Bitcoin Forum
May 27, 2019, 12:45:56 PM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.18.0 [Torrent] (New!)
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 [2] 3 »  All
  Print  
Author Topic: PERBEDAAN ERC20 DAN ERC 223  (Read 714 times)
ribowo76
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 672
Merit: 101


View Profile WWW
November 07, 2017, 12:26:49 PM
 #21

thread nya bagus gan banyak yang respon , jadi nambah ilmu pengetahuan.
Kalo menurut saya sih persamaan nya sama kayak persamaan android gan semakin tinggi os nya semakin bagus pula fungsinya. Tapi didalam android biasa nya os baru jarang banget yang pakai mungkin karena beberapa hal bugs. Jadi saya simpulkan bisa saja mereka belum menggunakan erc223 ini karena belum paham banget sistemnya jadi belum banyak yang pakai dan resikonya lebih besar dari ancaman ceker (hacker) , tapi ketika nanti para orang-orang yang sudah lulus/sarjana yang gelarnya bisa saja bukan .prof/.amd lagi bisa saja jadi .bh (bitcoin hunter)  Grin, dan ketika mereka sudah mulai beradaptasi dan sudah mulai paham tentang cara kerjanya si erc223 ini dan mungkin kedepannya mereka akan pakai si erc223 ini dan bisa saja ada yang terbarunya. sekian dan terimakasih  Grin
harapan kita sih kalau memang itu untuk penyempurnaan smart contract berbasis ethereum, seharusnya untuk ke depannya nanti hal itu bisa lebih memudahkan kita sebagai pengguna  Smiley
PLAY OVER 3000 GAMES
LIGHTNING FAST WITHDRAWALS
PLAY NOW
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
jeanvandame
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 152
Merit: 100


View Profile
November 08, 2017, 02:39:40 AM
 #22

setau saya sih perbedaan antara ERC20 dengan ERC223 adalah...kalau ERC20 itu versi yang lama gan sedangkan yang ERC233 itu versi yang baru atau bisa disebut juga dengan hasil pengembangan dari ERC20...tapi sampai sekarang pun masih banyak yang menggunakan ERC20 dibandingkan menggunakan ERC223.
sungokong
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 47
Merit: 0


View Profile
January 23, 2018, 03:07:17 PM
 #23

mntap lah informasi tentang perbedaan ERC20 sama ERC223,,,mlah jadi pingin jadi Developer nih  Grin
soenah
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 56
Merit: 0


View Profile
January 23, 2018, 03:20:54 PM
 #24

Baca2 dari atas masih gagal paham.
Kalau ERC223 lebih bagus kenapa semua ICO berbasis ethereum yang ane tahu selalu ERC20 ?
Terus apakah token ERC20 bisa di upgrade ke ERC223
menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas mungkin kurang lebih gini gan, jadi ERC223 itu hasil pengembangan dari ERC20. Tapi masih terdapat kelemahan-kelemahan yang butuh penyempurnaan lebih lanjut atau dengan kata lain ERC223 belum benar-benar siap untuk diluncurkan. Mungkin seperti itu gan  Smiley
jadi ERC223 lebih bagus daripada ERC20 ya gan ,  iya gan bener juga kalau ERC223 lebih bagus kenapa ICO yang berbasis ethereum selalu ERC20 .
gussupri
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 294
Merit: 0


View Profile
January 23, 2018, 05:12:12 PM
 #25

Baca2 dari atas masih gagal paham.
Kalau ERC223 lebih bagus kenapa semua ICO berbasis ethereum yang ane tahu selalu ERC20 ?
Terus apakah token ERC20 bisa di upgrade ke ERC223
menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas mungkin kurang lebih gini gan, jadi ERC223 itu hasil pengembangan dari ERC20. Tapi masih terdapat kelemahan-kelemahan yang butuh penyempurnaan lebih lanjut atau dengan kata lain ERC223 belum benar-benar siap untuk diluncurkan. Mungkin seperti itu gan  Smiley
jadi ERC223 lebih bagus daripada ERC20 ya gan ,  iya gan bener juga kalau ERC223 lebih bagus kenapa ICO yang berbasis ethereum selalu ERC20 .
Mungkin karena blm diluncurkan itu gan ,atau mungkin nanti ada upgrade gitu gan,itu semua
Juga pasti untuk pelayanan yg lebih optimal
icocash
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 81
Merit: 0


