Bitcoin Forum
May 21, 2019, 08:03:46 AM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.18.0 [Torrent] (New!)
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 [2] 3 4 5 6 7 8 »  All
  Print  
Author Topic: (DISKUSI) Pantaskah anak dibawah umur masuk dalam dunia cripto?  (Read 13292 times)
janggernaut
Legendary
*
Offline Offline

Activity: 1190
Merit: 1000

★YoBit.Net★ 1400+ Coins Exchange


View Profile
December 30, 2018, 11:49:15 AM
 #21

Menurut ane, tidak ada masalah bila mengenalkan dunia Cryptocurrency ke anak-anak sekalipun. Karena jika mereka sudah tahu sejak muda, maka mereka akan terus belajar dan mendalami hal tersebut. Bukan tidak mungkin nantinya mereka bisa berperan besar dalam dunia Crypto ini di masa yang akan datang. Semua informasi juga sudah dengan mudah tersebar melalui internet, jadi apa salahnya bila mereka mengenal sejak awal? Toh ini bukan hal negative seperti hal p*rno yang dikatakan oleh @Moriwhite.
Mungkin yang sebaiknya perlu dihindari itu situs-situs judi yang menerima Crypto sebagai taruhannya, takutnya nanti mereka jadi kecanduan berjudi.

Am I spamming? Report me!
1558425826
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1558425826

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1558425826
Reply with quote  #2

1558425826
Report to moderator
1558425826
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1558425826

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1558425826
Reply with quote  #2

1558425826
Report to moderator
1558425826
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1558425826

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1558425826
Reply with quote  #2

1558425826
Report to moderator
The Man Behind
Pokémon
&
Yu-Gi-Oh
brands
Collect!
Trade!
Play!
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1558425826
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1558425826

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1558425826
Reply with quote  #2

1558425826
Report to moderator
1558425826
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1558425826

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1558425826
Reply with quote  #2

1558425826
Report to moderator
1558425826
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1558425826

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1558425826
Reply with quote  #2

1558425826
Report to moderator
valuater
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 868
Merit: 251



View Profile
December 30, 2018, 12:47:08 PM
 #22

kalau di luar negeri banyak anak dibawah umur masuk dalam dunia crypto tapi kebanyakan masuknya ke trading , di indonesia sendiri sebenarnya bukan cuma anak dibawah umur doang yang "cheating" di airdrop banyak juga orang dewasa yang "cheating" juga tapi biasanya mereka ga terlalu pamer dan main nya diem"

   █████
  ██   ██
  ██   ██         ███
   █████         ██ ██
       ██       ██ ██
        █████████ ██
       ███▀    █ ████▄
      ██  ████████  ██▄
     ██  █▀▀    ▀▀█  ██▄   █████
 ████████▀        ▀█  ██  ██   ██
██     ██          █████████   ██
 █████████        ██  ██   █████
     ██  ▀██▄▄▄▄███  ██
      ██▄█  ▀▀▀██ ████
       ▀███▄▄▄▄▄██ ██
       ██ ▀▀▀▀▀▀ ██ ██
   █████          ██ ██
  ██   ██          ███▀
  ██   ██
   █████
   


















   


















    ▢  Facebook
▢  Twitter
▢  Telegram
babykika2027
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 588
Merit: 101



View Profile WWW
December 30, 2018, 01:26:02 PM
 #23

Anak jaman sekarang kayaknya cepet paham soal dunia internet, jadi pasti mudah buat kenalin ke mereka tentang crypto. Sah-sah aja sih kalau anak-anak memang paham dan tetap harus diawasi sama orang dewasa yang lebih berpengalaman di dunia crypto biar gak salah jalan dan menyalahi aturan

anog
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 881
Merit: 251


PLAY, MINE 888 tokens and EARN dividends!


