|
|
Luzin (OP)
Legendary

Activity: 2296
Merit: 1025
|
 |
July 27, 2026, 02:32:19 PM |
|
Belum jelas mengenai perkembangan clarity act saat ini saya baru saja membaca tentang Genius act. Mungkin ini sedikit mengerucut karena kalau Clarity Act itu masuk dalam golongan lebih luas semua unsur crypto sedangkan Genius Act digunakan khusus mengatur stable coin. Kabar ini adalah deadline habis pembaruan aturan stablecoin yang telah diberi waktu satu tahun. Regulator AS gagal memenuhi waktu yang telah ditetapkan. Mereka gagal mengeluarkan peraturan final baru yang ditargetkan selama satu tahun. the principal rule packages issued by the Office of the Comptroller of the Currency (OCC), Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), National Credit Union Administration (NCUA) and Treasury Department remained proposals. Isi genius Act ini adalah mengenai cadangan, penebusan, pengungkapan, perizinan, dan pengawasan untuk penerbit stablecoin pembayaran. Sumber: 1. https://www.theblock.co/post/408843/us-regulators-miss-genius-acts-one-year-deadline-for-final-stablecoin-rules
|
|
|
|
|
LastKiss
|
 |
July 31, 2026, 07:19:27 AM |
|
Belum jelas mengenai perkembangan clarity act saat ini saya baru saja membaca tentang Genius act. Mungkin ini sedikit mengerucut karena kalau Clarity Act itu masuk dalam golongan lebih luas semua unsur crypto sedangkan Genius Act digunakan khusus mengatur stable coin. Kabar ini adalah deadline habis pembaruan aturan stablecoin yang telah diberi waktu satu tahun. Regulator AS gagal memenuhi waktu yang telah ditetapkan. Mereka gagal mengeluarkan peraturan final baru yang ditargetkan selama satu tahun. ~snip~
Sepertinya akan dilakukan perundingan kembali antara Partai Republik dengan Partai Demokrat terkait Clarity Act dan harapannya sebelum libur musim panas tanggal 8 Agustus bisa dilakukan voting, tetapi apakah melakukan perundingan dengan Partai Oposisi akan semudah itu? Saya rasa hasilnya nanti akan tetap tidak menemukan solusi dan pelaksanaan voting akan tertunda, bahkan kemungkinan setelah libur musim panas masih banyak yang harus dibahas mengenai isi dari Clarity Act ini agar Partai Demokrat setuju. Source: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-moving-again-senate-154621895.htmlSepertinya Pekan depan volatilitas crypto akan meningkat apabila berita persoalan clarity act ini ada kelanjutannya.
|
|
|
|
|
Luzin (OP)
Legendary

Activity: 2296
Merit: 1025
|
 |
August 01, 2026, 01:24:49 PM |
|
Sepertinya akan dilakukan perundingan kembali antara Partai Republik dengan Partai Demokrat terkait Clarity Act dan harapannya sebelum libur musim panas tanggal 8 Agustus bisa dilakukan voting, tetapi apakah melakukan perundingan dengan Partai Oposisi akan semudah itu?
Bahkan Mentri keuangan AS sampai mengkritik Partai Demokrat. Partai Demokrat disenat dianggap memperlambat persetujuan Clarity Act dan ini is menjadi langkah politik yang berisiko mengikis kepemimpinan ekonomi AS serta mendorong industri kripto keluar dari yurisdiksi domestik wilayah AS. 1Selain itu kabar terbari bahwa Rancangan terbaru Clarity Act mengalami perubahan yang sangat signifikan. ada setebal 616 halaman yang lebih banyak 70 halaman dari draft lama. Tambahan isi ini terkait dengan etika pejabat pemerintah, penegakan hukum, dan pencegahan pencucian uang. Clarity Act ini membagi Crypto dalam 3 yaitu Digital Comodities, investment contract assets, dan permitted payment stablecoins. Ada tambahan mengenai mekanisme maturity certification, yaitu proses yang memungkinkan sebuah token berpindah dari status sekuritas menjadi komoditas digital. Ada juga ketentuan mengenai ETP grandfather clause. 2Sumber: 1. https://cryptowave.co.id/articles/tuding-hambat-clarity-act-menkeu-as-kritik-fraksi-demokrat2. https://indodax.com/academy/perubahan-clarity-act-bitcoin-xrp/
|
|
|
|
Luzin (OP)
Legendary

