Bitcoin Forum
October 20, 2018, 05:52:37 AM *
News: Make sure you are not using versions of Bitcoin Core other than 0.17.0 [Torrent], 0.16.3, 0.15.2, or 0.14.3. More info.
 
   Home   Help Search Donate Login Register  
Pages: « 1 [2] 3 4 5 6 »  All
  Print  
Author Topic: [Diskusi] Menata Legalitas Cryptocurrency di Indonesia  (Read 821 times)
ArdiPrabowo
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 644
Merit: 500



View Profile
May 14, 2018, 03:07:07 PM
 #21

Luar biasa tulisan agan. Sangat membantu..
Beberapa pertanyaan saya:
1.Kalau dari kacamata investor/trader/bitcoiner berapa besar impact regulasi negara terhadap aset kita yang di investkan?
2. Dari sudut pandang produsen altcoin berbasis di indonesia (TEN,balicoin,dll).?

Mohon pencerahannya
Terima kasih

dalam jangka panjang harga akan naik
karena pengguna crypto curency akan besar, kalau diregulasi penuh dan di akui
saat ini di indonesia belum di akui atau di regulasi, tapi ga di larang juga trading atau menggunakan crypto curency

    ▄█▄
   ██▀  ▄█▄
  ██▀  ▄█▀  ▄▀
 ██▀  ▄█▀  ▄▀
▐█▌  ▄█▀  ▄▀
██   ██  
██   ██  
██   ██  
▐█▌  ▀█▄  ▀▄
 ██▄  ▀█▄  ▀▄
  ██▄  ▀█▄  ▀▄
   ██▄  ▀█▀
    ▀█▀
████
▀▀▀▀
▄▀▀▄▄▄▄▄▄▄▄█████████████▐████
▀▀     ▄▄▄▄▄▀██████████▐████
▄▀▀▄▄▄▄▄█████▀ ▀▄▄▄     ▐████
▀▀     ▄▀███▄▄▄▄       ▐████
▄▄   ▀█▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▐████
▀▄▄▀▀▀▀▀██████████████▐████
▄▄   ▄▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▐████

▀▄▄▀▀▀  ██████           ▐████
██████▄▀▀▀▀▀▀▀▀▀ ▐████

▄▄  ████▀▄██████████▐████
▀▄▄▀▀▀▀ ▄████████████▐████
BIDIUM       ▄█▄
   ▄█▄
  ▀██

▀▄  ▀█▄  ▀██
 ▀▄  ▀█▄  ▀██
  ▀▄  ▀█▄  ▐█▌
   █   ██   ██
   █   ██   ██
   █   ██   ██
  ▄▀  ▄█▀  ▐█▌
 ▄▀  ▄█▀  ▄██
▄▀
  ▄█▀  ▄██
   ▀█▀
  ▄██
       ▀█▀






























1540014757
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1540014757

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1540014757
Reply with quote  #2

1540014757
Report to moderator
1540014757
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1540014757

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1540014757
Reply with quote  #2

1540014757
Report to moderator
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1540014757
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1540014757

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1540014757
Reply with quote  #2

1540014757
Report to moderator
bots1
Member
**
Offline Offline

Activity: 203
Merit: 19

STEMCELL INNOVATIONS


View Profile WWW
May 14, 2018, 06:02:55 PM
 #22

Masalah CBDC (Central Bank Digital Currency)
Saya malah berfikir bahwa indonesia sebagai negara tidak perlu sampai mendirikan CBDC (Central Bank Digital Currency) karena masalah perbankkan dan keuangan adalah masalah kepercayaan, baik kepercayaan kepada rakyat indonesia maupun kepada dunia internasional. Pembuatan CBDC memang lebih efisien namun kita tidak tahu berapa cost yang dibutuhkan untuk memperbaharui teknologi yang ada. walapun menggunakan teknologi blockchain dalam tanda kutif CBDC bisa saja mengalami crash system yang akan membahayakan negara. Kecuali memang negara kita sudah dibekali dengan polisi cyber yang handal secara teknologi dan handal secara SDM.

Masalah Legalitas
Legalitas banyak sekali bentuknya, secara garis besar bitcoin sudah keluar dari jalur fungsi yakni sebagai alat pembayaran. untuk itu, sesuai dengan perkembangan zaman bitcoin dapat berubah fungsi dari alat pembayaran hingga digital asset.

