Bitcoin Forum
August 17, 2019, 09:58:42 PM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.18.0 [Torrent] (New!)
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: [1] 2 3 »  All
  Print  
Author Topic: Strategi Mining  (Read 581 times)
Dermelon
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 436
Merit: 366



View Profile
July 04, 2018, 03:34:46 PM
Last edit: July 04, 2018, 03:54:18 PM by Dermelon
Merited by dbshck (5), joniboini (3), abhiseshakana (1), sebas7ian (1)
 #1

Pertanyaan paling sering yang ditanyakan adalah
Quote
"Berapa pendapatan mining dengan modal xxx?"
"Kapan bisa balik modalnya dengan modal xxx?"
dan masih banyak lagi pertanyaan model ini yang sering muncul.

Sejak juli 2017 mulai banyak bermunculan miner dadakan. Kebanyakan miner baru, tanpa pengetahuan yang cukup tentang dunia krypto atau tentang perangkat komputer langsung terjun ke dunia mining karena tergiur mendapatkan untung besar. Padahal melakukan sesuatu tanpa "ilmu"nya cenderung akan gagal, bukannya untung malah buntung.

Selain pengetahuan tentang perangkat komputer dan instalasi program, masih banyak sekali faktor yang mempengaruhi besaran pendapatan mining. Salah satunya adalah Strategi Mining yaitu Persiapan perangkat, kegiatan mining dan apa yang akan dilakukan terhadap koin hasil mining.

Contoh strategi mining:
Code:
1. Mining koin dengan keuntungan tertinggi (perolehan terbanyak sesuai whattomine.com). Setiap hari seluruh koin hasil mining dijual ke rupiah (semua koin dijual harian).
2. Mining koin dengan keuntungan tertinggi dan dijual harian. lalu disimpan dalam bentuk bitcoin.
3. Mining koin dengan keuntungan tertinggi. Setiap hari koin hasil mining dijual ke bitcoin lalu dibelikan koin lain yang murah dan potensial untuk disimpan.
4. Mining koin dengan diff rendah, koin hasil mining disimpan untuk jangka panjang (hodl)
5. Mining satu koin saja yang potensial terus menerus. Koin hasil mining disimpan jangka panjang (tidak perduli dengan fluktuasi harga atau diff).

Setiap cara di atas ada kelebihannya masing-masing, sesuaikan dengan selera anda. Dalam dunia trading (perdagangan) hal yang harus dihindari adalah Beli waktu harga mahal dan dijual ketika harga rendah.

Ada 3 tahapan penting yang menentukan besar keuntungan yang akan didapat, yaitu:
1. Persiapan perangkat.
   - Pemilihan Spek dan konfigurasi perangkat
   - Pemilihan software mining
   - Pemilihan OS
   - Pemilihan toko tempat membeli perangkat (masalah garansi)
   - Persiapan infrastruktur (ruangan, internet, Router, listrik dll)
   - Persiapan tools RIG manajemen
   - Kemampuan OC & Mod
   - Kemampuan membuat private pool (jika punya banyak RIG)
   - Belajar istilah-istilah mining sperti hashrate
   - Pemilihan Wallet [GUIDE] Serba-serbi WALLET
  
Yang harus diperhatikan dalam Pemilihan perangkat selain spek adalah harga beli. Sejak tahun 2017 harga perangkat naik turunnya lumayan besar. Banyak yang membeli perangkat ketika harga mahal. tentunya membuat ROI akan semakin lama. Sebagai contoh Juli 2017 harga Nvidia Gtx1060 3GB bisa mencapai Rp. 3,5 jt bahkan lebih.  dan di November 2017 harga kembali turun ke Rp. 3 jt. Harga AMD kenaikannya malah lebih tinggi lagi. Sementara harga koin di Juli-Oktober merosot tajam. Sejak Juli 2017 mining dg VGA sulit untuk profit bagi alat baru
Bagi yang membeli VGA Nvidia di November 2017 dan mining selama 2-3 bulan hingga Januari 2018, untuk beberapa koin dengan algo equihash misalnya HUSH bisa langsung ROI, bahkan beberapa koin lain pendapatannya bisa 2-3x lipat atau lebih dari modal.


