seseorang dan pemikiran terhadap orang lain (Chaffe, 2002).

Dari sekelumit petikan di atas bisa kita simpulkan bahwa berpikir kritis bisa mengenali hubungan antara peninjauan masalah masing-masing dengan pengalaman dan Konteks Sosial di mana mereka berada

Tidak semua orang dapat berpikir secara kritis gan, karena berpikir kritis itu harus dibiasakan. Mulai dari memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan serta mengerti dan paham akan seluk beluk suatu ilmu dan permasalahan. Jika tidak membiasakan otak untuk berpikir kritis, maaf kata maka seseorang tsb tidak akan pernah dapat berpikir secara kritis. Berpikir kritis juga memerlukan dasar intelenjensia yang bagus dan harus open minded sehingga apapun yang dipikirkan akan menjadi hal yang konstruktif. Itu menurut ane gan, CMIIW

yapp bener, memang tidak semua orang dapat berfikir secara kritis, tapi jika mereka menginkan kualitas hidup yang lebih baik, maka mulai lah dari sekarang untuk berfikiran kritis. Toh kalau ada kemauan pasti ada jalan Smiley

NOIZ
- A decentralized cognitive ad network -  (https://noizchain.com/)
bitesper
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 154
Merit: 0


View Profile
February 09, 2018, 03:19:59 AM
 #15

Berfikir kritis harus kita pendam diawal agar,jangan mudah puas dengan hasil yang selalu didapat itu memuaskan kita semua,  jangan mudah pula bangga dengan hasil yang ada, tetapi kita tidak memikirkan kedepan nya bagaimana,kita gak mungkin tiap saat nya harus beranjak diatas , untuk saat ini mngkn belum dikash hal yang menyedihkan, tetapi ingatlah krisis dalam kehidupan kita semua itu pasti ada, jadi jangam berbangga dengan hasil yang sudah didapat ya gan.
usman aneuk baroeh
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile
February 09, 2018, 03:51:00 AM
 #16

di zaman sekarang yang penuh dengan teknologi serba modern berfikir secara kritis memang sangat-sangat diperlukan apalagi untuk kemajuan dalam menuju masa depan namun semua semuanya tidak bisa dilakukan begitu saja oleh setiap orang tanpa ada wawasan yang cukup dan ada kemauan juga tekat dari diri seseorang resebut, yuk kita berfikir kritis untuk masa depan yang lebih indah.
JRM-0309
Member
**
Offline Offline

Activity: 185
Merit: 11


View Profile
February 09, 2018, 04:06:50 AM
 #17

memang seharusnya seperti itu gan untuk dapat menggapai masa depan yang gemilang kita harus bisa berpikir kritis dan pandai pandai menganalisa peluang. dan dengan meningkatnya perkembangan technology yang semakin canggih seperti saat ini kita pun harus bisa menguasai karena kalau hanya diam kita akan tertinggal.

TeraWATT
——  Global LED Adoption Through Blockchain Technology  ——
Whitepaper ●  Telegram  —  Twitter  —  Facebook  ● Announce
rayyan rafi
Member
**
Offline Offline

Activity: 209
Merit: 10


View Profile
February 09, 2018, 04:36:08 AM
 #18

sebuah artikel yang baik gan, sebagai manusia yang notabenya adalah mahkluk sosial dan tak lepas dari dinamika kehidupan sudah selayaknya kita bersikap dinamis yaitu mengikuti perkembangan jaman serta berfikir secara rasoinal dalam melihat sebuah peluang untuk masa depan gan, maka supaya kita lebih baik dalam berfikir maka kita sendiri harus mampu untuk mengkritisi diri kita sendiri , sehingga dalam berfikir dan melakukan tindakan itu tidak melenceng dari koridor yang ada, menurut saya gan..

dodik s
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile
February 09, 2018, 04:45:03 AM
 #19

Setuju gan... Di zaman skrang seseorang harus berfikir kritis dan jangan sampe ketinggalan dengan perkembangan teknologi yg sudah sangat maju...  Demi apa yg kita inginkan dapat tercapai kita harus berfikir kritis dan jeli melihat peluang yang ada
ellanawilly
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile WWW
February 09, 2018, 04:46:56 AM
 #20

Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk kehidupan kita . Kemampuan seseorang untuk dapat berhasil dalam kehidupannya ditentukan oleh keterampilan berpikirnya, terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah kehidupan yang kita hadapi.  orang yang berpikir kritis dapat membuat keputusan dan menyelesaikan masalah dengan bijak tidak terburu-buru , membedakan antara yang relevan dari yang tidak relevan serta bertanggung jawab terhadap apa yang telah diputuskan
Pages: [1] 2 3 4 5 6 7 8 9 10 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!