Bitcoin Forum
September 17, 2019, 07:52:28 PM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.18.1 [Torrent]
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 [2] 3 4 »  All
  Print  
Author Topic: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining  (Read 633 times)
missfanx
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 30
Merit: 0


View Profile
June 22, 2018, 06:53:14 AM
 #21

ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1568749948
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568749948

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568749948
Reply with quote  #2

1568749948
Report to moderator
ipinkang
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 0


View Profile WWW
June 23, 2018, 08:11:03 AM
 #22

     Mining membutuhkan ruangan khusus untuk memperoleh tempat yang aman untuk perangkat kita dari gangguan-gangguan faktor internal dan eksternal. Ruangan khusus mining juga berfungsi untuk memudahkan kontrol suhu ruangan agar tetap dingin, bahkan cloud mining berbayar meletakkan alat mining di pegunungan untuk menjaga suhu tetap dingin, beberapa metode dilakukan oleh beberapa miner yaitu:

1. Ruangan sempit Ber AC
    GPU yang tidak memerlukan ruang luas dimanfaatkan dengan membuat ruangan sempit ber AC agar
    suhu maksimal mudah didapatkan, metode ini banyak dilakukan para miner karena simple, praktis serta 
    dengan AC yang kecil dapat menghemat biaya listrik untuk mempercepat ROI.

2. Membuat kotak dengan sirkulasi blower ukuran besar
    Membuat kotak dengan kayu dengan ukuran disesuaikan dengan blower yang besar kaarah atas
    dengan diberi lubang di arah bawah agar sirkulasi udara panas langsung tertiup keluar dari box yang 
    berisi GPU mining.

3. Menggunakan kulkas
    Cara ekstrim ini harus benar-benar di kalkulasikan dengan baik, karena jika salah perhitungan terdapat   
    uap air yang dapat mengancam GPU mining. Keuntungan dengan menggunakan metode ini biaya listrik
    tidak sebesar menggunakan AC tapi prinsipnya memanfaatkan ruang sempit bersuhu dingin. Biasanya 
    diberikan blower ukuran kecil untuk membuang hawa panas yang dikeluarkan GPU yang ada didalam 
    kulkas untuk mencegah pengembunan,  prinsipnya seperti mobil yang diterpa hujan lebat. Biasanya 
    menggunakan jenis kulkas tempat minuman ringan.

4. Goa di pegunungan
    Seperti kita tahu jika pegunungan adalah AC alami karena suhu udara diatas pegunungan sangat dingin 
    maka hal itu dimanfaatkan para penyedia cloud mining yang bermodal besar untuk menyimpan alat
    miningnya di goa yang ada dipegunungan agar suhu alat mining tetap dalam keadaan dingin.

Dari beberapa ulasan singkat metode ruangan untuk mining diatas mudah mudahan bermanfaat untuk para miner, Jadi para miner pilih metode yang mana untuk membangun ruangan khusus miningnya?
sekian.
Untuk cara yang nomer 3 sudah pernah dibahas disini :
https://bitcointalk.org/index.php?topic=114296.0
Silahkan dibaca baca siapa tahu bermanfaat.
Kriss.Kross
Member
**
Offline Offline

Activity: 103
Merit: 35


View Profile
June 26, 2018, 06:25:29 AM
 #23

ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC

untuk sekarang apakah abang menerapkan cara seperti ini ?? Terus terang saya sudah mencoba memasukan salah satu mining rig ke ruangan kerja dirumah (ada ACnya), tapi penurunan suhu yg didapat tidak signifikan. Cuman berbeda 2-3 derajat dengan saat mining rig saya taruh luar dan dibantu dengan kipas angin buat sirkulasinya. Dan semisal kita harus menambahkan AC khusus buat mining Rig, berarti otomatis ada biaya tambahn yg mesti dikeluarkan setiap bulannya.

Btw ac yg dipakai berapa PK bang , biar pemakaiannya efisien ??

