Bitcoin Forum
September 06, 2026, 11:43:27 AM *
News: Latest Bitcoin Core release: 31.1 [Torrent]
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 [2]  All
  Print  
Author Topic: [NEWS][Diskusi] – SEC Tetapkan Batasan Lebih Jelas Mengenai Crypto.  (Read 577 times)
Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
July 23, 2026, 01:57:40 PM
 #21

Ganjalan besar RUU ini adalah Partai Demokrat (partai oposisi pemerintah saat ini), karena Partai tersebut ingin membatasi Presiden, Wapres dan anggota kongres dalam keterlibatan mereka di Crypto. Apa lagi si Trump ini pernah berujar kalau di cuan 1 Milyar Dollar dari crypto di tahun 2025, dan menandakan kalau perangkat negara bisa memanfaatkan kewenangan demi keuntungan pribadi. [1]

Nampaknya ini ditindaklanjuti dengan pemanggilan Republik di Senat dengan penjabat berwenang. Sehingga pada dan pada hari rabu ini mereka merilis versi yang diperbarui dari Digital Asset Market CLARITY Act. Salah satu isinya adalah tentang etika pejabat publik terkait mata uang kripto. Dalam isinya melarang pejabat, serta pasangan atau karyawan mereka, untuk menerbitkan atau mensponsori "aset digital" apa pun selama mereka menjabat. Selain itu ada aturan "melarang perusahaan untuk mendaftarkan aset digital yang diterbitkan atau disponsori oleh pejabat publik, dan mewajibkan politisi untuk menempatkan aset kripto mereka sebelumnya dalam perwalian buta atau melepaskannya selama masa jabatan mereka".

Sumber:
1. https://www.forbes.com/sites/zacharyfolk/2026/07/22/could-new-crypto-legislation-threaten-trumps-profits-what-to-know-about-proposed-clarity-act-change/
2. https://www.fxstreet-id.com/cryptocurrencies/news/senator-republik-merilis-clarity-act-yang-diperbarui-dengan-pembatasan-etika-kripto-baru-202607230135

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
July 27, 2026, 02:32:19 PM
 #22

Belum jelas mengenai perkembangan clarity act saat ini saya baru saja membaca tentang Genius act. Mungkin ini sedikit mengerucut karena kalau Clarity Act itu masuk dalam golongan lebih luas semua unsur crypto sedangkan Genius Act digunakan khusus mengatur stable coin. Kabar ini adalah deadline habis pembaruan aturan stablecoin yang telah diberi waktu satu tahun. Regulator AS gagal memenuhi waktu yang telah ditetapkan.
Mereka gagal mengeluarkan peraturan final baru yang ditargetkan selama satu tahun.
Quote
the principal rule packages issued by the Office of the Comptroller of the Currency (OCC), Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), National Credit Union Administration (NCUA) and Treasury Department remained proposals.
Isi genius Act ini adalah mengenai cadangan, penebusan, pengungkapan, perizinan, dan pengawasan untuk penerbit stablecoin pembayaran.

Sumber:
1. https://www.theblock.co/post/408843/us-regulators-miss-genius-acts-one-year-deadline-for-final-stablecoin-rules

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
LastKiss
Sr. Member
****
Offline

Activity: 2604
Merit: 289



View Profile WWW
July 31, 2026, 07:19:27 AM
 #23

Belum jelas mengenai perkembangan clarity act saat ini saya baru saja membaca tentang Genius act. Mungkin ini sedikit mengerucut karena kalau Clarity Act itu masuk dalam golongan lebih luas semua unsur crypto sedangkan Genius Act digunakan khusus mengatur stable coin. Kabar ini adalah deadline habis pembaruan aturan stablecoin yang telah diberi waktu satu tahun. Regulator AS gagal memenuhi waktu yang telah ditetapkan.
Mereka gagal mengeluarkan peraturan final baru yang ditargetkan selama satu tahun.
~snip~

Sepertinya akan dilakukan perundingan kembali antara Partai Republik dengan Partai Demokrat terkait Clarity Act dan harapannya sebelum libur musim panas tanggal 8 Agustus bisa dilakukan voting, tetapi apakah melakukan perundingan dengan Partai Oposisi akan semudah itu? Saya rasa hasilnya nanti akan tetap tidak menemukan solusi dan pelaksanaan voting akan tertunda, bahkan kemungkinan setelah libur musim panas masih banyak yang harus dibahas mengenai isi dari Clarity Act ini agar Partai Demokrat setuju.