Hampir mirip dengan emas, zaman dulu emas dijadikan sebagai alat tukar. namun ketika emas mengalami kelangkaan maka negara mulai membuat uang logam (koin) yang fungsinya sebagai ganti emas untuk alat pembayaran. begitu pula bitcoin, hanya perbedaannya bahwa uang diciptakan dari negara untuk masyarakat sedang bitcoin diciptakan dari masyarakat untuk masyarakat. jadi intinya, bahwa bitcoin akan mereduksi dari alat pembayaran menjadi digital asset.

Status hukumnya bitcoin : netral - untuk digunakan sebagai digital asset dan ilegal - untuk digunakan sebagai alat pembayaran.

Bagaimana dengan cryptocurrency lainnya, apakah sama dengan bitcoin nantinya??? 


monineklutak
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 546
Merit: 250


CRYPTOBANK FOR CRYPTOCOMMUNITY


View Profile
May 14, 2018, 06:37:53 PM
 #23

Masalah CBDC (Central Bank Digital Currency)
Saya malah berfikir bahwa indonesia sebagai negara tidak perlu sampai mendirikan CBDC (Central Bank Digital Currency) karena masalah perbankkan dan keuangan adalah masalah kepercayaan, baik kepercayaan kepada rakyat indonesia maupun kepada dunia internasional. Pembuatan CBDC memang lebih efisien namun kita tidak tahu berapa cost yang dibutuhkan untuk memperbaharui teknologi yang ada. walapun menggunakan teknologi blockchain dalam tanda kutif CBDC bisa saja mengalami crash system yang akan membahayakan negara. Kecuali memang negara kita sudah dibekali dengan polisi cyber yang handal secara teknologi dan handal secara SDM.

walaupun wajib, kupikir indonesia tidak akan secepat itu menjadikannya valid, butuh study banding dsb dan kita terkenal sebagai negara yang tidak mampu mengesahkan UU secara cepat karena perbedaan argumen tentang penting atau tidak, CBDC tidak perlu dan cukup lewat BI saja yang kemudian OJk dilibatkan untuk pengawasan.

Masalah Legalitas
Status hukumnya bitcoin : netral - untuk digunakan sebagai digital asset dan ilegal - untuk digunakan sebagai alat pembayaran.
Bagaimana dengan cryptocurrency lainnya, apakah sama dengan bitcoin nantinya??? 

netral disini memang masih dalam bentuk kajian dan melarang segala bentuk transaksi di ranah publik, untuk altcoin, pemerintah pada akhirnya akan membuka keran untuk berbagai startup yang masuk, disinilah asosiasi yang sudah terbentuk bisa menjembatani semua itu, sudah tentu pemerintah tidak bisa mengakui keduanya sekaligus, tapi sebenarnya mengakui bitcoin saja sudah sangat cukup.



                                            ▄████▀
████▄               ▄████       ▗▟██████████████▄    ▐██████████████████▙▖
██████▖           ▗██████     ▗▟██████████████████▄  ▐████████████████████▌
███████▙         ▟███████    ▄█████          ▀████▀  ▐████            ▀████
█████████▖     ▗█████████   ▐████▀             ▀▀    ▐████            ▄███▌
█████▀████▙   ▟████▀█████   ████▌                    ▐███████████████████▌
█████ ▝█████▄█████▘ █████  ▐████                     ▐████████████████████▙▖
█████   ▜███████▛   █████   ████▌                    ▐████            ▀█████▖
█████    ▝█████▘    █████   ▐████▄            ▄██▄   ▐████             ▐█████
█████      ▀█▀      █████    ▀█████▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄██████  ▐████            ▄█████▌
█████               █████     ▝██████████████████▀   ▐█████████████████████▛
█████               █████     ▄████████████████▀     ▐███████████████████▛▘
                             ▀▀▀▀▀▀
MyCryptoBank
CRYPTOBANK FOR CRYPTOCOMMUNITY
.
Legal and Reliable Crypto Bank

▄███████████▄     
██▀       ▐█▀█▄   
██        ▐█  ▀█▄ 
██        ▐█    ▀█▄
██        ▝▀▀▀▀▀▀██
██               ██
██  ███████████  ██
██               ██
██  ██████       ██
██               ██
██▄             ▄██
▀█████████████████▀
WHITEPAPER ──────────────────────────
.
acord00
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 140
Merit: 1


