Bitcoin Forum
September 01, 2026, 11:51:25 AM *
News: Latest Bitcoin Core release: 31.1 [Torrent]
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: [1]
  Print  
Author Topic: Visi Adopsi Bitcoin & Realita Stablecoin Card  (Read 173 times)
This is a self-moderated topic. If you do not want to be moderated by the person who started this topic, create a new topic.
mu_enrico (OP)
Copper Member
Legendary
*
Offline

Activity: 3164
Merit: 2480


Slots Enthusiast & Expert


View Profile WWW
August 26, 2026, 05:45:45 AM
Merited by Husna QA (2), ryzaadit (1), MAAManda (1)
 #1

Masih ingat dengan visi Bitcoin yang dulu sempat populer di komunitas, terkait dollar (fiat) yang kehilangan nilainya karena Bank Sentral terus mencetak uang. Kemudian barang dan jasa akan menggunakan kurs BTC sehingga BTC akan digunakan pada setiap transaksi barang dan jasa. Dalam visi tsb, BTC pada tahap ini telah menggantikan dollar (fiat).

Namun, setelah ane membaca berita ini Stablecoin card spending forecast to hit $50 billion a year by 2028 - RedotPay ane berpikir sepertinya visi itu tidak lagi relevan karena yang digunakan malah stablecoin yang saat ini terus meroket adopsinya. Malah stablecoin USD ane terawang akan menjadi produk andalan ekspor Mamarika! Bukan tidak mungkin adopsi stablecoin USD malah akan semakin menggila, terutama di negara berkembang yang mata uangnya terus memburik.

Bayangkan kalau IDR terus melemah dan warga boleh menyimpan stablecoin di dompet mereka. Akhirnya alih-alih simpan BTC, mereka bisa jadi akan simpan USD. Praktis warga akan memilih USD karena mereka bisa membelanjakan stablecoin mereka dengan stablecoin card. Tidak kena volatilitas pula ketika menyimpannya.

Kerumitan yang menjadi penghalang adopsi pun sudah setipis tisu karena pengguna stablecoin card ini tidak perlu mencari merchant yang pasang "kami menerima USDT/USDC" karena kartu ini bisa digunakan di merchant visa/mastercard pada umumnya. Nanti transaksi konversi USDT/USDC ke USD terjadi di belakang layar. Masih ingat dengan era mencari merchant yang menerima BTC, saat ini sudah tidak lagi dibutuhkan. Konsep seperti ini pernah ane utarakan terkait payment gateway BTC, tapi nampaknya masih terkendala volatilitas dan fees yang besar.

Asalkan penjual quotes atau menggunakan harga IDR, dan kemudian pembeli bayar pakai IDR, medium perantara yang digunakan bisa apa saja.

Permasalahannya walaupun payment gateway itu boleh, misalnya:
- Pembeli transfer IDR 150rb -> BTC exchanger -> Penjual menerima IDR 150rb

Transaksi ini ga ada faedahnya untuk saat ini, tidak lebih baik dan tidak lebih murah daripada bayar pakai e-wallet, QRIS, atau transfer bank langsung. Kecuali di masa depan biaya pakai platform gateway BTC ini bisa lebih kecil daripada misalnya depo e-wallet (IDR 1rb - 1,5rb) atau biaya merchant QRIS. Coba bayangkan agan scan QR code di merchant pakai apps bank kesayangan agan untuk belanja (tidak ada potongan), dan kemudian fee untuk penjual juga lebih murah dari QRIS.

Bisa juga:
- Pembeli ambil senilai IDR 150rb dari tabungan BTC-nya -> BTC exchanger -> Penjual menerima IDR 150rb

Transaksi ini minim peminat karena ga banyak yang punya tabungan BTC dan terlebih lagi di antara orang yang punya tabungan BTC ga banyak yang mau pakai BTC-nya buat belanja.

Isu ini sudah solved dengan stablecoin card?

BK8? 
.....OFFICIAL SPONSORSHIP.....
 