Activity: 2296
Merit: 1025
|
 |
August 07, 2026, 07:15:51 AM |
|
Ada kabar bahwa voting Clarity Act dimundurkan sampai september. Alasannya adalah partai Demokrat di senat menolak untuk menyetujui di agustus ini. Alasan penolakannya masih sama terkait etika pejabat terhadap crypto. Partai republik membutuhkan 100 senat untuk tandatangan agar agenda ini masuk sebelum masa reses, tapi ternyata partai Demokrat masih saja terus keras terhada rancangan Clarity Act untuk disepakati dahulu. RUU ini membutuhkan 60 suara untuk lolos di Senat. CMIIW Sumber: https://id.beincrypto.com/clarity-act-kertas-suara-voting-september-recess/
|
|
|
|
Luzin (OP)
Legendary

Activity: 2296
Merit: 1025
|
 |
August 11, 2026, 02:33:07 PM |
|
Ada kabar bahwa voting Clarity Act dimundurkan sampai september.
Setelah terus ditunda hingga saat ini reses, pihak pemerintahan Trump akan bekerja untuk pengesahan Clarity Act ini di bulan september. Dituliskan bahwa pemungutan suara akan dilangsungkan pada tanggal 15 september pukul 14.15 ET. Penasihat kripto Gedung Putih, Patrick Witt, mendesak Partai Demokrat untuk mendukung RUU kripto yang disusun ini. Alasan jelas dari Patrick Witt, Direktur Eksekutif di Dewan Penasihat Presiden untuk Aset Digital adalah Amerika akan semakin tertinggal dalam persaingan aset digital. Sedangkan dari SEC mereka siap untuk memajukan kerangka peraturan crypto hingga 14 Agustus nanti. Sumber: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-trump-admin-fully-081452262.html
|
|
|
|
|
liuka
|
 |
August 11, 2026, 09:33:35 PM |
|
Setelah terus ditunda hingga saat ini reses, pihak pemerintahan Trump akan bekerja untuk pengesahan Clarity Act ini di bulan september. Dituliskan bahwa pemungutan suara akan dilangsungkan pada tanggal 15 september pukul 14.15 ET. Penasihat kripto Gedung Putih, Patrick Witt, mendesak Partai Demokrat untuk mendukung RUU kripto yang disusun ini. Alasan jelas dari Patrick Witt, Direktur Eksekutif di Dewan Penasihat Presiden untuk Aset Digital adalah Amerika akan semakin tertinggal dalam persaingan aset digital. Sedangkan dari SEC mereka siap untuk memajukan kerangka peraturan crypto hingga 14 Agustus nanti. Sumber: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-trump-admin-fully-081452262.htmlSebenarnya isu ini akan menjadi bullish bagi crypto di hari jumat ini, karena proposal atau peraturan kejelasan crypto yang akan di susun oleh Sec bisa menjadi angin segar akan pengesahan untuk UUD Clarity di bulan september. Jika proposal ini mendapatkan pemungutan suara yang tinggi maka langkah kedepan akan sangat terbuka lebar untuk melihat adopsi.massal di USA. Di bawah pemerintahan trump kita bisa menyaksikan kalau dirinya sangat mendukung cypto dan secara perlahan lahan dia membawa sesuatu yang kita nantikan sejak dulu. Sumber : https://www.cryptoinamerica.com/p/clarity-gets-a-september-lifeline
|
|
|
|
|
Chikito
Copper Member
Legendary