View Profile
May 15, 2018, 02:43:05 AM
 #24

Agak aneh sih, crypto itu sangat diperhitungkan dan didukung oleh indonesia, sampai ada lembaga2 khususnya. Tapi entah kenapa legalitasnya masih digantung-gantung. Saya sih positif thinking aja, mungkin suatu saat nanti pemerintah akan melegalkan bitoin, sekarang mereka lagi memutar otak untuk meminimalisir resiko resiko yang dapat timbul.
euodiasuryani
Newbie
*
Online Online

Activity: 182
Merit: 0


View Profile
May 16, 2018, 07:14:11 AM
 #25

Ini yang saya tunggu, thread yang seperti inilah yang akan membawa dampak baik bagi bitcoin di indonesia. Secara garis besar saya memang bingung dengan pertimbangan pemerintah dalam menyikapi Bitcoin, meski sebenarnya saya juga memaklumi, ini karena pemerintah kita bukan hanya memikirkan perut sebagian masyarakatnya saja, namun harus mempertimbangkan efek secara menyeluruh.
Sebenarnya ketakutan pemerintah akan efek negatif yang timbul, seperti pencucian uang, pendanaan teroris, buble, dll, hanyalah persoalan teknis, yang tidak akan selesai hanya dengan membuat larangan, karena terlalu banyak celah yang bisa diterobos, dan saya yakin, pemerintah tidak akan mampu membendung arus perputaran bitcoin dinegara kita. Legal atau Ilegal, bitcoin akan tetep merayap  diseluruh negeri, menyusup lebih jauh, menyebar lebih luas di banyak kalangan. Ini yang seharusnya ditanggapi secara cepat, salah satunya dengan melegalkan namun pada batasan tertentu, dan membuatkan payung hukum untuk mereduksi penyalah gunaan, serta membuatkan aturan main yang jelas untuk mempermudah pengawasan aliran transaksi.
Ini blockcahin, teknologinya transparan, masih bbisa ditrack dengan mudah, meski tidak mampu dilihat kepemilikannya. Namun jika pemerintah membuatkan aturan main yang jelas dan melegalkan, maka akan semakin mudah memantaunya, dan saya percaya ini bisa mereduksi kemungkinan-kemungkinan kejahatan yang bakal ditimbbulkan dengan media bitcoin.

Maaf masih newbie, kalau pemerintah masih melihat perkembangan uang digital ini kedepan..alias masih dianalisa. Dan mengedepankan masalah masalah lainnya dulu. Seperti disebut diatas walau legal ataupun ilegal, bitcoin terus berkembang. Harapan kita pemerintah henyikapi dengan bijak.
HendarSul
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 375
Merit: 100



View Profile
May 16, 2018, 08:05:37 AM
 #26

Agak aneh sih, crypto itu sangat diperhitungkan dan didukung oleh indonesia, sampai ada lembaga2 khususnya. Tapi entah kenapa legalitasnya masih digantung-gantung. Saya sih positif thinking aja, mungkin suatu saat nanti pemerintah akan melegalkan bitoin, sekarang mereka lagi memutar otak untuk meminimalisir resiko resiko yang dapat timbul.
Setahu ane itu lembaga khusus untuk teknologi blockchain aja yang ada di indonesia gan, untuk cryptocurrency sendiri belum ada lembaga atau kelompok yang meresmikan atau melegalkan penggunaan bitcoin di indonesia.
Mungkin saja indonesia akan melegalkan bitcoin tapi tetap gak akan boleh jadi alat pembayaran paling hanya sekedar memiliki dan transaksi dengan luar negri

Mondinic
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 336
Merit: 102


View Profile
May 16, 2018, 08:22:08 AM
 #27

info yang sungguh bagus dari keterangan di atas ternyata yang melarang keberadaan bitcoin hanyalah sebagaian kecil saja kalau menurutku seiring berjalannya waktu kemungkinan penolakan tersebut akan sirna dan mengikuti arus teknologi modern yang akan datang juga mengikuti perkembangan dunia agar tidak ketinggalan jaman,
wahyu wida
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 462
Merit: 100


“Tackling Climate Change Using Blockchain”


