Bitcoin Forum
September 16, 2019, 01:27:02 PM *
News: If you like a topic and you see an orange "bump" link, click it. More info.
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 [2] 3 4 5 »  All
  Print  
Author Topic: [GUIDE] Belajar Mining (newbie)  (Read 2228 times)
This is a self-moderated topic. If you do not want to be moderated by the person who started this topic, create a new topic. (1 post by 1 user deleted.)
sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
July 27, 2018, 04:41:39 AM
 #21

thank gan buat infonya, td sempet bingung ngerubah setingan dibiosnya karna gw pake msi b250m mortar dan ternyata tinggal ngerubah integrat grapics ke IGD. Untungnya game dota2 bisa pake vga bawaan moterboard meski harus nurunin setingan grafik di gamenya sendiri, tp yg penting mining dan dota2 bisa jalan bareng.
malah sekarang jadi kpengen beli vga lagi, karna slot vga di moterboard gw msh ada yg bisa dipake.
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1568640422
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568640422

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568640422
Reply with quote  #2

1568640422
Report to moderator
1568640422
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568640422

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568640422
Reply with quote  #2

1568640422
Report to moderator
1568640422
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568640422

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568640422
Reply with quote  #2

1568640422
Report to moderator
Vicks-Berg
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22


View Profile
July 27, 2018, 01:37:15 PM
 #22

thank gan buat infonya, td sempet bingung ngerubah setingan dibiosnya karna gw pake msi b250m mortar dan ternyata tinggal ngerubah integrat grapics ke IGD. Untungnya game dota2 bisa pake vga bawaan moterboard meski harus nurunin setingan grafik di gamenya sendiri, tp yg penting mining dan dota2 bisa jalan bareng.
malah sekarang jadi kpengen beli vga lagi, karna slot vga di moterboard gw msh ada yg bisa dipake.

Klo modalnya unlimited langsung ambil Gtx1080Ti atau RxVega 64 saja kak, biar semakin mantab belajar miningnya Cheesy

Atau menunggu kepastian Nvidia ngeluarin 1170 dan 1180 series.
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1333


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
July 27, 2018, 03:07:19 PM
 #23

malah sekarang jadi kpengen beli vga lagi, karna slot vga di moterboard gw msh ada yg bisa dipake.

Saran saya, mending perdalam dulu ilmu miningnya dengan target mining koin berbeda dan menggunakan program mining yang berbeda pula. Nanti jika sudah familiar dengan kegiatan mining, barulah Om bikin satu atau beberapa Mining rig, dan pastinya disesuaikan dengan budgetnya  Grin

Ato setidaknya untuk sekarang kumpulin dulu informasi mengenai bahan-bahan dan harga dari kebutuhan mining rig. Jadi saat nanti akan membuat sebuah mining rig, Om sudah tau patokannya.

sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
July 28, 2018, 02:01:39 AM
 #24

lumayan hasil belajar mining sehari bisa dapat 0.00079 ETH dgn total speed yg ditunjukkan oleh software 12.3mh/s
gan total speed ini hashrate ya? apakah msh bisa speedna ditambah?
Vicks-Berg
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22


View Profile
July 28, 2018, 12:05:49 PM
 #25

lumayan hasil belajar mining sehari bisa dapat 0.00079 ETH dgn total speed yg ditunjukkan oleh software 12.3mh/s
gan total speed ini hashrate ya? apakah msh bisa speedna ditambah?
Gtx1050ti punya kk memory apa ? kalok hynix memoryclock diset max +250 dan jika memorynya bukan hynix memoryclock bisa diset +750 s/d +950, diatur-atur aja mana yg bisa memberikan hashrate stabil.

Untuk mengatur memoryclock bisa pake msiafterburner atau software sejenisnya
BitcoinCazh
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 100



View Profile
July 29, 2018, 03:49:35 AM
 #26

lumayan hasil belajar mining sehari bisa dapat 0.00079 ETH dgn total speed yg ditunjukkan oleh software 12.3mh/s
gan total speed ini hashrate ya? apakah msh bisa speedna ditambah?
ini pembelajaran gan menggunakan CPU untuk mining jangan di contoh di rumah mining dengan cpu juga yang ada tekor karna biaya listrik, dan kalau mau menambah speednya ente bisa oc hardwarenya (harus support)
sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
July 29, 2018, 02:16:29 PM
 #27

lumayan hasil belajar mining sehari bisa dapat 0.00079 ETH dgn total speed yg ditunjukkan oleh software 12.3mh/s
gan total speed ini hashrate ya? apakah msh bisa speedna ditambah?
Gtx1050ti punya kk memory apa ? kalok hynix memoryclock diset max +250 dan jika memorynya bukan hynix memoryclock bisa diset +750 s/d +950, diatur-atur aja mana yg bisa memberikan hashrate stabil.