Burnley Football Club
BK8 Gresini Racing MotoGP
███████████████████████████
███████████████████████████
███████████████████████████
█████████▀▀██▀██▀▀█████████
█████████████▄█████████████
███████████████████████
████████████████████████
████████████▄█▄█████████
████████▀▀███████████
██████████████████
▀███████████████████▀
▀███████████████▀
█████████████████████████
▄███████████████████████████▄
█████████████████████████████
█████▀▀▄▄▄▄▄▄▄█▄▄▄▄▄▄▄█████
█████▄██▄▄▄██▄▄▄▄▄▄███▄▄████
████▄▄▄▄▄▄▄▄▄████████▄▄▄█████

██████▀██████████████████████
████▀▄█▄███▀▀▀▀█████████▀▀▄▄▄
██▀▄█▀▀░▄▄▄████▄▄▀▀▀▀▀▀▄██▀▀░
▄██████▄▄█████████████▀▀░░░░
░▀▀▀██████████████████▀░░▄▄▄▄
▄█▀▀██▄▀████████████▄██▄███▀▀
▀▄███▄▀█░████████████████████
█████████████████████████
.
..PLAY NOW..
abhiseshakana
Legendary
*
pizza
Offline

Activity: 2982
Merit: 2619



View Profile WWW
August 26, 2026, 05:53:01 PM
Merited by mu_enrico (1)
 #2

Dari penjelasan agan @mu_enrico, berarti stable coin itu sifatnya memenuhi kriteria fungsi uang sebagai alat tukar dan satuan hitung sedangkan bitcoin lebih  cocok sebagai penyimpan nilai. Naik daunnya stable coin menurut saya tidak lepas dari pilihan pengguna yang notabene memilih alat pembayaran selalu dengan prioritas pemikiran ;  keamanan nilainya, kemudahan diterima oleh penjual, kemudahan digunakan, besaran biaya dan kecepatannya baru setelahnya tekhnologi atau sistemnya.

Korelasi kuat dengan fiat yang ekosistemnya sudah mapan membuat pengguna stable coin merasa relatif aman,  karena harapan  pengguna stable coin adalah mengeliminasi kemungkinan uangnya kehilangan daya beli dan  tetap bisa membelanjakan uangnya. Menurut saya bisa disimpulkan juga bahwa pengguna hanya menginginkan kemudahan mengakses uang mereka  dengan tekhnologi yang lebih baik bukan mengganti uang atau melakukan revolusi keuangan .

Kayaknya probabilitas bitcoin menjadi alat pembayaran universal sudah pupus dengan keberadaan stable coin kecuali kepercayaan pada institusi dan negara benar  benar sudah hilang, seperti di El Savador dimana Bitcoin justru menunjukkan  relevansinya sebagai aset moneter netral ketika kebutuhan terhadap kebebasan moneter  semakin besar. Semakin kesini kita semakin menyadari juga bahwa ternyta adopsi crypto tidak selalu berakhir  dengan dedolarization karena yang kita lihat justru memperkuat proses dolarisasi digital. Potensi menjadi produk ekspor andalan AS dengan bungkus yang baru  sesuai terawangan agan sangat mungkin terealisasi.


▄▄████████████████████▄▄
████████████████████████
██████████████████████████
██████████████████████████
███▄▄▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄▄██
██████████▐████▐██████
███▀██████▀▀████▀▀███████
██████████████████████
████▄▄██▄▄▄▄███▄▄▄███████
██████▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀██████
██████████████████████████

████████████████████████
▀▀████████████████████▀▀

..1win..
█████████████████████████
█████████████████████████
████████████▀░░░▀▀▀▀█████
█████████▀▀▀█▄░░░░░░░████
████▀▀░░░░░░░█▄░▄░░░▐████
████▌░░░░▄░░░▐████░░▐███
█████░░░▄██▄░░██▀░░░█████
█████▌░░▀██▀░░▐▌░░░▐█████
██████░░░░▀░░░░█░░░▐█████
██████▌░░░░░░░░▐█▄▄██████
███████▄░░▄▄▄████████████
█████████████████████████
█████████████████████████

..POKER..
█████████████████████████
█████████████████████████
███████████▀▀▀███████████
███████▀▀░░▄▄▄░░▀▀███████
██████▄░░░░███░░░░▄██████
█████░▀▀█▄▄░░░▄▄█▀▀░█████
█████░██░░▀▀█▀▀░░██░█████
█████░░░░░░░█░██░▄▄░█████
█████▄░░░▄▄░█░▄▄░▀▀▄█████
███████▄▄▀▀░█░▀▀▄▄██████
███████████▄█▄███████████
█████████████████████████
█████████████████████████