#Menunggu saat yang tepat untuk mining kembali
black45
Member
**
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 15


View Profile
June 26, 2018, 01:52:48 PM
 #24

ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC
kalau ente tinggal di kutub dan pegunungan es baru gak butuh ac pakai suhu yang di sana sudah bagus, kalau masih daerah puncak lereng atau lainnya ya tetap butuh di indonesia negara tropis, di bogor pun suhunya kurang untuk mendinginkan vga masih butuh pendingin tambahan karena vga bekerja 24jam ini semua demi kelangsungan vga
batusangkar87
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 104



View Profile
June 27, 2018, 08:34:50 AM
 #25

klo saya sendiri 11 GPU di dalam ruangan 2,5x2,5M dengan 3 exhaust dan 1 kipas angin sudah cukup   
butuh modal brp tuh gan buat build keseluruhan gtu?soalnya saya juga punya 6gpu cuma ga make exhaust sama sekali,
syaa ngandelin kipas angin saja dan tempat jg sebenernya kurang bagus krna sirkulasi udaranya kurang
saya123
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 308
Merit: 100



View Profile
June 29, 2018, 10:17:06 AM
 #26

ilmu2 yang bermanfaat banged ..
tapi kembali juga ke masing2 daerah tempat tinggal, klo di tempat saya ga ada namanya cuaca dingin. tetap harus mengambil langkah dengan AC
kalau ac itu cuma komponen pendukung aja gan , jadi kalaupun tidak bisa make ac make kipas angin aja sudah cukup .
yg penting pendinginan ruangan dan ventilasi ruangan memadai aja gan jadi mining rig tidak cepet berdebu

cutputroe
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 490
Merit: 100



View Profile
July 01, 2018, 02:49:20 AM
 #27

Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .

Keadaan yang seperti itu rata_rata perumahan yang dekat dengan pergunungan ya gan,karena kalou didaerah perkotaan ruangan mining tentu membutuhkan AC karena tidak cukop sirkulasi udaranya.
Powerman001
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 513
Merit: 100



View Profile
July 07, 2018, 01:58:47 AM
 #28

     Mining membutuhkan ruangan khusus untuk memperoleh tempat yang aman untuk perangkat kita dari gangguan-gangguan faktor internal dan eksternal. Ruangan khusus mining juga berfungsi untuk memudahkan kontrol suhu ruangan agar tetap dingin, bahkan cloud mining berbayar meletakkan alat mining di pegunungan untuk menjaga suhu tetap dingin, beberapa metode dilakukan oleh beberapa miner yaitu:

1. Ruangan sempit Ber AC
    GPU yang tidak memerlukan ruang luas dimanfaatkan dengan membuat ruangan sempit ber AC agar
    suhu maksimal mudah didapatkan, metode ini banyak dilakukan para miner karena simple, praktis serta 
    dengan AC yang kecil dapat menghemat biaya listrik untuk mempercepat ROI.

2. Membuat kotak dengan sirkulasi blower ukuran besar
    Membuat kotak dengan kayu dengan ukuran disesuaikan dengan blower yang besar kaarah atas
    dengan diberi lubang di arah bawah agar sirkulasi udara panas langsung tertiup keluar dari box yang 
    berisi GPU mining.

3. Menggunakan kulkas
    Cara ekstrim ini harus benar-benar di kalkulasikan dengan baik, karena jika salah perhitungan terdapat   
    uap air yang dapat mengancam GPU mining. Keuntungan dengan menggunakan metode ini biaya listrik
    tidak sebesar menggunakan AC tapi prinsipnya memanfaatkan ruang sempit bersuhu dingin. Biasanya 
    diberikan blower ukuran kecil untuk membuang hawa panas yang dikeluarkan GPU yang ada didalam 
    kulkas untuk mencegah pengembunan,  prinsipnya seperti mobil yang diterpa hujan lebat. Biasanya 
    menggunakan jenis kulkas tempat minuman ringan.

4. Goa di pegunungan
    Seperti kita tahu jika pegunungan adalah AC alami karena suhu udara diatas pegunungan sangat dingin 
    maka hal itu dimanfaatkan para penyedia cloud mining yang bermodal besar untuk menyimpan alat
    miningnya di goa yang ada dipegunungan agar suhu alat mining tetap dalam keadaan dingin.

Dari beberapa ulasan singkat metode ruangan untuk mining diatas mudah mudahan bermanfaat untuk para miner, Jadi para miner pilih metode yang mana untuk membangun ruangan khusus miningnya?
sekian.