View Profile
April 12, 2019, 04:25:25 AM
 #26

Baca2 dari atas masih gagal paham.
Kalau ERC223 lebih bagus kenapa semua ICO berbasis ethereum yang ane tahu selalu ERC20 ?
Terus apakah token ERC20 bisa di upgrade ke ERC223
menurut pemahaman saya dari penjelasan di atas mungkin kurang lebih gini gan, jadi ERC223 itu hasil pengembangan dari ERC20. Tapi masih terdapat kelemahan-kelemahan yang butuh penyempurnaan lebih lanjut atau dengan kata lain ERC223 belum benar-benar siap untuk diluncurkan. Mungkin seperti itu gan  Smiley
jadi ERC223 lebih bagus daripada ERC20 ya gan ,  iya gan bener juga kalau ERC223 lebih bagus kenapa ICO yang berbasis ethereum selalu ERC20 .


Kemungkinan masih menunggu penyempurnaan dari bug yang muncul. jika sudah siap kemungkinan ERC-223 akan mendominasi dan menggantikan ERC-20.
bukti_cinta90
Member
**
Offline Offline

Activity: 327
Merit: 10


View Profile
April 12, 2019, 04:49:56 AM
 #27

Perbedaan antara kedua itu tidak terlalu jauh kok,ERC20 dengan ERC223 sama halnya dgn BTC dan BTG,biar pun ERC20 telah mengeluarkan ERC223 yang namun banyak orang yang mengunakan ERC20 layaknya mereka mengunakan BTC dari pada BTG.
Mungkin karena ERC20 dan BTC masih sangat sempurna dari pada ERC223 atoupun BTG.
Tapi tak da hal yang mustahil kok jika kita juga suka mengunakan ERC223.
Namun yang perlu kita tau hampir semua proyek atoupun ico itu mengunakan platfrom ERC20 ketimbang mengunakan ERC223

△ M!R△CLE TELE   ▌  BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY  ▐   JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
Catokreloh
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 588
Merit: 100



View Profile
April 12, 2019, 07:08:12 AM
 #28

Kalau menurut saya perbedaan ERC20 dengan ERC223 tidak terlalu jauh,dan untuk saat ini masih banyak ICO yang masih menggunakan ERC20 ketimbang ERC223 mungkin saja ERC223 dalam tahap pengembangan dan nanti juga akan mendominasi ERC20,dan kita harapkan ERC223 lebih mudah untuk kita gunakan.

M!R△CLE TELE     BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY     JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
skarais
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 742
Merit: 277