View Profile
December 30, 2018, 03:15:42 PM
 #24

Anak jaman sekarang kayaknya cepet paham soal dunia internet, jadi pasti mudah buat kenalin ke mereka tentang crypto. Sah-sah aja sih kalau anak-anak memang paham dan tetap harus diawasi sama orang dewasa yang lebih berpengalaman di dunia crypto biar gak salah jalan dan menyalahi aturan
Benar gan, Secara anak yang belum cukup dewasa masih cenderung melakukan hal yang sedikit lebih berani dari orang dewasa.

Sebenarnya peran orang tua ini adalah faktor yang paling utama, Dimanapun tetap harus selalu ada pendampingan.

888TRON
PLAY,MINE TOKENS AND EARN DIVIDENTS
Dice52    Gear of Frtune     Crypto Slots
██████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████████
TELEGRAM
  TWITTER  
           
apilpirman.bisnis
Member
**
Offline Offline

Activity: 504
Merit: 10


View Profile
December 30, 2018, 03:23:42 PM
 #25

Tidak salahnya mengajarkan mereka untuk mengenal bitcoin dan altcoi, tapi tidak sepantasnya buat mereka untuk belejar crypto, lebih baik menghabiskan waktu dengan berinteraksi sosial dengan teman sebaya mereka.
cuero
Member
**
Offline Offline

Activity: 308
Merit: 20


View Profile
December 30, 2018, 03:32:27 PM
 #26


Yang saya tegaskan disini yaitu, indonesia bisa jadi sangat buruk dimata dunia cripto akibat ulah para remaja yang berkoar-koar cari sensai dan apalah tujuannya itu didalam group official dengan melampirkan bukti N.. Y.. Lnya yang seakan-akan dia hebat tanpa mereka sadari dampak kedepannya tindakan mereka itu.
Menurut kalian bagaimana?,
Menurut saya pribadi remaja tidak usah masuk didunia cripto sampai mereka cukup dewasa dalam menyikapinya..
Diatas cuma sebatas pandangan pribadi saya tapi saya ingin tau pandangan kalian semua bagaimana? 😊😊
agan terlalu melihat usia anak dari sisi negative (kekurangan), tetapi lihatlah dari sisi positivenya juga, seperti contoh :
Quote
Namanya Andrew Courey, di umurnya yang masih 11 tahun ini, dia hanyalah seorang bocah biasa yang biasa menghabiskan waktu dengan sekolah, olahraga, ataupun bermain dengan smartphone. Namun yang menjadi pembeda adalah dia sudah menunjukkan ketertarikannya sejak dini dengan hal yang kini banyak diperdebatkan oleh ekonom dunia, Bitcoin.

Early Bird Gets The Bitcoin: The Ultimate Guide To Everything About Bitcoin adalah buku yang dia tulis dari buah eksplorasi dan penelitiannya tentang Bitcoin di luar waktu sekolahnya. Dari pemikirannya tersebut, buku dengan 57 halaman ini lahir. Buku ini telah beredar sejak Januari lalu dengan harga saat perilisan sekitar $2.99 untuk versi digital dan $9.99 untuk versi printout.
sumber : https://bitcointalk.org/index.php?topic=3167244.0

kisah diatas menceritakan kesuksesan seorang anak usia 11 tahun (awal remaja) tetapi ia dapat menghasilkan maha karya yang luarbiasa bagi dunia crypto.artinya usia tidaklah menjadi tolok ukur, selagi ia dapat berkarya dan menghasilkan yang posive,

persoalan kelakuan anak yang mencoreng nama baik indonesia itu sich tidak terbantahkan, tetapi disisi yang lain orang-orang yang mengaku dirinya dewasa atau usia tua tidak sedikit pula yangbertingkah seperti kanak-kanak dan ikut mencoreng nama Indonesia di forum global. informasi lebih dapat agan baca di trrad
https://bitcointalk.org/index.php?topic=3295649.0