..GAMES..
█████████████████████████
█████████████████████████
████████▀▀░░░░░▀▀████████
██████░░▄██▄░▄██▄░░██████
█████░░████▀░▀████░░█████
████░░░░▀▀░░░░░▀▀░░░░████
████░░▄██░░░░░░░██▄░░████
████░░████░░░░░████░░████
█████░░▀▀░▄███▄░▀▀░░████
██████░░░░▀███▀░░░░██████
████████▄▄░░░░░▄▄████████
█████████████████████████
█████████████████████████
TedMosby
Hero Member
*****
Offline

Activity: 1358
Merit: 558


Spinly.io - Next-gen Crypto iGaming Platform


View Profile WWW
August 27, 2026, 04:48:07 AM
Merited by ryzaadit (1), mu_enrico (1), masulum (1)
 #3

Menurut saya, visi itu sudah gak relevan sejak lama. Sejak orang lebih milih hodl ketimbang menggunakannya untuk transaksi sehari2. Visi itu semakin luntur sejak framing Bitcoin sebagai store of value. Memang sepertinya sedikit hal yg bisa mendukung visi itu, selain semangat desentralisasi di awal. Volatility, speed, fees, dll ya semua kita tahu sendiri.

Belum lagi secara psikologi, yg bisa menyakitkan, yg bisa ditimbulkan oleh transaksi BTC yg kita lakukan. Kayak ada perasaan semacam, kalo bayar pake BTC nanti pas harganya naik, jadi end up with bayar lebih mahal. Saya sampe sekarang masih ada penyesalan dan keinget terus bagaimana saya jual BTC untuk beli/bayar ini itu. Selalu terngiang gimana kalo saya gak lakukan itu, mungkin saya sudah ini itu sekarang. Gimana Laszlo Hanyecz ya Grin

Suka ga suka, untuk saat ini, dunia kripto ini sudah jadi industri. Dari visi melawan fiat dan bank, jadi malah menguatkan fiat dan bank.

BTW, Di X sekarang malah banyak yg sharing pengalaman bayar QRIS pake stablecoin, lewat Bitget Wallet, p2p.me seperti yg pernah dishare agan @Rashlyowl di thread ini https://bitcointalk.org/index.php?topic=5578205, dll. Kalau ini, jatuhnya menguatkan keduanya (USDT-IDR) atau gimana? Soalnya dari segi QRISnya, transaksi juga ikut keangkat.

Kalo saya, kayaknya kalo di Indonesia, metode pembayaran seperti Stablecoin X QRIS ini yang mungkin akan semakin naik. Kalo diluar, crypto card aja naiknya pesat, 3 kali lipat dalam 1 tahun [1]. Gimana yg digital ya?



Source:
[1] https://x.com/azwardiiqbal/status/2091574163807080496/


░▄████████████▀▄
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄██
████████████░█▀
████░▄▄▄███████
████▄▄▄▄▄▄▄▄░▄██
▀▀▀▀▀▀▀▀████░███
████████████░███
████████████░█▀

░▄████████████▀▄
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄██
████████████░███
████████████░███
████████████░███
████▄▄▄▄████░██▀
████▀▀▀▀▀▀▀▀░▀
████░█▀

░▄████████████▀▄
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄██
████████████░█▀
█████████░▄▄▄
█████████░███
░▄░██████░██▀██
▀▀░██████░▀██▄██
████████████░█▀

░▄███████▀░▄██▀▄
▀▀▀▀▀▀▀▀██▀▀▀▄██
████████████░███
████████████░███
██░▄░███████░███
██░█░███████░███
████████████░███
████████████░█▀

░▄██████▀▄
▀▀▀▀▀▀▀▄██
██████░███
██████░███
██████░███
██████░███████▀▄
██████░▀▀▀▀▀▀▄██
████████████░█▀

░▄████▀██▄█████▀▄
▀▀▀▀▀███▀▀▀▀▀▀▄██
█████████████░███
█████░█░█████░███
█████░▀░█████░███
█████████████░█▀
██████████░▄▄▄
██████████░█▀
 
.....  Next−Gen Crypto iGaming  .....
| 
     Play now      
MAAManda
Legendary
*
Offline

Activity: 2324
Merit: 1062


I'm a Nicegang, 🫸🏻Izin...