View Profile
May 16, 2018, 08:34:49 AM
 #28

info yang sungguh bagus dari keterangan di atas ternyata yang melarang keberadaan bitcoin hanyalah sebagaian kecil saja kalau menurutku seiring berjalannya waktu kemungkinan penolakan tersebut akan sirna dan mengikuti arus teknologi modern yang akan datang juga mengikuti perkembangan dunia agar tidak ketinggalan jaman,
apabila terpojok oleh keadaan maka mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman, saya kira saat ini adalah hal yang wajar apabila sampai ada pro dan kontra. akan tetapi kenapa tidak melihat kedepannya supaya kita tidak kalah start sehingga nantinya kita tidak ketinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi

abegoboga
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 49
Merit: 0


View Profile
May 16, 2018, 09:26:53 AM
 #29

saya sendiri bingung mengenai hukum pelarangan cryptocurrency di indonesia karena walaupun tidak boleh terdapat transaksi di indonesia, tetapi terdapat bank yang menjalin hubungan dengan beberapa blockchain, jadi menimbulkan kerancuan
xiboothrezi
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 462
Merit: 261


https://cryptassist.io


View Profile
May 16, 2018, 09:45:03 AM
 #30

saya sendiri bingung mengenai hukum pelarangan cryptocurrency di indonesia karena walaupun tidak boleh terdapat transaksi di indonesia, tetapi terdapat bank yang menjalin hubungan dengan beberapa blockchain, jadi menimbulkan kerancuan
Blockchain dan bitcoin merupakan dua hal yang berbeda gan. Bitcoin memang memanfaatkan teknologi blockchain, tapi blockchain bukan tentang bitcoin saja. Teknologi blockchain memang berpeluang besar untuk diadopsi untuk banyak kepentingan, terkait peningkatan efisiensi. Terkait blockchain saya sarankan untuk membaca di sini Apa itu Blockchain dan Cryptocurrency?.

THE ONE STOP SOLUTION FOR THE CRYPTO WORLD
▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
Facebook   /  Twitter   /  Reddit   /  Medium   /  Youtube   /
      ▄▄█████████▄▄
   ▄█████████████████▄
  █████▀▀  ███  ▀▀█████
 ████     █████     ████
████     ███████
███▀    ████ ████
███▄   ████   ████
████  ████▄▄▄▄▄████  ████
 ███████████████████████
  █████▄▄       ▄▄█████
   ▀█████████████████▀
      ▀▀█████████▀▀

▄██▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀██▄
▄██▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀██▄
▄█▀                       ▀█▄
▄▄▄▄ ▄█                           █▄ ▄▄▄▄
█   ███▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀███   █
▀▀█▀                                 ▀█▀▀
▄▀                                     ▀▄
▄▄▀▄▄▄▄                                 ▄▄▄▄▀▄▄
█       ▀▀▄                           ▄▀▀       █
█          █                         █          █
█▀▀▄▄▄▄▄▄▄███▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀███▄▄▄▄▄▄▄▀▀█
▒▀▄       ██▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀█▀█▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀██       ▄▀▒
▒█▀▀▀▀▄▄  █              ▀              █  ▄▄▀▀▀▀█▒
▒█      █ ▀▄                           ▄▀ █      █▒
▒▀▄▀▄▄▄▄▀  █▀▀▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▀▀█  ▀▄▄▄▄▀▄▀▒
▒▒▒▀▄▄▄▄▄ █                             █ ▄▄▄▄▄▀▒▒▒
 ▒▒▒▒▒▒▀▀▀▀▀▄▄▄▄▄▄███████████████▄▄▄▄▄▄▀▀▀▀▒▒▒▒▒▒▒
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
Businessprm
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile
May 16, 2018, 09:48:33 AM
 #31

Bisa di sampaikan terus menerus mengenai hal ini dimana tidak gampang untuk memastikan bisa melegalitaskan mata uang virtual begini
Xampeuu
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 294
Merit: 101


UBEX.COM


View Profile
May 16, 2018, 10:00:06 AM
 #32

info yang sungguh bagus dari keterangan di atas ternyata yang melarang keberadaan bitcoin hanyalah sebagaian kecil saja kalau menurutku seiring berjalannya waktu kemungkinan penolakan tersebut akan sirna dan mengikuti arus teknologi modern yang akan datang juga mengikuti perkembangan dunia agar tidak ketinggalan jaman,
dan Indonesia termasuk yang netral dengan melakukan pembatasan dari yang saya lihat dari gambar di atas. Itu melegakan saya pribadi, meskipun persoalan legalitas memang akan sulit di dapatkan di negara kita. Mengingat juga tidak menyeluruh masyarakat menggunakan internet.