Untuk mengatur memoryclock bisa pake msiafterburner atau software sejenisnya
Apakah utk ngecek memory vga sprti cara yg ditulis didepan dgn sofware hwinfo? soalnya gw cek pake hw info ada tulisan kek gini  Video Memory: 4096 MBytes of GDDR5 SDRAM [Micron]. dan yg dirubah apa cuman memory clocknya saja, klo core clocknya dibiarkan ato dirubah skalian?

sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
July 29, 2018, 02:24:16 PM
 #28

lumayan hasil belajar mining sehari bisa dapat 0.00079 ETH dgn total speed yg ditunjukkan oleh software 12.3mh/s
gan total speed ini hashrate ya? apakah msh bisa speedna ditambah?
ini pembelajaran gan menggunakan CPU untuk mining jangan di contoh di rumah mining dengan cpu juga yang ada tekor karna biaya listrik, dan kalau mau menambah speednya ente bisa oc hardwarenya (harus support)
gw kaga belajar mining pake cpu gan, tp pake gtx1050ti. Dan yg dimaksud dgn oc hardware harus support itu kyk bgaimana ya, apakah ada vga yg memang tidak boleh di oc? kok gw jadi ngeri ya mau nyobain oc.
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1333


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
July 29, 2018, 04:38:13 PM
Merited by dbshck (1)
 #29

Apakah utk ngecek memory vga sprti cara yg ditulis didepan dgn sofware hwinfo? soalnya gw cek pake hw info ada tulisan kek gini  Video Memory: 4096 MBytes of GDDR5 SDRAM [Micron]. dan yg dirubah apa cuman memory clocknya saja, klo core clocknya dibiarkan ato dirubah skalian?

iya bener Om .. itu berarti GTX 1050 Ti-nya menggunakan memory Micron. Untuk melihat jenis memory selain pakai HWInfo bisa juga menggunakan GPU-Z.

Setting OC GTX 1050 Ti Micron buat mining Ethash Memory clock coba dinaikkan dulu +500, setelah itu naikkan secara bertahap (per +50 atau per +100) lakukan berulang sampai didapat hashrate maksimum dan stabil (kisaran 15 Mh/s). Dan bener kata Om Viks, untuk GTX 1050 Ti memory Hynix maks Mem Clock hanya dikisaran +250, jika dipaksa diatas nilai tersebut hashrate yg dihasilkan malah turun.

Untuk Core clock bisa diset di 0 s/d -200, dilihat mana yg bisa mengurangi daya dan suhu VGA tanpa mempengaruhi hashrate. Begitu juga dengan power limit, bisa diatur mulai dari 100% - 60% dan dicari efisiensi yang paling baik (pemakaian daya berbanding dengan profit yg dihasilkan). Intinya harus sering-sering trial dan error untuk mendapatkan setting OC yang maksimal, karena buat Nvidia tidak bisa dilakukan mod bios  Grin

Dan ada saran dari saya Om... besok-besok klo mau menjawab posting berurut, biasakan pake multi-quote.

sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
July 30, 2018, 03:03:11 PM
 #30

iya bener Om .. itu berarti GTX 1050 Ti-nya menggunakan memory Micron. Untuk melihat jenis memory selain pakai HWInfo bisa juga menggunakan GPU-Z.

Setting OC GTX 1050 Ti Micron buat mining Ethash Memory clock coba dinaikkan dulu +500, setelah itu naikkan secara bertahap (per +50 atau per +100) lakukan berulang sampai didapat hashrate maksimum dan stabil (kisaran 15 Mh/s). Dan bener kata Om Viks, untuk GTX 1050 Ti memory Hynix maks Mem Clock hanya dikisaran +250, jika dipaksa diatas nilai tersebut hashrate yg dihasilkan malah turun.