View Profile WWW
August 28, 2026, 04:38:01 PM
 #4

Kayaknya probabilitas bitcoin menjadi alat pembayaran universal sudah pupus dengan keberadaan stable coin kecuali kepercayaan pada institusi dan negara benar  benar sudah hilang, seperti di El Savador dimana Bitcoin justru menunjukkan  relevansinya sebagai aset moneter netral ketika kebutuhan terhadap kebebasan moneter  semakin besar. Semakin kesini kita semakin menyadari juga bahwa ternyta adopsi crypto tidak selalu berakhir  dengan dedolarization karena yang kita lihat justru memperkuat proses dolarisasi digital. Potensi menjadi produk ekspor andalan AS dengan bungkus yang baru  sesuai terawangan agan sangat mungkin terealisasi.

Pandangan dari saya, probabilitas belum sepenuhnya pupus ya om, Bitcoin (BTC) masih punya keunggulan di sisi desentralisasi & kontrol. Aspek ini tidak bisa diklaim oleh penerbit-penerbit stablecoin bahwa mereka juga punya. Satu-satunya cara agar Bitcoin (BTC) kembali dipertimbangkan adalah dengan adanya kekacauan di sistem stablecoin itu sendiri.

Yah... kita tidak tahu dalam 1 sampai 5 tahun kedepan akan ada apa, bisa jadi kekacauan sistem yang saya maksudkan terjadi dalam rentang waktu itu.


Sumber Gambar: CoinLaw

Saya juga skeptis sebenarnya dengan adopsi Bitcoin (BTC) untuk kehidupan sehari-hari, karena dilihat dari data pertumbuhan channel LN juga sejak puncaknya terus menurun sampai di tahun ini bulan 5 hanya sekitar 41K channel LN, kita lihat sajalah bagaimana kedepannya om.

R


▀▀▀▀▀▀▀██████▄▄
████████████████
▀▀▀▀█████▀▀▀█████
████████▌███▐████
▄▄▄▄█████▄▄▄█████
████████████████
▄▄▄▄▄▄▄██████▀▀
LLBIT|
4,000+ GAMES
███████████████████
██████████▀▄▀▀▀████
████████▀▄▀██░░░███
██████▀▄███▄▀█▄▄▄██
███▀▀▀▀▀▀█▀▀▀▀▀▀███
██░░░░░░░░█░░░░░░██
██▄░░░░░░░█░░░░░▄██
███▄░░░░▄█▄▄▄▄▄████
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
█████████
▀████████
░░▀██████
░░░░▀████
░░░░░░███
▄░░░░░███
▀█▄▄▄████
░░▀▀█████
▀▀▀▀▀▀▀▀▀
█████████
░░░▀▀████
██▄▄▀░███
█░░█▄░░██
░████▀▀██
█░░█▀░░██
██▀▀▄░███
░░░▄▄████
▀▀▀▀▀▀▀▀▀
||.
|
▄▄████▄▄
▀█▀
▄▀▀▄▀█▀
▄░░▄█░██░█▄░░▄
█░▄█░▀█▄▄█▀░█▄░█
▀▄░███▄▄▄▄███░▄▀
▀▀█░░░▄▄▄▄░░░█▀▀
░░██████░░█
█░░░░▀▀░░░░█
▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
▄░█████▀▀█████░▄
▄███████░██░███████▄
▀▀██████▄▄██████▀▀
▀▀████████▀▀
.
▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
░▀▄░▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄░▄▀
███▀▄▀█████████████████▀▄▀
█████▀▄░▄▄▄▄▄███░▄▄▄▄▄▄▀
███████▀▄▀██████░█▄▄▄▄▄▄▄▄
█████████▀▄▄░███▄▄▄▄▄▄░▄▀
███████████░███████▀▄▀
███████████░██▀▄▄▄▄▀
███████████░▀▄▀
████████████▄▀
███████████
▄▄███████▄▄
▄████▀▀▀▀▀▀▀████▄
▄███▀▄▄███████▄▄▀███▄
▄██▀▄█▀▀▀█████▀▀▀█▄▀██▄
▄██▀▄███░░░▀████░███▄▀██▄
███░████░░░░░▀██░████░███
███░████░█▄░░░░▀░████░███
███░████░███▄░░░░████░███
▀██▄▀███░█████▄░░███▀▄██▀
▀██▄▀█▄▄▄██████▄██▀▄██▀
▀███▄▀▀███████▀▀▄███▀
▀████▄▄▄▄▄▄▄████▀
▀▀███████▀▀
OFFICIAL PARTNERSHIP
SOUTHAMPTON FC
FAZE CLAN
SSC NAPOLI
mu_enrico (OP)
Copper Member
Legendary
*
Offline