Apalo llyat coeg
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 203
Merit: 0


View Profile
May 16, 2018, 11:33:26 AM
 #33

Kita saat ini masih sibuk dengan legalitas crypto khususnya bitcoin. Menurut saya, pemerintah indonesia mengambil sikap netral sudah benar. Sikap netral pemerintah ini sudah cukup kuat dengan adanya UU keuangan. UU ini sudah menjadi regulasi yang kuat bagi sistem keuangan. Alat transaksi yang sah adalah uang tunai dalam bentuk Rupiah. Selain Rupiah tidak bisa digunakan sebagai alat prmbayaran dalam wilayah negara kesatuan RI. Jadi menurut saya itu sudah jelas. Memang bitcoin atau cryptocurrency dilarang digunakan sebagai alat pembayaran. Lain kasusnya bitcoin yang kita gunakan sekarang. Bitcoin yang digunakan adalah sebagai aset. Ibaratnya sama dengan kita beli emas. Dibeli buay dijadikan simpanan, bukan sebagai alat pembayaran. Saya contohkan saja di daerah sumatera, disana di daerah perkampungan, alat transaksi masih sering digunakan mata uang mas. Mata uang satuan dalam takaran emas. Ada yang di sebut satu mas, dua mas, rupiah mas. Ringgit mas dan sebagainya. Praktek ini sebenarnya jelas-jelas melanggar UU. Yang kayak ini yang harus di amankan ole pemerintah. Begitu juga kita melakukan pembayaran dengan mata uang crypto seperti alat transaksi, baru juga salah. Pemerintah sudah memberikan kebebasan bagi kita sebagai warga negara untuk berbuat sesuai dengan keinginan kita. Tapi kita harus tahu batasan-batasan yang telah ditetapkan pemerintah. Jadi kita tidak perlu risau lagi dengan regulasi bitcoin. Intinya kita jangan menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran selama kita masih berada dalam wilayah RI. Gunakanlah Rupiah. Tidak masalah kalau kita berada di luar negeri dimana bitcoin legal. Begitulah pendapat saya gan..








































Businessprm
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile
May 16, 2018, 12:02:28 PM
 #34

Harus di cari dan di pikirakan gimana caranya untuk mata uang virtual dengan perkembangan teknologi yang ada akan membuat legalitas bitcoin
Nana_Marini
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 392
Merit: 103



View Profile WWW
May 16, 2018, 12:17:55 PM
 #35

Mungkin pemerintah mempunyai pertimbangan tersendiri gan terkait legalitas cryptocurrency, meskipun teknologi blockchain sudah diterapkan untuk membantu berjalannya pemerintah, seperti yang digunakan oleh OJK. Kita ambil sisi positifnya saja gan Smiley

Rubengiovani
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 392
Merit: 100



View Profile
May 16, 2018, 12:28:20 PM
 #36

Untuk saat ini pemerintah sedang mempertimbangkan terkait legalitas cryptocurrency karena banyak hal2 negatif yang bisa mempengaruhi negara Indonesia,jadi semua ini harus benar2 di pertimbangankan oleh pemerintah agar tidak terjadi hal2 yang bisa merugikan negara dengan perkembangan teknologi.

