Bitcoin Forum
December 14, 2017, 05:52:49 PM *
News: Latest stable version of Bitcoin Core: 0.15.1  [Torrent].
 
   Home   Help Search Donate Login Register  
Pages: « 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 [21] 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 »
  Print  
Author Topic: Pandangan BITCOIN dalam Islam gimana ya gan ?  (Read 9119 times)
Geurangsang
Member
**
Offline Offline

Activity: 70

Never forget what make you down


View Profile
October 24, 2017, 03:41:13 PM
 #401

Maaf sebelumnya jika ada yg nonMuslim di sini

saya cuma pgen nanya kalo dalam Islam bitcoin itu Halal apa Haram ya hukumnya
Ada yang bsa menjelaskan??
Kalo menurut ane sih halal gan. Bitcoin sendiri kan mata uang yang memiliki nilai tukar. Ya selama BTC-nya digunakan oleh dua orang yang saling setuju ya masih sah. Malah selain mata uang, Islam juga membolehkan transaksi menggunakan barang/barter kan?

Kalo menurut ane sih mungkin yang tidak halalnya nanti di bagaimana cara kita mendapatkannya. Misalnya Gambling yg sudah jelas perjudian, Bounty yg mempromosikan hal negative, dan lainnya.

1513273969
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1513273969

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1513273969
Reply with quote  #2

1513273969
Report to moderator
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1513273969
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1513273969

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1513273969
Reply with quote  #2

1513273969
Report to moderator
eidoscore
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 224



View Profile
October 24, 2017, 05:19:12 PM
 #402

menurut pendapat saya kalau kita mengikuti bounty,hanya sekedar hanya sekedar mempromosikan proyeknya melalui sosmed dan artikel untuk mendapatkan hadiah tersebut saya rasa sah sah saja karna itu merupakan bentuk usaha  seperti sales.
iya dan dalam hal ini kita bisa meliat bagaimana tujuan dari project tersebut semisal untuk hal-hal yang memang dilarang dalam islam just skip it and find other bounty, gitu aja sih simplenya mah

nebiki
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 294



View Profile
October 24, 2017, 06:25:50 PM
 #403

menurut pendapat saya kalau kita mengikuti bounty,hanya sekedar hanya sekedar mempromosikan proyeknya melalui sosmed dan artikel untuk mendapatkan hadiah tersebut saya rasa sah sah saja karna itu merupakan bentuk usaha  seperti sales.
kita niati dulu sebelum beraktivitas di bitcoin dengan doa bismilah ,semoga rezky yang  kita dapat hallal. tergatung cara kita mendapatkan dengan cara berusaha kerja atau ndak,tapi kalo mendapatkan deng usaha bekerja jadi wajar kalo kita mendapatkan upah.jadi upah yang kita dapat hallal karena buat menutupi modal kita untuk prasarana di bitcoin.

|
 
 
50
|
 




                       ▄
           ▄▄▄▄▄▄███████
▄▄▄▄█████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████

█████████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████
█████████  █████████████
▀▀▀▀█████  █████████████
           ▀▀▀▀▀▀███████
                       ▀
|
 
 
$1,5 M
|



        ▄▄▄█████████▄▄▄
      ▄█████▀▀███▀▀█████▄
    ▄███▀     ███     ▀███▄
   ████       ███       ████
  ███▀                   ▀███
 ███▀                     ▀███
▄██▀       █████████       ▀██▄
███                         ███
███        █████████        ███
███                         ███
▀██▄       █████████       ▄██▀
 ███▄                     ▄███
  ███▄                   ▄███
   ████       ███       ████
    ▀███▄     ███     ▄███▀
      ▀█████▄▄███▄▄█████▀
        ▀▀▀█████████▀▀▀
|
 
|
 
<>
<>
<>
<>
 
GITHUB
TWITTER
YOUTUBE
FACEBOOK
surobledek
Member
**
Offline Offline

Activity: 70


View Profile
October 24, 2017, 07:28:15 PM
 #404

Jika tidak ada dalil yang menunjukkan haramnya, maka barang-barang tersebut kembali ke status asalnya yaitu halal dan boleh digunakan.