Yoo
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 560
Merit: 102



View Profile
December 30, 2018, 04:59:17 PM
 #27

Saya kurang setuju jika masalah seperti ini hanya diperuntukan untuk para remaja, apalagi sampai melarang para remaja untuk masuk dalam dunia crypto.
Sebenarnya apa yang membuat anda berfikir seperti itu Huh
Sedikit saya tekankan bahwa tidak semua remaja itu seperti yang anda pikirkan dan tidak semua orang yang sudah dewasa seperti anda bisa menyikapi secara dewasa masalah yang ada di dunia crypto. Saya rasa bukan hanya remaja saja yang melakukan sebuah kesalahan seperti seperti yang anda sampaikan, tetapi ada juga yang sudah dewasa melakukan kesalahan tersebut.
Dan yang terakhir, jika memang ada seorang remaja melakukan sebuah kesalah seperti itu, Saran saya lebih baik anda memberikannya sebuah nasehat agar para remaja bisa lebih dewasa dalam menyikapinya ( seperti yang anda harapkan ), bukan malah melarangnya untuk tidak usah masuk didunia crypto tanpa anda memberikan solusi. Karena menurut saya itu akan menjadi kesalahan besar jika anda melarang para remaja untuk mengenal dunia crypto, para remaja berhak untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi. Kalo bukan remaja mau siapa lagi ?

Saya juga masih remaja kong. tapi saya tidak seperti yang anda pikirkan dan anda katakan.

ayay
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 70
Merit: 2

Pozess - The Photo Sharing Fashion Marketplace Tha


View Profile
December 30, 2018, 05:35:04 PM
 #28

Saya juga masih remaja kong. tapi saya tidak seperti yang anda pikirkan dan anda katakan.
Nah loo,, jika sudah seperti ini, apakah anda masih mau melarang para remaja untuk berkutat di dunia cryptocurrency ini Rafiyuddin tolong beri komentar anda lagi tentang hal ini.

♠ POZESS ♠
Photo Sharing Social Marketplace That Rewards its Users
Peanyut991
Member
**
Offline Offline

Activity: 128
Merit: 10


View Profile
December 30, 2018, 05:53:14 PM
 #29

Kalau untuk masalah investasi seperti investasi di ICO atau menjadi trader altcoin saya rasa kalau umur kurang dari 18 belum pantas. Tapi untuk mempelajari mengenai cryptocurrency dan teknologi blockchain saya rasa sah sah saja, karena bagaimanapun zaman sudah berubah ke era digital dimana mata uang digitalpun harus dipelajari sejak dini.

OOOBTC.com ●  ●  Trade Crypto On This Awesome Platform
▬▬ ●  Lightning Enabled  | Fast & Secure  |  11 Mil Bounty ●  ▬▬
Bounty Thread Whitepaper FB Page Twitter Telegram
Moriwhite
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 28
Merit: 1


View Profile
December 30, 2018, 06:18:44 PM
 #30

selagi mereka mampu kenapa tidak? Noh juga kaga ada undang-undangnya ttg larangan "Anak di bawah umur" tidak boleh bergabung di dunia crypto. . Lagi pula resiko juga di tanggung sendiri kaga ada yang nanggung jadi sah-sah saja untuk siapapun yang mau bergabung di dunia crypto ini. contoh saja Rokok di bawah umur +18 tahun tidak boleh merokok tapi buktinya banyak noh yang merokok muda/tua sama saja, karena mereka bisa merasakan nikmatnya dan masa bodo soal resikonya  Cheesy begitu juga dengan crypto asalkan sanggup dan mampu langsung saja cuss yang penting perlu di ingat resikonya juga. ini menurut saya pribadi
samle
Member
**
Offline Offline

Activity: 186
Merit: 10


View Profile
December 30, 2018, 10:44:05 PM
 #31

Saya rasa tidak ada masalah usia anak masuk dalam dunia crypto jika untuk meningkatkan pengetahuan. Namun jika untuk alasan yang lain saya rasa bukan saat yang tepat bagi mereka, Karena tugas utama anak dini atau dibawah umur ialah untuk belajar. Jadi, tergantung dari tujuan meraka masuk dalam dunia crypto. Karena setiap langkah yang diambil ada resiko yang harus dihadapi sebagai konsekuensi dari keputusan yang diambil, termasuk mengenalkan crypto kepada anak dibawah umur.