2. Kegiatan Mining
   - Pemilihan koin (Jenis koin, algoritma, profitabiliti, potensi scam atau tidaknya). Koin berjumlah ribuan dan tidak semua bisa dimining dengan VGA.
   - Pemilihan pool
     Yang menjadi pertimbangan adalah payment system (prop,pplns), lokasi server, pool operator, dll
   - Strategi mining
   - Ikuti berita jika terjadi fork, update software miner atau wallet atau perubahan lainnya
  
  
3. Pengelolaan koin hasil mining.
   - Menentukan saat terbaik menjual koin
   - Jika ingin menjadi hodl (menyimpan koin dalam waktu lama), tentukan koin paling potensial yang disimpan untuk jangka panjang.
   - Pemilihan Exchange.

 
Quote
Semua faktor di atas bisa mempengaruhi besar kecilnya pendapatan mining. Jadi bagaimanakah cara mudah untuk menjawab pertanyaan "Berapa besar pendapatan mining dengan modal xxx?"

Silahkan kalau ada yang ingin menambahkan, karena forum ini adalah forum untuk diskusi.[/font]
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1566079122
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1566079122

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1566079122
Reply with quote  #2

1566079122
Report to moderator
1566079122
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1566079122

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1566079122
Reply with quote  #2

1566079122
Report to moderator
Dermelon
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 436
Merit: 366



View Profile
July 04, 2018, 03:35:05 PM
 #2

Tahukah anda, kemampuan mining adalah kemampuan teknis. Tetapi kemampuan untuk mendapatkan profit yang maksimal adalah Seni. Smiley

Quote
seni3/se·ni/ n 1 kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); 2 orang yang berkesanggupan luar biasa; genius
https://kbbi.web.id/seni-3

Quote
Main definitions of art in English
4A skill at doing a specified thing, typically one acquired through practice.
https://en.oxforddictionaries.com/definition/art

Jadi ketika anda sampai memiliki keahlian untuk membuat sesuatu bernilai tinggi (luar biasa) disebut dengan Seni.

Code:
Seni Musik - keahlian luar biasa bermain Musik
Seni Merayu Wanita - keahlian luar biasa Merayu Wanita
Seni Beladiri - keahlian luar biasa Beladiri
Seni Mengemudi - keahlian luar biasa Mengemudi
Seni Trading & Mining - keahlian luar biasa Mencetak Profit  :D


Sumber
Dermelon
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 436
Merit: 366



View Profile
July 04, 2018, 03:35:30 PM
 #3

reserved bagian 2
accounting 181293
Member
**
Offline Offline

Activity: 560
Merit: 11

StableDex | Decentralized, Secure & Cost Effective


View Profile
July 07, 2018, 12:42:05 AM
 #4

Saya ada rencana gabung dengan teman saya untuk joint mining altcoin, tapi memang iya banyak alat-alat yang harus disiapkan dan daya listrik yang harus di baikan semoga bisa balik modal nya cepat

Fadliai
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 238
Merit: 0


View Profile
July 07, 2018, 03:52:26 AM
 #5

Saya ada rencana gabung dengan teman saya untuk joint mining altcoin, tapi memang iya banyak alat-alat yang harus disiapkan dan daya listrik yang harus di baikan semoga bisa balik modal nya cepat

Kira-kira berapa modal yang akan anda keluarkan?kalau mining cukup pakai AC saja kan untuk pendinginnya?
cissrawk
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 924
Merit: 377


Video Creation Services https://goo.gl/QN55ZH


View Profile WWW
July 08, 2018, 12:28:26 AM
 #6

Kira-kira berapa modal yang akan anda keluarkan?kalau mining cukup pakai AC saja kan untuk pendinginnya?
Kalo modal relatif aja, di thread lain ada contoh modal yg kisaran 26 juta atau lebih, cek aja. Kalo pendingin lebih baik pake kipas yang kenceng atau blower. Biar sirkulasi udaranya juga lancar.