Beberapa metode sudah ada yang di terapkan oleh perusahaan penambangan seperti di goa atau rock ice mining yang beberapa bulan lalu juga mengadakan ico.
menggunakan ruangan sempit berAC ini juga sudah dijalankan oleh salah satu perusahaan. tapi yang menggunakan kulkas ini sangat beresiko menurut saya.
salam hangat.
Fadliai
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 238
Merit: 0


View Profile
July 07, 2018, 08:15:17 AM
 #29

Saya lebih lebih memilih ruang sempit ber AC, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan juga praktis. Terima kasih gan udah berbagi info nya.
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1335


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
July 07, 2018, 09:53:00 AM
Merited by dbshck (1)
 #30

Saya lebih lebih memilih ruang sempit ber AC, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan juga praktis. Terima kasih gan udah berbagi info nya.

Jika mining rig yg diletakkan dalam ruangan tidak sedikit, penggunaan metode AC menurut saya kurang efektif. Saya sudah pernah mencoba menerapkan hal ini dengan menggunakan AC 1.5PK pada ruangan 3m x 2m dengan jumlah VGA diatas 12x , dan tidak dalam waktu yg lama suhu ruangan menjadi sangat panas dan pengab, dan rata-rata suhu VGA diatas 70c dan bahkan ada beberapa yg menembus suhu 80c. Suhu akan mengalami penurunan manakala pintu ruangan itu dibuka, akan tetapi efek dari hal ini menyebabkan suhu ruangan didalam rumah juga ikut menjadi gerah.

Berbeda sekali dengan saat menggunakan metode exhaust dan blower pada ruangan sempit tersebut. Meskipun tanpa ac dan hanya menggunakan 4 Kipas mode blower untuk memasukkan angin dari luar dan 3 kipas mode exhaust untuk mengalirkan hawa panas ke luar ruangan, suhu rata-rata VGA bisa stabil dibawah 70c (dengan kondisi ruangan tertutup). Dan keuntungan lainnya adalah pemakaian daya dari total 7 Kipas outdoor AC bekas ini tidak sebesar pemakaian daya dari AC 1.5PK. Dan mungkin dibutuhkan AC diatas 2PK atau 3PK untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin, akan tetapi juga akan dibutuhkan daya konsumsi yang lebih besar dan akan berimbas ke bertambahnya pengeluaran operasional yang harus dikeluarkan.

Code:
1 Kipas Outdoor AC 1.5PK bekas = ~ 50 watt
7x Kipas 1.5PK bekas = ~ 350 watt

1 AC 1.5 PK = ~ 900 watt


Berikut ini adalah penampakan suhu rata-rata dari salah satu mining rig yg saya letakkan didalam ruangan 3x2
Quote

Dermelon
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 436
Merit: 366



View Profile
July 07, 2018, 10:55:00 AM
Merited by dbshck (1), joniboini (1), jillscarbrough (1)
 #31

Saya lebih lebih memilih ruang sempit ber AC, karena uang yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan juga praktis. Terima kasih gan udah berbagi info nya.

Jika mining rig yg diletakkan dalam ruangan tidak sedikit, penggunaan metode AC menurut saya kurang efektif. Saya sudah pernah mencoba menerapkan hal ini dengan menggunakan AC 1.5PK pada ruangan 3m x 2m dengan jumlah VGA diatas 12x , dan tidak dalam waktu yg lama suhu ruangan menjadi sangat panas dan pengab, dan rata-rata suhu VGA diatas 70c dan bahkan ada beberapa yg menembus suhu 80c. Suhu akan mengalami penurunan manakala pintu ruangan itu dibuka, akan tetapi efek dari hal ini menyebabkan suhu ruangan didalam rumah juga ikut menjadi gerah.