View Profile WWW
April 12, 2019, 07:26:51 AM
 #29

Kalau menurut saya perbedaan ERC20 dengan ERC223 tidak terlalu jauh,dan untuk saat ini masih banyak ICO yang masih menggunakan ERC20 ketimbang ERC223 mungkin saja ERC223 dalam tahap pengembangan dan nanti juga akan mendominasi ERC20,dan kita harapkan ERC223 lebih mudah untuk kita gunakan.
Kalau dicermati dan dipahami postingan agan amrul ini kita bakalan tahu dimana letak perbedaan antara ERC20 & ERC223. Hasilnya mungkin bisa membuat transaksi yang lebih cepat dan biaya transaksi lebih murah dan lebih mudah karena pengiriman dilakukan dalam satu tahap.
Perbedaan ERC20 dan ERC223
- Standar ERC20 tidak bisa mengirim smartcontract ke alamat Standar ERC20 yang belum di design khusus, proses malakukan 2 tahap.
- Standar ERC23 pengembangan dari Standar ERC20 dimana issue yang ada di perbaiki di Standar ERC23. Nah, ERC23 sekarang kita bisa kirim Token sesuka hati kita ke alamat manapun di  dan proses pengirim melalui 1 tahap.


```````````````██
`````````````█████
````````````███████▌
``````````▐██████▌
`````````██████▌`````██
````````██████``````████
```````██████``````██████
````````██████````██████
```██````██████▄▄██████````██
``████````▐██████████▌````████
`██████`````████████`````██████
`▐██████▌````██████````▐██████▌
```███████````▀██▀````███████
````███████````▀▀````███████
`````▐██████▌``````▐██████▌
```````███████````███████
````````███████▄▄███████
`````````▐████████████▌
```````````██████████
````````````████████
`````````````▐████▌
```````````````▀▀

LOCALCOIN
▬▬ ▬▬▬▬▬▬▬▬ ▬▬▬▬
















Download

Wallet

Whitepaper








 
joniboini
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 574
Merit: 1035



View Profile WWW
April 12, 2019, 07:56:55 AM
Merited by mu_enrico (1), Husna QA (1)
 #30

Perbedaan antara kedua itu tidak terlalu jauh kok,ERC20 dengan ERC223 sama halnya dgn BTC dan BTG,biar pun ERC20 telah mengeluarkan ERC223 yang namun banyak orang yang mengunakan ERC20 layaknya mereka mengunakan BTC dari pada BTG.
Mungkin karena ERC20 dan BTC masih sangat sempurna dari pada ERC223 atoupun BTG.
Tapi tak da hal yang mustahil kok jika kita juga suka mengunakan ERC223.
Namun yang perlu kita tau hampir semua proyek atoupun ico itu mengunakan platfrom ERC20 ketimbang mengunakan ERC223

Ini ngomong atas dasar apa sih?

Sudah jelas ERC223 itu proposal penyempurnaan buat memperbaiki standar ERC20 yang rakus gas dan beberapa masalah lainnya. Analogi/perbandingannya tidak sebanding. ERC223 bisa dibilang 'soft-fork' atas ERC20 atau BIP pada BTC, dan ga bisa disamakan dengan BTC vs BTG.

Kalau mau baca" lebih lanjut:
- https://101blockchains.com/erc20-vs-erc223-vs-erc777/
- https://ethereum.stackexchange.com/questions/17054/erc20-vs-erc223-list-of-differences

███████████
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
███████████
#1
███████████
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
███████████
BTC 
  ●
   BTC
  BTC  
.
    ▄▄▄▀▀▀▀
 ▄██▀
███        ▄▄▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄▄▄
▀███▄▄▄▄▀▀▀                 ▀▀▄▄
  ▀▀▀██████████████████████████▀
   ▄█▄     ▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
    ▀▀██▄▄█▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▀▀
      ▄  ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
      ▀██▄  ▄▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄
        ▀█▀██████████████▀▀
         ▀█▄▄ ▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
            █▀▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▀
             ▀▀▄▄▄▄▄▄▄
.
     BTC
  BTC   
  ●
  BTC  
███████████
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
███████████
███████████
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
███████████
mlindjo
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 616
Merit: 254



View Profile
April 12, 2019, 12:12:46 PM
 #31

Perbedaan ERC20 dan ERC223 adalah yang baru dan yang lama,ERC20 yaitu alamat ethereum yang pertama x muncul,sedangkan ERC223 alamat ethereum yang baru untuk menyempurnakan ERC20,tapi saat ini masih banyak platform yang memakai ERC20 Untuk pengiriman token

              ███
             █████
            ███████
           █████████
