Bertambahnya pengetahuan kita tentang keamanan tidak membuat kita lepas dari jerat potensi kejahatan siber, karena disaat kita merasa semakin bagus dalam hal keamanan, para kriminal siber diluar sana juga ikut meningkatkan kapabilitas atau cara mereka menipu. Beberapa hari yang lalu salah satu penghuni SFI kita menjadi korban
hijack & kehilangan sekitar 1,2 Bitcoin (BTC).
Sekarang, ditempat dimana banyak orang mengambil rujukan seperti ChatGPT, sudah bersarang cara-cara kriminal itu melancarkan aksi mereka. Padahal, kalau dipikir-pikir, orang yang punya banyak aset sudah pasti punya kapabilitas & sadar dengan keamanan. Artinya, masalahnya ada di tingkat kewaspadaan.
Saya setuju dengan yang dikatakan om @AakZaki bahwa jangan mudah percaya & selalu verifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan eksekusi pada aksi apapun.
Menurut saya, ada 3 cara paling gampang bagi penipu untuk mencuri aset kripto kita, melalui keyboard hijack, address poisoning & wallet/address approval phising, berikut cara yang biasa saya gunakan agar terhindar dari ketiga cara penipuan itu:
Keyboard HijackSolusi: Selalu memastikan bahwa akan mengirim ke address yang sesuai, jika ternyata tidak sesuai, saya tidak akan melanjutkan pemrosesan di
device yang sedang digunakan & lanjut melakukannya di
device yang lain (beruntungnya sejauh ini saya belum pernah mengalami
keyboard hijack)
Address PoisoningSolusi: Biasanya saya melakukan pencocokan
string atau teks di platform pencocokan yang bisa ditemui di Google, contohnya seperti pada gambar dibawah ini:
Tidak ada salahnya kehilangan beberapa menit waktu kita untuk melakukan verifikasi daripada harus kehilangan aset yang kita dapatkan dari bekerja berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.
Wallet/Address Approval PhisingSolusi: Selalu gunakan wallet/address dummy saat approval dengan sedikit balance didalamnya ($5 - $10) untuk melihat bagaimana pengalaman yang kita alami setelah approval terjadi sebagai percobaan, kalau memang tidak terjadi apa-apa maka lanjutkan dengan jumlah transaksi yang awalnya kita niatkan.
Yah, itu saja sedikit
insight dari saya, alhamdulillah dari mulai saya menginjakkan kaki di industri kripto, saya tidak pernah sekalipun jadi korban
hacking dengan nilai kecil ataupun fantastis sampai membuat saya tidak bisa tidur

.