AnisahSiti
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 144
Merit: 2

https://ico.unifox.io/?rid=14288


View Profile
May 16, 2018, 06:30:10 PM
 #37

Kita saat ini masih sibuk dengan legalitas crypto khususnya bitcoin. Menurut saya, pemerintah indonesia mengambil sikap netral sudah benar. Sikap netral pemerintah ini sudah cukup kuat dengan adanya UU keuangan. UU ini sudah menjadi regulasi yang kuat bagi sistem keuangan. Alat transaksi yang sah adalah uang tunai dalam bentuk Rupiah. Selain Rupiah tidak bisa digunakan sebagai alat prmbayaran dalam wilayah negara kesatuan RI. Jadi menurut saya itu sudah jelas. Memang bitcoin atau cryptocurrency dilarang digunakan sebagai alat pembayaran. Lain kasusnya bitcoin yang kita gunakan sekarang. Bitcoin yang digunakan adalah sebagai aset. Ibaratnya sama dengan kita beli emas. Dibeli buay dijadikan simpanan, bukan sebagai alat pembayaran. Saya contohkan saja di daerah sumatera, disana di daerah perkampungan, alat transaksi masih sering digunakan mata uang mas. Mata uang satuan dalam takaran emas. Ada yang di sebut satu mas, dua mas, rupiah mas. Ringgit mas dan sebagainya. Praktek ini sebenarnya jelas-jelas melanggar UU. Yang kayak ini yang harus di amankan ole pemerintah. Begitu juga kita melakukan pembayaran dengan mata uang crypto seperti alat transaksi, baru juga salah. Pemerintah sudah memberikan kebebasan bagi kita sebagai warga negara untuk berbuat sesuai dengan keinginan kita. Tapi kita harus tahu batasan-batasan yang telah ditetapkan pemerintah. Jadi kita tidak perlu risau lagi dengan regulasi bitcoin. Intinya kita jangan menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran selama kita masih berada dalam wilayah RI. Gunakanlah Rupiah. Tidak masalah kalau kita berada di luar negeri dimana bitcoin legal. Begitulah pendapat saya gan..
Berarti harusnya mata uang lain seperti katakanlah $USD ngga boleh di pake di Indonesia dong. padahal Bank2 besar menjual produk deposito dan tabungan dalam bentuk mata uang luar negeri, dan bank juga membayar bunga produka tersebut juga menggunakan mata uang yang sama. katakanlah deposito $USD, bank juga membayarnya menggunakan $USD, bukanya ini juga sama saja menjadikan mata uang luar negeri sebagai alat pembayaran? dan bukan hanya $USD, mata uang lain juga di perdagangkan. belum lagi beberapa merchant yang menggunakan tarif $, hotel, produk-produk elektronik di retail2 tertentu.

UniFox  ▌|  Blockchain the World  |▐
▬ Imagine MasterCard for cryptocurrencies
xmemetx
Member
**
Offline Offline

Activity: 280
Merit: 10


View Profile WWW
May 16, 2018, 06:46:23 PM
 #38

Jadi legalitas terkait bitcoin dan Cryptocurrency masih belum di jelaskan apakah masih di larang atau di bolehkan tapi sistem nya sudah di bolehkan oleh OJK yaitu sistem blockchain nya karena banyak dari bank besar di Indonesia sudah mendukung sistem blockchain

benar sekali gan, setau saya sekarang pemerintah sudah mulai mendukung sistem blockchain tapi sepertinya belum mengeluarkan izin untuk bitcoin digunakan sebagai alat pembayaran transaksi. menurut saya thread seperti ini bagus supaya bisa memberikan isu positif terkait bitcoin dan supaya bitcoin semakin dikenal dan dipercaya oleh orang awam.

King Khaizan
Member
**
Offline Offline

Activity: 171
Merit: 10

MoneyToken


View Profile
May 16, 2018, 06:58:30 PM
 #39

Sebelumnya ane mengucapkan terimakasih banyak untuk informas seperti ini dan sangat jelas kita lihat pemetaan terkait cryptocurrency di dunia. Setelah mengalami beberapa fase dan pro kontra yang terjadi terhadap cryptocurrency. Maka untuk itu, ane sangat mendukung jika di indonesia dikeluarkan sebuah regulasi untuk masa depan mata uang digital di indonesia dan jikapun aturan diterbitkan maka lebih harus lebih spesifik lagi agar tidak ada lagi terjadi pro kontra.

King Khaizan
Member
**
Offline Offline

Activity: 171
Merit: 10

MoneyToken


View Profile
May 16, 2018, 07:01:45 PM
 #40

Mungkin pemerintah mempunyai pertimbangan tersendiri gan terkait legalitas cryptocurrency, meskipun teknologi blockchain sudah diterapkan untuk membantu berjalannya pemerintah, seperti yang digunakan oleh OJK. Kita ambil sisi positifnya saja gan Smiley

Ane juga sangat mendukung dengan langkah awal yang diambil oleh pemerintah, yaitu sudah menerapkan teknologi blockchain pada sektor keuangan. Namun untuk cryptocurency ane rasa juga harus ada tempat di indonesia karena cukup banyak juga sisi positif yang kita dapatkan.

Pages: « 1 [2] 3 4 5 6 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!