Activity: 3220
Merit: 2411
#kycfree ❎
|
 |
August 14, 2026, 02:10:32 AM |
|
Setelah terus ditunda hingga saat ini reses, pihak pemerintahan Trump akan bekerja untuk pengesahan Clarity Act ini di bulan september. Dituliskan bahwa pemungutan suara akan dilangsungkan pada tanggal 15 september pukul 14.15 ET. Penasihat kripto Gedung Putih, Patrick Witt, mendesak Partai Demokrat untuk mendukung RUU kripto yang disusun ini. Alasan jelas dari Patrick Witt, Direktur Eksekutif di Dewan Penasihat Presiden untuk Aset Digital adalah Amerika akan semakin tertinggal dalam persaingan aset digital. Sedangkan dari SEC mereka siap untuk memajukan kerangka peraturan crypto hingga 14 Agustus nanti. Sumber: https://finance.yahoo.com/markets/crypto/articles/clarity-act-trump-admin-fully-081452262.html RUU dari pemerintah sudah pasti akan didukung oleh Partai Republik kan ya?. Saat ini Partai Republik diisi oleh 53 senator, sedangkan Demokrat diisi oleh 47 senator. Jadi, ya, tanpa Demokrat pun usulan Clarity Act ini dapat dipertimbangkan menjadi UU. Entah mengapa Patrick Witt menginginkan demokrat untuk mendukung, apa RUU ini harus full 100 kursi yang mendukung supaya terlaksana?. Clarity Act ini menjadi faktor penentu hukum secara transparan antara SEC dan CFTC sehingga dapat terbagi dengan jelas siapa mengawasi apa, dan mana produk securitas, dan komoditas yang artinya baik untuk crypto
|
|
|
|
Luzin (OP)
Legendary

Activity: 2296
Merit: 1025
|
 |
August 14, 2026, 06:34:20 AM |
|
RUU dari pemerintah sudah pasti akan didukung oleh Partai Republik kan ya?. Saat ini Partai Republik diisi oleh 53 senator, sedangkan Demokrat diisi oleh 47 senator. Jadi, ya, tanpa Demokrat pun usulan Clarity Act ini dapat dipertimbangkan menjadi UU. Entah mengapa Patrick Witt menginginkan demokrat untuk mendukung, apa RUU ini harus full 100 kursi yang mendukung supaya terlaksana?.
Kalau saya tidak salah untuk mengesahkan UU tersebut membutuhkan 60 suara. Artinya nampaknya Partai Republik tetap membutuhkan setidaknya 13 suara dari partai Demokrat. Jika memang semua anggota senat demokrat mendukung rencana Clarity Act ini. Wlau memang secara analogi sederhannya harusnya semua anggota senat dari Demokrat harusnya setuju.
|
|
|
|
|
|
Chikito
Copper Member
Legendary

Activity: 3220
Merit: 2411
#kycfree ❎
|
 |
September 02, 2026, 03:11:54 AM |
|
Apa ini hal juga termasuk mengenai peraturan ini [1]. Peraturan ini diusulkan 21 agustus lalu mengenai "Regulasi SEC tentang Penawaran Kripto". di sana ada 3 aspek rule atau batasan yaitu 200,300 dan 400. Angka tesebut merupakan jumlah penawaran 5 juta, 75 juta, dst. Sampai post ini dibuat sih hanya beberapa komentar terkait yang diajukan, semisal masalah pelaporan dan data yang diajukan. Tapi ya menurut saya sih, bagus, apa lagi ini menyangkut penawaran dari SEC itu sendiri, dimana crypto akan lebih difokuskan berkembang dalam aturan berlaku. [1]. https://www.gate.com/id/news/detail/sec-crypto-offering-regime-opens-for-comment-until-20-october-23762089
|
|
|
|
|
|
|