Need Video Promotion For Your Project? I Can Make it! Click Here! || I also have a friend who can make 3D video stuff, so i probably accept 3D depend on the difficulty.
I can also edit your video for your youtube channel, in case you need ghost editor. | Gambling : Stake
Contact : For Now PM On Forum Only | Tip: BTC16CYsf1yonoVAN3jLAJguREmoJfCy5twi4 |
ahyadinnn
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 1078
Merit: 501



View Profile
July 08, 2018, 01:17:47 AM
 #7

Kira-kira berapa modal yang akan anda keluarkan?kalau mining cukup pakai AC saja kan untuk pendinginnya?
Kalo modal relatif aja, di thread lain ada contoh modal yg kisaran 26 juta atau lebih, cek aja. Kalo pendingin lebih baik pake kipas yang kenceng atau blower. Biar sirkulasi udaranya juga lancar.
iya gan klo mau hemat lgi beli semacem vga atau mining rig banyak tutorialnya di forum ini skrang sih rata2 pada mining ETH yg masih di katakan mudah dengan harganya yg cukup lumayan

lukeburchill
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 17


View Profile
July 08, 2018, 08:22:31 AM
Merited by abhiseshakana (1)
 #8

iya gan klo mau hemat lgi beli semacem vga atau mining rig banyak tutorialnya di forum ini skrang sih rata2 pada mining ETH yg masih di katakan mudah dengan harganya yg cukup lumayan
Mining altcoins tergantung type/series VGA tidak bisa dikatakan "rata2" Mining di ETH dan tidak bisa disebut "Mudah/sulit" karena dalam mining itu hanya mengenal Network Hashrate, Network Difficulty, dan Algorithm. ketiga paramater tersebut yang jadi pertimbangan para miners untuk menambang di algoritma mana/ coin mana serta harga altcoin terhadap BTC.
I-LOVE-YOU
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 93
Merit: 0


View Profile
July 08, 2018, 10:00:27 PM
 #9

Kira-kira berapa modal yang akan anda keluarkan?kalau mining cukup pakai AC saja kan untuk pendinginnya?
Kalo modal relatif aja, di thread lain ada contoh modal yg kisaran 26 juta atau lebih, cek aja. Kalo pendingin lebih baik pake kipas yang kenceng atau blower. Biar sirkulasi udaranya juga lancar.
iya gan klo mau hemat lgi beli semacem vga atau mining rig banyak tutorialnya di forum ini skrang sih rata2 pada mining ETH yg masih di katakan mudah dengan harganya yg cukup lumayan
akan lebih menguntungkan bila mana mining coin yang harganya relatif mash kecil biasanya para miner mengumpulkan dan menjualnya nnti saat harga sudah mulai tinggi .
Kriss.Kross
Member
**
Offline Offline

Activity: 103
Merit: 35


View Profile
July 12, 2018, 09:19:35 PM
 #10

Harus nya pinter-pinter dalam membaca keseluruhan pergerakan yang terjadi sampai dengan saat ini yang menyebabkan harga pasar soal proyek mining tersebut

Ane rasa yg ente bahas disini bukan strategi mining bang ... pls tolong deh jgn hanya kejar postingan, tp isi postnya asal-asalan.
Misal yang ente jelaskan dirubah dengan "membaca dan menunggu pergerakan difficulty koin menuju nilai yg lebih rendah dan melakukan eksekusi jual (koin hasil mining) disaat harganya up"  ane kira pendapat yg ente buat masih bisa diterima secara logika.