Source: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-moving-again-senate-154621895.html

Sepertinya Pekan depan volatilitas crypto akan meningkat apabila berita persoalan clarity act ini ada kelanjutannya.
Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
August 01, 2026, 01:24:49 PM
 #24

Sepertinya akan dilakukan perundingan kembali antara Partai Republik dengan Partai Demokrat terkait Clarity Act dan harapannya sebelum libur musim panas tanggal 8 Agustus bisa dilakukan voting, tetapi apakah melakukan perundingan dengan Partai Oposisi akan semudah itu?

Bahkan Mentri keuangan AS sampai mengkritik Partai Demokrat. Partai Demokrat disenat dianggap memperlambat persetujuan Clarity Act dan ini is menjadi langkah politik yang berisiko mengikis kepemimpinan ekonomi AS serta mendorong industri kripto keluar dari yurisdiksi domestik wilayah AS. 1

Selain itu kabar terbari bahwa Rancangan terbaru Clarity Act mengalami perubahan yang sangat signifikan. ada setebal 616 halaman yang lebih banyak 70 halaman dari draft lama. Tambahan isi ini terkait dengan etika pejabat pemerintah, penegakan hukum, dan pencegahan pencucian uang. Clarity Act ini membagi Crypto dalam 3 yaitu Digital Comodities,  investment contract assets, dan permitted payment stablecoins. Ada tambahan mengenai mekanisme maturity certification, yaitu proses yang memungkinkan sebuah token berpindah dari status sekuritas menjadi komoditas digital. Ada juga ketentuan mengenai ETP grandfather clause.2

Sumber:
1. https://cryptowave.co.id/articles/tuding-hambat-clarity-act-menkeu-as-kritik-fraksi-demokrat
2. https://indodax.com/academy/perubahan-clarity-act-bitcoin-xrp/

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
August 07, 2026, 07:15:51 AM
 #25

Ada kabar bahwa voting Clarity Act dimundurkan sampai september. Alasannya adalah partai Demokrat di senat menolak untuk menyetujui di agustus ini. Alasan penolakannya masih sama terkait etika pejabat terhadap crypto. Partai republik membutuhkan 100 senat untuk tandatangan agar agenda ini masuk sebelum masa reses, tapi ternyata partai Demokrat masih saja terus keras terhada rancangan Clarity Act untuk disepakati dahulu. RUU ini membutuhkan 60 suara untuk lolos di Senat. CMIIW

Sumber: https://id.beincrypto.com/clarity-act-kertas-suara-voting-september-recess/

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
August 11, 2026, 02:33:07 PM
 #26

Ada kabar bahwa voting Clarity Act dimundurkan sampai september.

Setelah terus ditunda hingga saat ini reses, pihak pemerintahan Trump akan bekerja untuk pengesahan Clarity Act ini di bulan september. Dituliskan bahwa pemungutan suara akan dilangsungkan pada tanggal 15 september pukul 14.15 ET. Penasihat kripto Gedung Putih, Patrick Witt, mendesak Partai Demokrat untuk mendukung RUU kripto yang disusun ini. Alasan jelas dari Patrick Witt, Direktur Eksekutif di Dewan Penasihat Presiden untuk Aset Digital adalah Amerika akan semakin tertinggal dalam persaingan aset digital. Sedangkan dari SEC mereka siap untuk memajukan kerangka peraturan crypto hingga 14 Agustus nanti.

Sumber: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-trump-admin-fully-081452262.html

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
liuka
Hero Member
*****
Offline

Activity: 1890
Merit: 715



View Profile
August 11, 2026, 09:33:35 PM
 #27

Setelah terus ditunda hingga saat ini reses, pihak pemerintahan Trump akan bekerja untuk pengesahan Clarity Act ini di bulan september. Dituliskan bahwa pemungutan suara akan dilangsungkan pada tanggal 15 september pukul 14.15 ET. Penasihat kripto Gedung Putih, Patrick Witt, mendesak Partai Demokrat untuk mendukung RUU kripto yang disusun ini. Alasan jelas dari Patrick Witt, Direktur Eksekutif di Dewan Penasihat Presiden untuk Aset Digital adalah Amerika akan semakin tertinggal dalam persaingan aset digital. Sedangkan dari SEC mereka siap untuk memajukan kerangka peraturan crypto hingga 14 Agustus nanti.