Berbeda sekali dengan saat menggunakan metode exhaust dan blower pada ruangan sempit tersebut. Meskipun tanpa ac dan hanya menggunakan 4 Kipas mode blower untuk memasukkan angin dari luar dan 3 kipas mode exhaust untuk mengalirkan hawa panas ke luar ruangan, suhu rata-rata VGA bisa stabil dibawah 70c (dengan kondisi ruangan tertutup). Dan keuntungan lainnya adalah pemakaian daya dari total 7 Kipas outdoor AC bekas ini tidak sebesar pemakaian daya dari AC 1.5PK. Dan mungkin dibutuhkan AC diatas 2PK atau 3PK untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin, akan tetapi juga akan dibutuhkan daya konsumsi yang lebih besar dan akan berimbas ke bertambahnya pengeluaran operasional yang harus dikeluarkan.

Code:
1 Kipas Outdoor AC 1.5PK bekas = ~ 50 watt
7x Kipas 1.5PK bekas = ~ 350 watt

1 AC 1.5 PK = ~ 900 watt


Berikut ini adalah penampakan suhu rata-rata dari salah satu mining rig yg saya letakkan didalam ruangan 3x2
Quote

Penggunaan kipas memang solusi yang lebih murah dan bisa efektif, karena Delta T ambient temperatur (termperatur udara ruangan) dan target temperatur VGA cukup besar. Selama pemilihan,penempatan dan pemasangan kipas tepat. Solusi yang dicari adalah peningkatan laju aliran udara. Karena semakin besar laju aliran udara, maka efek pendinginan akan menjadi semakin besar.
Rata-rata termperatur udara ruangan di Indonesia antara 26-32 Celcius. Misalnya kita ambil termperatur udara tertinggi yaitu 32 Celcius, jika target temperatur VGA adalah 65 Celcius, artinya delta T adalah 65 celcius -32celcius = 33 Celcius. Dengan Laju aliran udara yang cukup besar, tentunya temperatur udara ruangan sangat mencukupi untuk menjaga VGA di suhu udara targetnya.

fyi, sebagai pembanding. Condensor AC rumah rata-rata bekerja dengan Delta T hanya 10-15 Celcius di siang hari. Terbukti Condensor AC bisa bekerja dengan baik karena didisain untuk bisa memaksimalkan laju aliran udara.

Noted: Diambil dari teori  Thermodinamika dan Perpindahan Panas.
pendulangemas
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 105
Merit: 1


View Profile WWW
July 15, 2018, 01:13:00 PM
 #32

Kalau goa di pegunungan sih ekstrem gan hehe. Coba di papayandayan, dingin. Tapi apa ga berisiko tinggi kalo akses menuju tempat miningnya buruk?  Grin
Intinya yang adem dan tidak lembab.
vennz17
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 714
Merit: 252



View Profile
July 15, 2018, 03:08:06 PM
 #33

Info ini sangat menarik tetapi saya masih bingung dengan metode yang kedua. Kotak kayunya berbentuk bagaimana dan diletakkan seperti apa. Agan ada gambar atau referensi gak? kalau ada tolong di share dong. hehe

Kemudian metode yang keempat jika digunakan di Indonesia saya rasa agak kurang masuk di akal karena seperti yang kita ketahui jika mining itu membutuhkan listrik dan terutama koneksi internet. Namun di Indonesia koneksi internet didaerah pegunungan atau di dalam gua saya rasa sangat sangat minim. Apakah masuk di akal agan metode keempat ini? saya rasa tidak
batusangkar87
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 104



View Profile
July 16, 2018, 12:53:23 PM
 #34

Kalau goa di pegunungan sih ekstrem gan hehe. Coba di papayandayan, dingin. Tapi apa ga berisiko tinggi kalo akses menuju tempat miningnya buruk?  Grin
Intinya yang adem dan tidak lembab.


yg penting dalam mining ruangan bagus untuk sirkulasinya dan juga keadaan ruangan bersih jadi ga banyak debu di mining rig kita.
intinya sih itu saja arti dalam ruangan mining yg bagus dan rekomendasi kurang lebih kayak gitu hee
irondaru
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 17
Merit: 0


View Profile
July 17, 2018, 12:34:28 AM
 #35

Di saya 18 VGA tanpa kipas atau apapun, cuma mengandalkan pendinginan alami yaitu AC alias angin cendela.
Pernah saya kipas nyedot, malah gak ngaruh apapun dan otomatis menambah keberisikan serta konsumsi listrik lebih banyak.