C
What is C?
kirisakidaichi
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 266


Allah please protect my brothers in Palestine


View Profile
October 24, 2017, 08:03:55 PM
 #405

Maaf sebelumnya jika ada yg nonMuslim di sini

saya cuma pgen nanya kalo dalam Islam bitcoin itu Halal apa Haram ya hukumnya
Ada yang bsa menjelaskan??
karena saya kurang tau tentang hukum nya bitcoin di islam sya hanya bisa mengikuti pemikiran dari teman teman saja.yang penting bagi saya berusaha untuk cari penghasilan bukan untuk merugikan orang lain.

     ▄██████████▄▄
   ▄█████████████████▄      ▄▌
  █▀▀▀▀▀▀▀███████████████████
▐          ▀▀▀█████████████
       ▄███▀     ▀▀▀█████▀
    ▄█████  ▄▄▄█████
   ██████▀▀▀███████▌
▄███████   ███████▌
████████   ███████▌
████████   ███████▌
████████▌  ███████▌
▀████████  ███████▌
  ▀███████▄ ████▀▀▀        ▄▀
   ▀███████▌             ▄█▀
     ▀▀██████▄         ▄▀▀
        ▀▀▀███████▀▀▀▀
CyberTrust.io█ ██  █
  █ █ █
█  ██ █
  █ █
█ ██  █
█ █ █ 
   ██ █
█ █ █ █
  ██   
█ █ █ █
█  ██ 
█ █ █ █
████████████████████████████████████████████████████████████████████   ██████████████  ████              ██████████████         ████        ████    ███████
Fueling Crypto Securitisation
███████    ████        ████         ██████████████              ████  ██████████████   ████████████████████████████████████████████████████████████████████
█ ██  █
  █ █ █
█  ██ █
  █ █
█ ██  █
█ █ █ 
   ██ █
█ █ █ █
  ██   
█ █ █ █
█  ██ 
█ █ █ █
        ▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
       ██▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀██
    ▄████████████████▄  ██
    ▀               ██  ██
▄███████████▄       ██  ██
██         █▀█▄     ██  ██
██         █  ▀█▄   ██  ██
██         █    ██  ██  ██
██  ▀▀▀▀▀  ███████  ██  ██
██              ██  ██  ██
██  ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀  ██  ██  ██
██              ██  ██  ██
██  ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀  ██  █████▀
██              ██ ▄█▀   
▀████████████████▀       
 
Announcement
▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
Whitepaper
Aris novianto
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
October 25, 2017, 12:52:05 AM
 #406

Menurut saya pandangan bitcoin dalam islam itu baik gan, kan juga tidak ada dalil apapun tentang bitcoin,bitcoin pun juga pekerjaan yang halal, kita semua di sini juga saling usaha dan belajar gan

Irwanto
Member
**
Offline Offline

Activity: 114


View Profile
October 25, 2017, 03:11:13 AM
 #407

menurut saya kalau memang salah satu dari kita ada yg di rugikan itu haram tpi kita sama" menguntungkan


[size = 11px] [font = Arial] [url = https: //bitcointalk.org/index.php? topic = 2494876] C [/ url]
Apa itu C? [/ font] [/ size]
[ /pusat]
keren tasya16
Member
**
Offline Offline

Activity: 112


View Profile
October 25, 2017, 04:41:30 AM
 #408

Jika membahas masalah ini berdasarkan pemikiran masing - masing sangat sulit, dan jawaban nya selalu berandai - andai. Jika berbicara masalah dengan hukum kita perlu menkaji lebih dalam, dan punya referensi yan kuat, baik berdasarkan hadis maupun ayat Al-Qur'an atau fatwa ulama  Smiley
D3m1r4wanti
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
October 25, 2017, 04:56:33 AM
 #409

Dr. Wilson meninjau bahwa "tidak ada keberatan Shari'a untuk menggunakan Bitcoins sebagai alat bayar dan terima", namun ia menambahkan bahwa tidak disarankan untuk orang yang ber-ekonomi rentan - seperti mereka yang berpenghasilan rendah atau tidak cakap berfinansial - untuk memegang mata uang tanpa memahami risiko yang terkait. "Prinsip pembagian risiko adalah hal dasar di keuangan Islam, tetapi investor perlu memahami apa risiko yang akan mereka tanggung".