Untuk Core clock bisa diset di 0 s/d -200, dilihat mana yg bisa mengurangi daya dan suhu VGA tanpa mempengaruhi hashrate. Begitu juga dengan power limit, bisa diatur mulai dari 100% - 60% dan dicari efisiensi yang paling baik (pemakaian daya berbanding dengan profit yg dihasilkan). Intinya harus sering-sering trial dan error untuk mendapatkan setting OC yang maksimal, karena buat Nvidia tidak bisa dilakukan mod bios  Grin

Dan ada saran dari saya Om... besok-besok klo mau menjawab posting berurut, biasakan pake multi-quote.
Ok gan, baru tau klo ada fungsi insert quote dibawah.
Kemarin dah nyoba overclock pake msi afterburner, dengan menambah memoryclock 800 dan total speed jadi 15,2 mh/s
cuman setelah beberapa jam tiap mo nampilin msi afterburner lagi, kok komputer gw jadi ngelag banget ya dan harus direstart biar ngelagnya ilang
itu masalahnya apa ya gan?
punk.zink
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 134
Merit: 137


View Profile
July 30, 2018, 04:12:10 PM
Merited by dbshck (4)
 #31

Kemarin dah nyoba overclock pake msi afterburner, dengan menambah memoryclock 800 dan total speed jadi 15,2 mh/s
cuman setelah beberapa jam tiap mo nampilin msi afterburner lagi, kok komputer gw jadi ngelag banget ya dan harus direstart biar ngelagnya ilang
itu masalahnya apa ya gan?
Coba tambahkan command line -mclock +800 pada start.bat claymore. Sehingga tidak perlu lagi proses OC menggunakan MSI afterburner.
Jika ingin merubah core clock pake -cclock , sedangkan untuk merubah power limit pake -powlim

Untuk mengenal parameter-parameter claymore bisa agan baca sendiri pada Readme!!!.txt yg ada didalam folder claymore
Dante.444
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 31
Merit: 4


View Profile
August 01, 2018, 11:51:47 AM
 #32

Semisal kita sudah memahami proses belajar mining dan memutuskan untuk membikin mining rig, kira-kira apa saja yang mesti disiapkan?
Dan apakah untuk seorang pemula proses perakitan mining rig ini bisa dipelajari dan dilakukan sendiri?
Serta jenis gpu apa yang layak untuk dibeli?
urab1004
Member
**
Offline Offline

Activity: 196
Merit: 14


View Profile
August 01, 2018, 01:10:16 PM
 #33

Gan Saya Juga ada keinginan buat mining vga sendiri . cuma saya bingung harus beli vga yg profit dan tahan, soal nya banyak pengeluaran di listrik.
dulu saya pernah iseng mining di minergate pakai GTX 460 1GB Hasil nya mines mahal di listik.

▄██▄▀█ ▐        PRIVIX        ▌    DISCORD  ●  TWITTER  ●  TELEGRAM  ●  LITEPAPER    ▌ █▀▄██▄
▄▄▄▄▄▄▄▄           Become part of a decentralized virtual private network           ▄▄▄▄▄▄▄▄
▄▄▄ ▄▄▄ ▄▄      based on masternodes and start earning money today      ▄▄ ▄▄▄ ▄▄▄
Vicks-Berg
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22


View Profile
August 02, 2018, 01:43:02 AM
 #34

Semisal kita sudah memahami proses belajar mining dan memutuskan untuk membikin mining rig, kira-kira apa saja yang mesti disiapkan?
Dan apakah untuk seorang pemula proses perakitan mining rig ini bisa dipelajari dan dilakukan sendiri?
Serta jenis gpu apa yang layak untuk dibeli?
Banyak kok kak tutorial perakitan mining rig yg bisa dipelajari atau kk bisa juga sewa jasa perakitan mining rig jika enggan melakukannya sendiri.
Pilihan GPU juga banyak. Nvidia : Gtx1080 Ti, Gtx1070 Ti, Gtx1070 dan Gtx1060 6Gb ; AMD : Vega 64/56, RX580, RX570, RX480/470
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1333


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
August 02, 2018, 04:31:52 AM
 #35

Semisal kita sudah memahami proses belajar mining dan memutuskan untuk membikin mining rig, kira-kira apa saja yang mesti disiapkan?
Dan apakah untuk seorang pemula proses perakitan mining rig ini bisa dipelajari dan dilakukan sendiri?
Serta jenis gpu apa yang layak untuk dibeli?

Gan Saya Juga ada keinginan buat mining vga sendiri . cuma saya bingung harus beli vga yg profit dan tahan, soal nya banyak pengeluaran di listrik.
dulu saya pernah iseng mining di minergate pakai GTX 460 1GB Hasil nya mines mahal di listik.

Asal Om paham masalah hardware komputer dan instalasi OS windows, saya rasa merakit mining rig bisa dilakukan sendiri

Dan saya mau tanya dulu ... Budget buat mining rig yang disiapkan berapa ??