Soalnya lokasi saya sudah dingin Cheesy
bukti_cinta90
Member
**
Offline Offline

Activity: 326
Merit: 10


View Profile
July 17, 2018, 05:32:11 AM
 #36

Kalau goa di pegunungan sih ekstrem gan hehe. Coba di papayandayan, dingin. Tapi apa ga berisiko tinggi kalo akses menuju tempat miningnya buruk?  Grin
Intinya yang adem dan tidak lembab.


yg penting dalam mining ruangan bagus untuk sirkulasinya dan juga keadaan ruangan bersih jadi ga banyak debu di mining rig kita.
intinya sih itu saja arti dalam ruangan mining yg bagus dan rekomendasi kurang lebih kayak gitu hee

repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.

△ M!R△CLE TELE   ▌  BRINGING MAGIC TO THE TELECOM INDUSTRY  ▐   JOIN US NOW!
▐▐   40% Biweekly Rewards     ▬▬▬   Calls at €0.2   ▬▬▬     Traffic from €0.01 worldwide   ▌▌
▬▬▬▬▬▬   ANN  Lightpaper  Bounty  Facebook  Twitter  Telegram   ▬▬▬▬▬▬
punk.zink
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 134
Merit: 137


View Profile
July 17, 2018, 10:17:21 AM
 #37

Di saya 18 VGA tanpa kipas atau apapun, cuma mengandalkan pendinginan alami yaitu AC alias angin cendela.
Pernah saya kipas nyedot, malah gak ngaruh apapun dan otomatis menambah keberisikan serta konsumsi listrik lebih banyak.

Soalnya lokasi saya sudah dingin Cheesy

Kipas yang dipakai kipas biasa atau kipas exhaust ?? Dan apakah dengan menggunakan sirkulasi lewat jendela kondisi mining rig tidak cepat kotor/berdebu ??

Klo berkenan boleh dong ditampilkan ruangannya disini. Siapa tau bisa memberikan inspirasi  Wink



repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.

Ane jadi penasaran, yang jadi patokan agan dalam menilai suhu dingin dan panas dalam kegiatan mining rig ini berapa celcius ya ??
BitcoinCazh
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 100



View Profile
July 17, 2018, 03:26:19 PM
 #38

repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.
yang penting itu buka suhu ruangan gan tapi suhu pada PC kita, pada GPU kita kalau bisa tetap rendah dan stabil karena berpengaruh kepada performa dan juga keawetan GPU untuk jangka panjang
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1335


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
July 18, 2018, 12:56:16 AM
Last edit: July 25, 2018, 09:12:53 AM by abhiseshakana
 #39

yang penting itu buka suhu ruangan gan tapi suhu pada PC kita, pada GPU kita kalau bisa tetap rendah dan stabil karena berpengaruh kepada performa dan juga keawetan GPU untuk jangka panjang

Sedikit tambahan Om .. ruangan suhu juga harus diperhatikan, soalnya pasti bakalan susah menjaga suhu mining rig tetap/stabil pada targetnya jika suhu ruangannya sendiri panas (tanpa adanya sirkulasi atau pendingin ruangan). Malam ama siang saja bacaan suhu VGA berbeda, sama juga saat musim kemarau dibandingkan dengan musim hujan  Grin

Jadi kesimpulannya untuk memperoleh suhu mining rig yang stabil (didalam ruangan khusus), ada beberapa faktor yang perlu digaris bawahi.

~ Pengaturan kipas VGA yang tepat dan usahakan jangan 90%-100% load supaya kipas VGA tidak cepat rusak.
~ Menjaga suhu ruangan sesuai target dan selalu menjaga kebersihan dalam ruangan.
~ Mengatur sirkulasi udara pada ruangan sedemikian rupa.
~ Melakukan maintenance rutin pada mining rig, ruangan dan peralatan sirkulasi udara.

CMIIW

manusiabawang
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 140
Merit: 0


View Profile
July 18, 2018, 01:57:08 PM
 #40

Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .
Mungkin lebih baik lagi jika tinggal didaerah pegunungan gan, didaerah tersebut sudah pasti memiliki cuaca yang dingin dan mungkin itu ide yang bagus untuk orang orang yang mendalami dunia mining
Pages: « 1 [2] 3 4 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!