          ███████████
         █████████████
        ███████ ███████
       ███████   ███████
      ███████     ███████
     ███████       ███████
    ███████         ███████
   ███████           ███████
  ███████             ███████
 █████████████████████████████
███████████████████████████████
.
M!RACLE TELE
BRINGING MAGIC
TO THE TELECOM INDUSTRY

██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
40% Biweekly Rewards
▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬
Traffic from €0.01 worldwide

██
██
██
██
██
██
██
██
██
██
      ██         ██     
        ▀▌     ▐▀       
       ▄██▄▄▄▄▄██▄       
     ▄█████████████     
   ▄█████████████████▄   
  ██████▄██████▄██████   
 ▐█████████████████████▌
  ██████▀███████▀██████ 
  █████   █████   █████   
  █████████████████████   
  █████████████████    
    ███████████████     
 ▀██▄ ████████████  ▄██▀
      ▀██▀   ▀██▀   
       ▄█       █▄
ANN
Lightpaper
Bounty
Facebook
Twitter
Telegram
Ardenoss
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 518
Merit: 100



View Profile
April 12, 2019, 12:27:25 PM
 #32

Saya melihat ERC223 banyak yang bilang untuk penyempurnaan ERC20,tapi kox setiap platform yang ada selalu memakai ERC20,jika memang itu penyempurna ERC20 kan lebih bagus menggunakan ERC223 aja untuk alamat ethereumnya

M!R△CLE TELE     BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY     JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
andi pcc
Member
**
Offline Offline

Activity: 173
Merit: 10

miracletele


View Profile
April 12, 2019, 02:19:53 PM
 #33

Terus terang selama ini saya masih bingung atau masih belum paham mengenai perbedaan antara ERC20 dan ERC223, saya sudah mencoba mencari di tread-tread yang sudah ada yang membahas mengenai hal itu. Tapi belum menemukan, mungkin ada suhu-suhu di sini yang paham dan mau membagi ilmu buat kita-kita yang masih awam soal ini. Sebelumnya terima kasih banyak saya ucapkan, salam bitcoiner  Smiley
Sebener nya antara jenis token Erc20 dan Erc223 tidak jauh beda si gan diantaranya ialah.
ERC-20 merupakan Standard Token Pertama yg pertamakali pembuatan nya
Sedangkan ERC-223 adalah Anjuran Standar untuk meningkatkan tngkat keamanan nya . Nara sumber langsung aja anda lihat di link ini biar anda lebih tahu pasti , https://medium.com/axionable-ai-and-blockchain/token-ercs-in-ethereum-erc-20-erc-223-erc-777-and-erc-721-8176c0f11c18

△ M!R△CLE TELE   ▌  BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY  ▐   JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
vin1103
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 101


A Blockchain Mobile Operator With Token Rewards


View Profile
April 12, 2019, 04:25:08 PM
 #34

kalau memang itu penyempurnaan dari ERC20, kenapa sampai sekarang sepertinya ERC223 jarang digunakan. Kebanyakan token-token berbasis ethereum masih menggunakan ERC20. Itu karena masih ada kelemahannya atau bagaimana ini gan?
mungkin saat ini sistem yang terdapat pada erc223 masih terus di kaji gan, sehingga belum di terapkan/hijrah dari penggunaan erc20 ke 223, jika penyempurnaan ini selesai pastinya token erc20 akan hijrah ke erc223

M!R△CLE TELE     BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY     JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
fadhilz123
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 518
Merit: 103



View Profile WWW
April 14, 2019, 06:51:47 AM
 #35

Sudah di jelaskan di beberapa thread bahwa ERC 223 itu penyempurna, dari ERC20, tapi bagi saya sndiri sih tidak terlalu penting juga, Intinya proyeknya berjalan lancar mau itu dibangun diatas ERC20 ataupun diatas ERC223, tidak berpengaruh. Dan lihat aja proyek2 skrang tidak ada yang menaruh fokus ke itu yang orang perhatikan adalah konsep, tim, roadmap dsb

Mr.sprin
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 588
Merit: 100



View Profile
April 16, 2019, 02:40:07 AM
 #36

Baca2 dari atas masih gagal paham.
Kalau ERC223 lebih bagus kenapa semua ICO berbasis ethereum yang ane tahu selalu ERC20 ?
Terus apakah token ERC20 bisa di upgrade ke ERC223
setau saya ERC20 tidak bisa  di upgrade ke ERC223,