▐|   EOS Exchange   |▌          The Exchange for the EOS Community!          ▐|   EOSex   |▌
                    ICO: 15th October to 20th November  |  Free EXP Tokens: Join Bounty!                    
Whitepaper               ANN Thread               Telegram               Twitter               Mobile
Flansca
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 17
Merit: 0


View Profile
December 31, 2018, 01:20:36 AM
 #32

Saya pikir hal ini memang kita berikan edukasi terlebih dahulu, lalu saya mungkin bisa mempercayakan kepada anak dibawah umur masuk kedalam dunia kripto. Karena kripto kebanyakan adalah anonymous, dan anak-anak tanpa edukasi akan menangkap untuk disalahgunakan untuk mencari keuntungan. Malahan, keluarganya bisa tertimpah suatu masalah finansial.
Comvormis
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 602
Merit: 100



View Profile WWW
December 31, 2018, 02:37:00 AM
 #33

Jelas tidak pantaslah gan, dunia anak dunia bermain biarkanlah mereka dengan dunianya, tetapi mengenalkan teknologi sedini mungkin juga itu harus perlu di lakukan, agar jangan melek teknologi ketika sudah beranjak dewasa.

..:::::::██████ Grabity ██████:::::::..
..:::::::██████ New Paradigm of Internet  ●  Innovation Public Blockchain ██████:::::::..
Homepage  I  Medium  I  Telegram  I  Youtube  I  Facebook  I  Twitter  I Github  I  Pre-sale
Akubi54
Member
**
Offline Offline

Activity: 476
Merit: 10


View Profile
December 31, 2018, 05:54:01 AM
 #34

Seperti saya ketahui bila si anak di bawah umur mampu mengikuti dan menguasai ilmu tentang dunia crypto sepertinya tidak jadi satu permasalahan gan.

      S P O R T S F I X           ●   BE A GAME CHANGER   ●
|   Whitepaper   |   Twitter   |   Telegram   |   Medium   |
█████████████ [ Join SPORTSFIX ] █████████████
phoinex
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 518
Merit: 165

please contac me @endriagusn


View Profile WWW
December 31, 2018, 06:30:47 AM
Merited by dbshck (2), mu_enrico (1)
 #35

Mencoba berpendapat
Membaca mengenai ISI Undang-undang no. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 1 ayat (1), “Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.” Artinya batas usia dewasa menurut aturan ini adalah 18 tahun ke atas.

Untuk pantas atau tidak tergantung edukasi hasil pendidikan yang diberikan baik dari luar ataupun dari orang tua. Sebenarya hakikat anak dibawah umur adalah menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak.

Sumber: http://www.kpai.go.id/artikel/pemenuhan-hak-pendidikan-anak-sejak-usia-dini

Untuk itu saya kira bisa kita kenalkan nahkan masuk dengan batasan batasan dimana kita tidak menggangu hakikat sejati pertumbuhan anak, Grin
perdutrang
Member
**
Offline Offline

Activity: 378
Merit: 10

https://assetsplit.org/


View Profile
December 31, 2018, 08:34:10 AM
 #36

banyak gan remaja tapi pemikirannya dewasa, sedangkan dewasa pemikirannya seperti anak-anak. jadi menurut saya pantas pantas saja, apa lagi kalau ikut bounty jadi bisa jajan dari hasil sendiri seperti ane  Grin Grin
Owww,,,, Sssiiiaaapp,, mantap gan, jajan sendiri dari hasil kerja sendiri dari proyek bounty, tanpa harus meminta ke pada kedua orang tua, (gk nyusahin bro) itulah anak remaja di bawah umur yang berkutat di dunia cryptocurrency saat ini, ngomong-ngomong si TS ke mana ya, kok tidak muncul sama sekali, Grin Grin Grin