Sumber: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-trump-admin-fully-081452262.html
Sebenarnya isu ini akan menjadi bullish bagi crypto di hari jumat ini, karena proposal atau peraturan kejelasan crypto yang akan di susun oleh Sec bisa menjadi angin segar akan pengesahan untuk UUD Clarity di bulan september.

Jika proposal ini mendapatkan pemungutan suara yang tinggi maka langkah kedepan akan sangat terbuka lebar untuk melihat adopsi.massal di USA. Di bawah pemerintahan trump kita bisa menyaksikan kalau dirinya sangat mendukung cypto dan secara perlahan lahan dia membawa sesuatu yang kita nantikan sejak dulu.

Sumber : https://www.cryptoinamerica.com/p/clarity-gets-a-september-lifeline
Chikito
Copper Member
Legendary
*
Offline

Activity: 3220
Merit: 2411


#kycfree ❎


View Profile WWW
August 14, 2026, 02:10:32 AM
 #28

Setelah terus ditunda hingga saat ini reses, pihak pemerintahan Trump akan bekerja untuk pengesahan Clarity Act ini di bulan september. Dituliskan bahwa pemungutan suara akan dilangsungkan pada tanggal 15 september pukul 14.15 ET. Penasihat kripto Gedung Putih, Patrick Witt, mendesak Partai Demokrat untuk mendukung RUU kripto yang disusun ini. Alasan jelas dari Patrick Witt, Direktur Eksekutif di Dewan Penasihat Presiden untuk Aset Digital adalah Amerika akan semakin tertinggal dalam persaingan aset digital. Sedangkan dari SEC mereka siap untuk memajukan kerangka peraturan crypto hingga 14 Agustus nanti. Sumber: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-trump-admin-fully-081452262.html
RUU dari pemerintah sudah pasti akan didukung oleh Partai Republik kan ya?. Saat ini Partai Republik diisi oleh 53 senator, sedangkan Demokrat diisi oleh 47 senator. Jadi, ya, tanpa Demokrat pun usulan Clarity Act ini dapat dipertimbangkan menjadi UU. Entah mengapa Patrick Witt menginginkan demokrat untuk mendukung, apa RUU ini harus full 100 kursi yang mendukung supaya terlaksana?. Clarity Act ini menjadi faktor penentu hukum secara transparan antara SEC dan CFTC sehingga dapat terbagi dengan jelas siapa mengawasi apa, dan mana produk securitas, dan komoditas yang artinya baik untuk crypto

Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
August 14, 2026, 06:34:20 AM
 #29

RUU dari pemerintah sudah pasti akan didukung oleh Partai Republik kan ya?. Saat ini Partai Republik diisi oleh 53 senator, sedangkan Demokrat diisi oleh 47 senator. Jadi, ya, tanpa Demokrat pun usulan Clarity Act ini dapat dipertimbangkan menjadi UU. Entah mengapa Patrick Witt menginginkan demokrat untuk mendukung, apa RUU ini harus full 100 kursi yang mendukung supaya terlaksana?.

Kalau saya tidak salah untuk mengesahkan UU tersebut membutuhkan 60 suara. Artinya nampaknya Partai Republik tetap membutuhkan setidaknya 13 suara dari partai Demokrat. Jika memang semua anggota senat demokrat mendukung rencana Clarity Act ini. Wlau memang secara analogi sederhannya harusnya semua anggota senat dari Demokrat harusnya setuju.

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
August 21, 2026, 01:53:07 PM
 #30

Setelah mandegnya clarity act di senator dan penundaan keputusan hingga 15 september SEC dikabarkan meluncurkan Proposal Crypto. Proposal usulan SEC ini diterbitkan pada 18 Agustus lalu.  Proposal ini berisi tentang kerangka regulasi baru untuk penggalangan dana aset kripto. Proposal ini mencakup permohonannilai pendaftaran, kewajiban pelaporan, serta klausul safe harbour bersyarat agar token tertentu tidak lagi terikat kontrak investasi. Masih ada ruang terbuka untuk publik untuk memberi komentar terhadap proposal tersebut, akan tetapi Proposal tersebut tanpa ada bantuan legislatif nampaknya akan sulit diterima.