#Menunggu saat yang tepat untuk mining kembali
manusiabawang
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 140
Merit: 0


View Profile
July 13, 2018, 10:18:01 AM
 #11

memang benar gan kalo mining tanpa memiliki pengetahuan luas tentang cryptocurrency sama saya membuang uang, iya memang ada yang bilang kalau mining dengan modal yang besar untuk membeli alat alat yang diperlukan untuk mining akan mendapatkan penghasilan yang besar dan akan balik modal, tapi menurut saya sebagus apapun alat mining yang  dipakai kalau tidak ada skill dan pengetahuan tidak akan mendapatkan apa apa nantinya  Sad
lukeburchill
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 17


View Profile
July 14, 2018, 07:13:47 AM
 #12

Harus nya pinter-pinter dalam membaca keseluruhan pergerakan yang terjadi sampai dengan saat ini yang menyebabkan harga pasar soal proyek mining tersebut
keseluruhan pergerakan?
apa yang dimaksud dengan hal tersebut? coba lebih specific, apakah pergerakan hashrate, harga coin, harga hardware, harga convert to BTC atau apa?.

Benar-benar harus bisa memahami perkembangan situasi terkini dimana yang sangat signifikan bermain dengan harga tukar pada saat itu
Apanya yang Signifikan bermain? dan dengan harga tukar apa?
Kokkereng
Member
**
Offline Offline

Activity: 195
Merit: 14


View Profile
July 15, 2018, 09:53:18 AM
 #13

Benar-benar harus bisa memahami perkembangan situasi terkini dimana yang sangat signifikan bermain dengan harga tukar pada saat itu
kalau asal memilih coin dan tidak mempertimbangkan resikonya dalam mining hanya akan membuat rugi saja gan ,
jadi memang harus mengikuti perkembangan  dari alat sampai coin yg kita tambang agar resiko ruginya berkurang
bytuul
Member
**
Offline Offline

Activity: 252
Merit: 11


View Profile
July 15, 2018, 09:24:03 PM
 #14

Benar-benar harus bisa memahami perkembangan situasi terkini dimana yang sangat signifikan bermain dengan harga tukar pada saat itu
kalau asal memilih coin dan tidak mempertimbangkan resikonya dalam mining hanya akan membuat rugi saja gan ,
jadi memang harus mengikuti perkembangan  dari alat sampai coin yg kita tambang agar resiko ruginya berkurang
coin skrng yg masih profit buat dimining kira-kira coin apa yah? kebanyakan skrng coin masih kurang bagus ditambang
turun profit bgtu tinggi dan masalah lain yaitu listrik semakin mahal .

  ▬▬[  IDAP.IO  ]▬▬[International Digital Asset Platform ]▬   
▌ Introducing Derivatives Product Ecosystem to Crypto Asset Market ▐
▬▬  PRE - SALE STARTS 25th JUNE▬▬ | Twitter  | Telegram  | ANN  | Medium  | LinkedIn   | Facebook| ▬▬
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 504
Merit: 1318


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
July 15, 2018, 10:16:20 PM
Merited by joniboini (1)
 #15

coin skrng yg masih profit buat dimining kira-kira coin apa yah? kebanyakan skrng coin masih kurang bagus ditambang
turun profit bgtu tinggi

Sebenarnya cara terbaik untuk mencari koin dengan profit maksimal, harus berdasarkan pengalaman dan eksperimen sendiri. Karena masing-masing miner pasti punya cara penerapan dan strategi mining yang berbeda-beda. Dan saya rasa beberapa tips yg ditulis oleh OP diatas layak untuk diterapkan, tetapi untuk penerapannya harus agan lakukan sendiri.

Kalau tujuannya hanya sebatas cari bahan referensi, saya rasa menggunakan Crypto Calculator sudah bisa membantu. Jadi tinggal masukan data yang diperlukan, lalu eksekusi koin mana saja yang sekiranya berpotensi memberikan profit maksimal.

Jika dirasa bahan pembandingnya masih kurang, ambil beberapa data (24H est profit, TTF, Pool Hash, etc) dari pool-pool besar, setelah itu tinggal dikalkulasikan sendiri.

Dan kalau masih belum ketemu, saya rasa agan memang enggan untuk mencarinya  Grin


Quote
.... dan masalah lain yaitu listrik semakin mahal .