dan jelas ERC20 lebih unggul dari pada ERC223 bukti nya sekarang banyak ico yang menggunakan ERC20 dan selama ini saya lihat sangat jarang projek yang menggunakan ERC223, ini membuktikan ERC20 lebih unggul dari pada ERC223.

M!R△CLE TELE     BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY     JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
Teknisi88
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 644
Merit: 104


MOOZICORE


View Profile
April 16, 2019, 08:26:31 AM
 #37


setau saya ERC20 tidak bisa  di upgrade ke ERC223,
dan jelas ERC20 lebih unggul dari pada ERC223 bukti nya sekarang banyak ico yang menggunakan ERC20 dan selama ini saya lihat sangat jarang projek yang menggunakan ERC223, ini membuktikan ERC20 lebih unggul dari pada ERC223.

Betul, antara ERC20 dengan ERC223 jelas sangat berbeda dan mereka berdua bukanlah hasil dari upgrade, akan tetapi mereka adalah dua platform yang berbeda, dimana yang ERC20 lebih unggul dalam bidang ico sehingga sangat sering terlihat dalam ico-ico baru.

andyou1234
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 495
Merit: 100


A Blockchain Mobile Operator With Token Rewards


View Profile
April 16, 2019, 09:26:30 AM
 #38

Sebener nya antara jenis token Erc20 dan Erc223 tidak jauh beda si gan diantaranya ialah.
ERC-20 merupakan Standard Token Pertama yg pertamakali pembuatan nya
Sedangkan ERC-223 adalah Anjuran Standar untuk meningkatkan tngkat keamanan nya . Nara sumber langsung aja anda lihat di link ini biar anda lebih tahu pasti , https://medium.com/axionable-ai-and-blockchain/token-ercs-in-ethereum-erc-20-erc-223-erc-777-and-erc-721-8176c0f11c18
Quote
ERC-223: Usulan standar untuk meningkatkan keamanan
Tujuan utama dari proposal standar token ini adalah untuk mencegah kehilangan token selama transfer token. ERC223 ingin memperlakukan token transfer dengan cara yang sama seperti transaksi Ether yang berarti menangani setiap transaksi sebagai suatu peristiwa. Ini bisa mencegah token yang hilang.
Reff: https://medium.com/axionable-ai-and-blockchain/token-ercs-in-ethereum-erc-20-erc-223-erc-777-and-erc-721-8176c0f11c18

Kalau saya baca pada postingan medium diatas tentu saja diterbitkannya ERC-223 ini karena pada standar ERC-20 terdahulu mengalami permasalahan terkait keamanan. Atas laporan dan usulan dari Dexaran maka standar ERC-223 ini dikeluarkan yang tujuannya adalah untuk mencegah kehilangan token selama terjadinya transfer.

M!R△CLE TELE     BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY     JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
abi1988
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 630
Merit: 100


Atronocom Bounty Campaign


View Profile WWW
April 16, 2019, 10:12:34 AM
 #39


Reff: https://medium.com/axionable-ai-and-blockchain/token-ercs-in-ethereum-erc-20-erc-223-erc-777-and-erc-721-8176c0f11c18

Kalau saya baca pada postingan medium diatas tentu saja diterbitkannya ERC-223 ini karena pada standar ERC-20 terdahulu mengalami permasalahan terkait keamanan. Atas laporan dan usulan dari Dexaran maka standar ERC-223 ini dikeluarkan yang tujuannya adalah untuk mencegah kehilangan token selama terjadinya transfer.

Pada intinya fungsi mereka hampir sama gan, yaitu meningkatkan keamanan dan mencegah hilangnya token ketika ada transfer, makanya keduanya itu sama-sama bagus meskipun yang sering kita jumpai adalah ERC-20.

ATRONOCOM  ]   BUILT FOR YOU ANDYOUR CRYPTO LIFESTYLE
|   bitcointalk    WP  |    ❨  JOIN CROWDSALE 
   TELEGRAM   twitter
Radja Rimba
Member
**
Offline Offline

Activity: 448
Merit: 18

A Blockchain Mobile Operator With Token Rewards


View Profile
April 16, 2019, 10:24:59 AM
 #40

Pada intinya fungsi mereka hampir sama gan, yaitu meningkatkan keamanan dan mencegah hilangnya token ketika ada transfer, makanya keduanya itu sama-sama bagus meskipun yang sering kita jumpai adalah ERC-20.
Bukannya standar ERC223 sudah diadopsi oleh ERC20 gan ? Sebagaimana fungsi dari ERC223 adalah untuk mencegah hilangnya token saat ditrasnfer maka saya pikir keamanan dari standar ERC20 sudah lebih meningkat berkat adanya standar baru dari ERC223.

△ M!R△CLE TELE   ▌  BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY  ▐   JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
Pages: « 1 [2] 3 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!