   ⚜⚜⚜  ASSETSPLIT ICO  ⚜⚜⚜
⚡⚡⚡Asset Split is the place to build shares of your valuables⚡⚡⚡
♻ ▬▬▬▬▬  Facebook ♦️️ Twitter ♦️️ Telegram ♦️️ Discord ♦️️ Bitcointalk   ▬▬▬▬▬ ♻
Rhoh
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 252
Merit: 1


View Profile
December 31, 2018, 09:21:12 AM
 #37

Di kawasan ane banyak nih gan yang umur nya masih di bawah umur sudah berkutat di dunia cryptocurrency ini, bahkan mereka juga bisa menghasilkan uang hasil kerja keras mereka di dunia cryptocurrency ini, apakah mereka masih belum pantas untuk terjun dan mencari nafkah di dunia cryptocurrency ini, guna untuk melengkapi atau membantu mencari nafkah keluarga nya.

🔺🔸🔺🔸🔺🔸🔺🔸 [ MOOZICORE ] WORLD’S FIRST MUSIC STREAMING SERVICE ON BLOCKCHAIN 🔸🔺🔸🔺🔸🔺🔸🔺
https://tokensale.moozicore.com/
cuero
Member
**
Offline Offline

Activity: 308
Merit: 20


View Profile
December 31, 2018, 09:24:22 AM
 #38

Saya pikir hal ini memang kita berikan edukasiterlebih dahulu, lalu saya mungkin bisa mempercayakan kepada anak dibawah umur masuk kedalam dunia kripto. Karena kripto kebanyakan adalah anonymous dan anak-anak tanpa edukasi akan menangkap untuk disalahgunakan untuk mencari keuntungan. Malahan, keluarganya bisa tertimpah suatu masalah finansial.
ada banyak hal yang harus diterima menyangkut dengan rules forum local indonesia terutama tentang item-item yang tertuang didalamnya, lihat di tread :
https://bitcointalk.org/index.php?topic=764664.0

disana tidak ada istilah larangan yang dilatar belakangi oleh usia, semua orang memiliki kesempatan yang sama bermain di forum bitcointalk, ngebounty join airdrop & berbagai aktifitas lainnya, asalkan mampu mengikuti Rules Forum dengan baik dan benar, selain itu perlu juga memperhatikan etika karena keberadaan etika sangatlah penting untuk dapat berkomunikasi dalam suatu komunitas forum. untuk masalah etika, agan dapat membacanya di tread :
https://bitcointalk.org/index.php?topic=5073547.msg48117365#msg48117365

enjotan
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 392
Merit: 100


View Profile
December 31, 2018, 02:51:26 PM
 #39

kalau menurut pemikiran ane pribadi anak dibawah umur itu tidak diwajibkan untuk bekerja dimanapun gan, baik dalam dunia crypto maupun dunia nyata, karena dia masih butuh belajar yang lain agar bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, karena dia pasti belum tahu tentang bagaimana di tipu dalam dunia crypto, jadi kalau ane pribadi lebih baik anak dibawah umur jangan masuk dalam dunia crypto dulu.
Saya sependapat dengan anda, meskipun bagus masih remaja sudah mengenal crypto, kalau kedepan nya crypto terus semakin berkembang mereka sudah mempinyai dasar-dasar pengetahuan tentang crypto, namun kalau untuk berkerja di dunia crypto anak di bawah umur saya pikir belum waktu nya, mereka lebih baik fokus belajar untuk masa depan dengan pendidikan yang lebih tinggi.
Zidan Bst
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 364
Merit: 100


View Profile WWW
December 31, 2018, 03:17:30 PM
 #40

Kalau menurut saya kalau belum dewasa dalam pemikirannya anak tersebut sebaiknya jangan dulu masuk pada dunia crypto yang penuh dengan gonjang-ganjing ini.Jangankan dunia crypto , kerja di dunia nyata aja bisa rugi apalagi di dunia maya kayak gini. Jadi untuk anak dibawah umur mungkin harus mempelajari lebih dalam lagi tentang resiko masing-masing pekerjaan agar disesuaikan dengan kemampuannya.
Pages: « 1 [2] 3 4 5 6 7 8 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!