Bukannya dari awal 2017 sampai sekarang tarif dasar listrik masih sama (Rp 1467.28 untuk R1, R2, R3, B2)

saya123
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 308
Merit: 100



View Profile
July 17, 2018, 03:32:09 PM
 #16

Benar-benar harus bisa memahami perkembangan situasi terkini dimana yang sangat signifikan bermain dengan harga tukar pada saat itu
kalau asal memilih coin dan tidak mempertimbangkan resikonya dalam mining hanya akan membuat rugi saja gan ,
jadi memang harus mengikuti perkembangan  dari alat sampai coin yg kita tambang agar resiko ruginya berkurang
coin skrng yg masih profit buat dimining kira-kira coin apa yah? kebanyakan skrng coin masih kurang bagus ditambang
turun profit bgtu tinggi dan masalah lain yaitu listrik semakin mahal .
agan mining monero atau eth saja gan masih profit kok buat ditambang , walaupun ga segede dulusih hasilnya.
daripada mining dianggurin sayang gan modalnya gede buat bangun sebuah mining rig loh

diki009
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 20
Merit: 0


View Profile
July 22, 2018, 04:58:03 PM
 #17

Maaf ni bang kalau mining bukanya butuh biaya banyak, mulai dari alat cpu komputer belum pendingin. Apalagi beli hasrate sekarang harganya juga lumayan. Mau nanyak aja apa modal resiko dan keutungan yang kita dapat, sesuai bang?
NaramediaID
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 195
Merit: 100

Coffee Lover


View Profile
July 23, 2018, 02:21:13 PM
 #18

Maaf ni bang kalau mining bukanya butuh biaya banyak, mulai dari alat cpu komputer belum pendingin. Apalagi beli hasrate sekarang harganya juga lumayan. Mau nanyak aja apa modal resiko dan keutungan yang kita dapat, sesuai bang?

Kalau gak sesuai, mana ada yang mau mining bang.
tapi semua kembali ke hitung2an kita saya rasa, harus jago kalkulasi. jangan asal2 masuk.
bukti_cinta90
Member
**
Offline Offline

Activity: 326
Merit: 10


View Profile
July 25, 2018, 08:24:59 AM
 #19

Maaf ni bang kalau mining bukanya butuh biaya banyak, mulai dari alat cpu komputer belum pendingin. Apalagi beli hasrate sekarang harganya juga lumayan. Mau nanyak aja apa modal resiko dan keutungan yang kita dapat, sesuai bang?

Kalau gak sesuai, mana ada yang mau mining bang.
tapi semua kembali ke hitung2an kita saya rasa, harus jago kalkulasi. jangan asal2 masuk.

mang bener sekali kalou tidak ada keuntungan mana mungkin ada yang mau bermining kan.
setiap hasil yang kita dapatkan memang slalu ada untung dan rugi nya.
maka itu tidak mustahil lagi dalam kehidupan dunia crypoto.
bermining sama juga seperti kita ber trading,terkadang ada untung dan terkadang ada rugi,yang pasti tidak ada kerugian selamanya.
semua kembali pada keyakinan kita masing-masing jika memang kita mau sukses tentu semua itu sudah lebih awal kita pertimbangkan.

△ M!R△CLE TELE   ▌  BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY  ▐   JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
saya123
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 308
Merit: 100



View Profile
July 25, 2018, 09:05:16 AM
 #20

Maaf ni bang kalau mining bukanya butuh biaya banyak, mulai dari alat cpu komputer belum pendingin. Apalagi beli hasrate sekarang harganya juga lumayan. Mau nanyak aja apa modal resiko dan keutungan yang kita dapat, sesuai bang?

Kalau gak sesuai, mana ada yang mau mining bang.
tapi semua kembali ke hitung2an kita saya rasa, harus jago kalkulasi. jangan asal2 masuk.
bener harus diperhatikan untuk a-z kalau mau bener2 profit terutama coin yg ditambang dan juga pemilihan hardware yg nantinya digunakan.
kedua itu sangat penting untuk mendulang profit dalam mining ,tp disesuaikan jg dengan budget yg kita miliki

Pages: [1] 2 3 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!