Sumber:
1. https://www.fxstreet-id.com/cryptocurrencies/news/sec-mengusulkan-regulation-crypto-assets-untuk-memperjelas-aturan-penggalangan-dana-bagi-perusahaan-kripto-202608190247
2. https://news.bloomberglaw.com/securities-law/sec-crypto-proposal-to-draw-hurdles-without-legislative-backing

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
Chikito
Copper Member
Legendary
*
Offline

Activity: 3220
Merit: 2411


#kycfree ❎


View Profile WWW
September 02, 2026, 03:11:54 AM
 #31

Setelah mandegnya clarity act di senator dan penundaan keputusan hingga 15 september SEC dikabarkan meluncurkan Proposal Crypto. Proposal usulan SEC ini diterbitkan pada 18 Agustus lalu.  Proposal ini berisi tentang kerangka regulasi baru untuk penggalangan dana aset kripto. Proposal ini mencakup permohonannilai pendaftaran, kewajiban pelaporan, serta klausul safe harbour bersyarat agar token tertentu tidak lagi terikat kontrak investasi. Masih ada ruang terbuka untuk publik untuk memberi komentar terhadap proposal tersebut, akan tetapi Proposal tersebut tanpa ada bantuan legislatif nampaknya akan sulit diterima.

Sumber:
1. https://www.fxstreet-id.com/cryptocurrencies/news/sec-mengusulkan-regulation-crypto-assets-untuk-memperjelas-aturan-penggalangan-dana-bagi-perusahaan-kripto-202608190247
2. https://news.bloomberglaw.com/securities-law/sec-crypto-proposal-to-draw-hurdles-without-legislative-backing

Apa ini hal juga termasuk mengenai peraturan ini [1]. Peraturan ini diusulkan 21 agustus lalu mengenai "Regulasi SEC tentang Penawaran Kripto". di sana ada 3 aspek rule atau batasan yaitu 200,300 dan 400. Angka tesebut merupakan jumlah penawaran 5 juta, 75 juta, dst. Sampai post ini dibuat sih hanya beberapa komentar terkait yang diajukan, semisal masalah pelaporan dan data yang diajukan.

Tapi ya menurut saya sih, bagus, apa lagi ini menyangkut penawaran dari SEC itu sendiri, dimana crypto akan lebih difokuskan berkembang dalam aturan berlaku.

[1]. https://www.gate.com/id/news/detail/sec-crypto-offering-regime-opens-for-comment-until-20-october-23762089

Luzin (OP)
Legendary
*
Offline

Activity: 2296
Merit: 1025



View Profile
September 04, 2026, 07:44:42 AM
 #32


Apa ini hal juga termasuk mengenai peraturan ini [1]. Peraturan ini diusulkan 21 agustus lalu mengenai "Regulasi SEC tentang Penawaran Kripto". di sana ada 3 aspek rule atau batasan yaitu 200,300 dan 400. Angka tesebut merupakan jumlah penawaran 5 juta, 75 juta, dst.

Ya,nampaknya itu sama om.
https://www.sec.gov/files/rules/proposed/2026/33-11434.pdf
https://www.sec.gov/rules-regulations/2026/08/s7-2026-27
CMIIW

Kabar lainya adalah SEC sedang mencoba membuat struktur ETF lebih tersusun rapi. Dikabarkan mereka menerima lebih dari 200 pengajuan usulan ETF. Salah satu opsi adalah pengajuan dengan rahasia (confidential filing). Tujuannya adalah  melindungi inovasi yang dikembangkan penerbit ETF sekaligus mencegah praktik peniruan (copycat filings) oleh perusahaan lain sebelum produk resmi diumumkan ke publik.


Sumber: https://cryptowave.co.id/articles/sec-pertimbangkan-terapkan-pengajuan-rahasia-untuk-lindungi-inovasi-etf

 
 POWER.WIN 












 
























 
 PLAY NOW 
Pages: « 1 [2]  All
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!