Singkatnya, seorang Muslim yang tertarik untuk menemukan potensi Bitcoin dan keuntungannya, pertama-tama harus menyadari dahulu risiko dan kekurangannya. Ini juga akan memenuhi konsep gharar, konsep keuangan Islam untuk menggambarkan suatu 'tidak diketahui, tidak pasti, dan risiko yang berlebihan', yang umumnya dilarang dalam Islam.

Mari kita lihat beberapa informasi relevan mengenai risiko dan keuntungan Bitcoin, khususnya tersangkut dengan perspektif Islam.

https://www.luno.com/blog/id/post/bitcoin-dan-islam

asamjing
Member
**
Offline Offline

Activity: 70


View Profile
October 25, 2017, 04:58:38 AM
 #410

Jika membahas masalah ini berdasarkan pemikiran masing - masing sangat sulit, dan jawaban nya selalu berandai - andai. Jika berbicara masalah dengan hukum kita perlu menkaji lebih dalam, dan punya referensi yan kuat, baik berdasarkan hadis maupun ayat Al-Qur'an atau fatwa ulama  Smiley

Maaf gan saya rasa itu pertanyaan yg sangat penting kita ketahui.dan membahas nya gan.  halal apa haram itu bitcoin emg sih klau berbicara  tentang hukum tak akan pernah ada habis nya,tpi saya setuju kalo kita perlu mengkaji lebih dlm baik berdasar hdist maupun Al-Quran atau fatwa ulama.

Aprodite
Member
**
Offline Offline

Activity: 70


View Profile
October 25, 2017, 06:53:56 AM
 #411

Selagi jalan yang kita tempuh untuk mendapatkan bitcoin itu gak melenceng, seperti penipuan, judi, dan beberapa hal lain yang melanggar ketentuan dari agama. maka menurut ane sah sah aja. karena ini zaman modren, dan bitcoin merupakan salah satu mata uang digital. yang bisa dikatakan hampir-telah menjadi mata uang dunia saat ini. Maka tidak ada salahnya kita ikut menggunakannya. Hasil dari halal atau haram adalah tergantung dari jalan usaha yang kita tempuh.
Habieredkill
Member
**
Offline Offline

Activity: 63


View Profile
October 25, 2017, 07:01:50 AM
 #412

kenapa menjadi pertanyaan gan?selagi kita tidak merugikan atau menipu pihak lain kenapa menjadi pertanyaan. .
Ane rasa pandangan di bitcoin dalam islam, tidaklah haram gan, selama tidak merugikan orang lain dan manyalahi aturan islam yang ada, disini kita juga jual beli bitcoin jika sudah mendapatkannya  dan di sini kita juga bisa belajar banyak tentang coin virtual ini, itu sih setau ane. .tetap semangat teman teman

holdme___LET'S HOLD THE FUTURE OF AI CHATBOTS  [WHITEPAPER]
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬     TOKEN SALE  LIVE     ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Facebook  Twitter  Slack  Medium  Instagram  ANN Thread  Telegram  Reddit  Github
uneps
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
October 25, 2017, 08:04:16 AM
 #413

Selagi tidak ada yang di rugikan saya rasa tidak ada masalah. Tapi ketika sudah mulai mengikuti project, harus lebih teliti memilih project yang tidak mengarah kepada yang di larang dalam islam.

Simpkurao
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
October 25, 2017, 08:29:45 AM
 #414

kalau menurut saya halal gan, karena selama pekerjaan itu tidak merugikan orang lain dan tidak menyalahi aturan - aturan agama islam dan merupakan hasil dari usaha kita sendiri, jadi ikutan bitcoin itu sah-sah saja gan.

ajomanih
Member
**
Offline Offline

Activity: 98


View Profile
October 25, 2017, 09:07:06 AM
 #415

bitcoin halal gan, karena tidak ada yang dirugikan, ditipu oleh bitcoin makanya saya berpendapat demikian gan, lagian bitcoink kan hasil dari usaha yang kita lakukan, dan bukan hasil dari perjudian.

karanggatak
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 490


Flixxo - Watch, Share, Earn!