Dante.444
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 31
Merit: 4


View Profile
August 02, 2018, 12:28:15 PM
 #36

Asal Om paham masalah hardware komputer dan instalasi OS windows, saya rasa merakit mining rig bisa dilakukan sendiri

Dan saya mau tanya dulu ... Budget buat mining rig yang disiapkan berapa ??
minimal kalo utk ngerakit PC gaming ane mampu gan, cman ane lom pernah ngerakit mining rig dan rada bingung ama sambungan-sambungan vganya.
Untuk saat ini dana yg dah ane siapin 35jt, tp insyaallah tanggal 5 besok bisa ane genapin jadi 50Jt.
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1333


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
August 02, 2018, 04:43:19 PM
 #37

minimal kalo utk ngerakit PC gaming ane mampu gan, cman ane lom pernah ngerakit mining rig dan rada bingung ama sambungan-sambungan vganya.
Untuk saat ini dana yg dah ane siapin 35jt, tp insyaallah tanggal 5 besok bisa ane genapin jadi 50Jt.

Silahkan mampir kesini Om Harga dan bahan-bahan mining rig (* Agustus 2018)
Meskipun datanya tidak 100% akurat, minimal sudah bisa dipakai buat patokan .. klo untuk pembelian barang bisa langsung ke tokopedia or BukaLapak dan tinggal disesuikan dengan budget yang tersedia.

Klo si Om ada kendala dalam perakitan mining rig silahkan PM saya saja, sebisa mungkin saya bantu langkah-langkahnya  Grin

Dante.444
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 31
Merit: 4


View Profile
August 03, 2018, 04:56:33 AM
 #38

Silahkan mampir kesini Om Harga dan bahan-bahan mining rig (* Agustus 2018)
Meskipun datanya tidak 100% akurat, minimal sudah bisa dipakai buat patokan .. klo untuk pembelian barang bisa langsung ke tokopedia or BukaLapak dan tinggal disesuikan dengan budget yang tersedia.

Klo si Om ada kendala dalam perakitan mining rig silahkan PM saya saja, sebisa mungkin saya bantu langkah-langkahnya  Grin

Trims bgt Gan dah berkenan menjawab beberapa pertanyaan Gw via Pm, nanti klo ada yg membingungkan pasti akan Gw repotin lg.
Btw untuk OSnya mending pake windows 10 atau pake linux? Trus keunggulan dari palit gtx1070 superjetstream apa?
Kriss.Kross
Member
**
Offline Offline

Activity: 103
Merit: 35


View Profile
August 03, 2018, 07:13:32 AM
 #39

Klo si Om ada kendala dalam perakitan mining rig silahkan PM saya saja, sebisa mungkin saya bantu langkah-langkahnya  Grin
Ini neh yg ane demen dari Bang abhi, orangnya enak dan supel. Dulu waktu awal-awal ane mo bikin rig juga sering pm tanya-tanya (malah dikasih nmr whtsappnya), dan akhirnya kesampaian juga bikin rig idaman.

Silahkan mampir kesini Om Harga dan bahan-bahan mining rig (* Agustus 2018)
Meskipun datanya tidak 100% akurat, minimal sudah bisa dipakai buat patokan .. klo untuk pembelian barang bisa langsung ke tokopedia or BukaLapak dan tinggal disesuikan dengan budget yang tersedia.

Klo si Om ada kendala dalam perakitan mining rig silahkan PM saya saja, sebisa mungkin saya bantu langkah-langkahnya  Grin

Trims bgt Gan dah berkenan menjawab beberapa pertanyaan Gw via Pm, nanti klo ada yg membingungkan pasti akan Gw repotin lg.
Btw untuk OSnya mending pake windows 10 atau pake linux? Trus keunggulan dari palit gtx1070 superjetstream apa?
Utk OS tergantung kebiasaan aja Bang. Kalok biasa pake Linux ya bikin rig os linux, tp klo tiap hari maennya windows ya mending build rig os windows.
Kalok untuk kelebihan gtx 1070 palit super jetstream biar suhu-suhu lain yg jawab, ane punya gtx 1070 tp semuanya merk asus dual oc, jadi belum pernah ngerasain yg merk palit super jetstream.

#Menunggu saat yang tepat untuk mining kembali
sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
August 03, 2018, 09:01:17 PM
 #40


Trims bgt Gan dah berkenan menjawab beberapa pertanyaan Gw via Pm, nanti klo ada yg membingungkan pasti akan Gw repotin lg.
Btw untuk OSnya mending pake windows 10 atau pake linux? Trus keunggulan dari palit gtx1070 superjetstream apa?
Kenapa ga sekalian ambil yg gtx1080ti gan?
harusnya klo masalah hasrate, gtx1080ti pasti diatas gtx1070
Dan lagian harganya juga tidak terpaut jauh
Pages: « 1 [2] 3 4 5 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!