View Profile
October 25, 2017, 09:10:25 AM
 #416

kenapa menjadi pertanyaan gan?selagi kita tidak merugikan atau menipu pihak lain kenapa menjadi pertanyaan. .
Ane rasa pandangan di bitcoin dalam islam, tidaklah haram gan, selama tidak merugikan orang lain dan manyalahi aturan islam yang ada, disini kita juga jual beli bitcoin jika sudah mendapatkannya  dan di sini kita juga bisa belajar banyak tentang coin virtual ini, itu sih setau ane. .tetap semangat teman teman

betul sekali gan selama kita gak merugikan orang lain dan menipu pihak lain maka bitcoin tidaklah haram, dan juga selama kita gak buat bitcoin sebagai alat judi juga statusnya tetap halal, currency apapun jika dibuat untuk negatif pasti bakalan haram, bukan hanya bitcoin Smiley

       ▄▄█▀▀▀▀▀▀▀█▄▄
    ▄█▀▀▄▄███████▄▄▀▀█▄
  ▄█▀▄████▀▄▄▄▄▄▀████▄▀█▄
 ▄█ █████▀█ ▄▄▄ █▀█████ █▄
▄█ █████   █████   █████ █▄
█ ██████   ▀███▀   ██████ █
█ ███████         ███████ █
█ ██████   ▄███▄   ██████ █
▀█ █████   █████   █████ █▀

 ▀█ █████▄█ ▀▀▀ █▄█████ █▀
  ▀█▄▀████▄▀▀▀▀▀▄████▀▄█▀

    ▀█▄▄▀▀███████▀▀▄▄█▀
       ▀▀█▄▄▄▄▄▄▄█▀▀




 ▄█████████ ███      ███  ▄█████  ▄█████  ▄████████▄   ▄████████▄   ▄█████████ ███       ███
███▀        ███      ███ ███▀    ███▀    ███▀    ▀███ ███▀    ▀███ ███▀        ███       ███
███         ███      ███ ███     ███     ████████████ ███      ███ ███         ███▄     ▄███
███▄        ███▄    ▄███ ███     ███     ███▄         ███      ███ ███▄         ▀███████████
 ▀█████████  ▀████████▀  ███     ███      ▀█████      ███      ███  ▀█████████          ▄███
                                                                                     █████▀
























sukmo
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 210



View Profile
October 25, 2017, 09:25:12 AM
 #417

intinya begini gan selagi kita mengunakan bitcoin untuk keperluan yang positif dan bitcoin bisa membawa manfaat bagi diri kita, menurut saya bitcoin hukumnya halal,  tapi beda lagi apabila bitcoin di hasilkan dari mengikuti bounty yang bertemakan larangan agama islam seperti proyek perjudian dll, maka dari hasil tersebut bitcoin bisa di katakan haram.

icomonitoring
Member
**
Offline Offline

Activity: 72


View Profile
October 25, 2017, 10:07:47 AM
 #418

Masih halal asal jangan keluar jalur dari islam. saya ingin menambahkan gan tentang proyek bitcoin yang haram yaitu jika berhubungan dengan lend / pinjaman karena pasti orang luar menerapkan sistem riba dalam pengembalian bitcoin atau ethereum client. dan riba sudah jelas 2 haram.

memed97
Member
**
Online Online

Activity: 98


View Profile
October 25, 2017, 11:25:24 AM
 #419

Kalau bitcoin saya rasa enggak haram gan,karena bitcoin bukan games2 seperti domino atau semacam nya yang termasuk perjudian,kalau bitcoin enggak ada thu perjudian,kalau ada baru haram

Rosyidi
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 47


View Profile
October 25, 2017, 06:45:44 PM
 #420

Ini penting menurut ane untuk diketahui, tapi kalau menurut ane kayaknya halal gan karena tidak merugikan orang lain. kecuali kalau kita mencuri bitcoin orang lain maka mungkin tidak halal. Begitu kalau menurut ane, gan.
Pages: « 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 [21] 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 »
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!