Activity: 3164
Merit: 2480


Slots Enthusiast & Expert


View Profile WWW
August 28, 2026, 04:58:36 PM
 #5

Kayaknya probabilitas bitcoin menjadi alat pembayaran universal sudah pupus dengan keberadaan stable coin kecuali kepercayaan pada institusi dan negara benar  benar sudah hilang, seperti di El Savador dimana Bitcoin justru menunjukkan  relevansinya sebagai aset moneter netral ketika kebutuhan terhadap kebebasan moneter  semakin besar. Semakin kesini kita semakin menyadari juga bahwa ternyta adopsi crypto tidak selalu berakhir  dengan dedolarization karena yang kita lihat justru memperkuat proses dolarisasi digital. Potensi menjadi produk ekspor andalan AS dengan bungkus yang baru  sesuai terawangan agan sangat mungkin terealisasi.
Ini paragraf yang dirangkai dengan baik, +1
Kepercayaan kepada insitusi dan negara, terkhusus Mamarika, malah tidak pudar-pudar -> dolarisasi digital -> malah trend-nya menguat dengan semakin diadopsinya stablecoin dan melemahnya mata uang di berbagai negara.

Suka ga suka, untuk saat ini, dunia kripto ini sudah jadi industri. Dari visi melawan fiat dan bank, jadi malah menguatkan fiat dan bank.
Nah ini, outcome yang sebelumnya tidak ane prediksi kalau teknologi cryptocurrency yang tadinya ingin lepas dari sistem fiat dan bank dan malah dipakai oleh fiat dan bank.

p2p.me dsb yang lama-lama itu masih belum streamline gan, tidak seperti stablecoin card ini yang langsung tidak perlu ke website dsb. Tinggal gesek dan beres.
Hanya saja kalau di Konoha memang belum ada bank tradisional yang menerima stablecoin, walaupun sudah banyak yang menerima USD.

Satu-satunya cara agar Bitcoin (BTC) kembali dipertimbangkan adalah dengan adanya kekacauan di sistem stablecoin itu sendiri.
kekacauan di bagian apa nich? Kalau di jaringan masalahnya stablecoin itu ada di berbagai jaringan. Jadinya kacau 1 yang masih ada banyak yang lain yang bisa digunakan.
Kalau kekacauan di monetary -> dollar yang kehilangan nilainya, masalahnya Mamarika malah lebih sukses ekspor dollar, sehingga dollar menguat.

---

Btw use case BTC malah jadi:
- jadi underlying collateral (kasus Strategy)
- jadi store of value/investasi
- jadi underlying KPR (produk baru coinbase)

BK8? 
.....OFFICIAL SPONSORSHIP.....
 
Burnley Football Club
BK8 Gresini Racing MotoGP
███████████████████████████
███████████████████████████
███████████████████████████
█████████▀▀██▀██▀▀█████████
█████████████▄█████████████
███████████████████████
████████████████████████
████████████▄█▄█████████
████████▀▀███████████
██████████████████
▀███████████████████▀
▀███████████████▀
█████████████████████████
▄███████████████████████████▄
█████████████████████████████
█████▀▀▄▄▄▄▄▄▄█▄▄▄▄▄▄▄█████
█████▄██▄▄▄██▄▄▄▄▄▄███▄▄████
████▄▄▄▄▄▄▄▄▄████████▄▄▄█████

██████▀██████████████████████
████▀▄█▄███▀▀▀▀█████████▀▀▄▄▄
██▀▄█▀▀░▄▄▄████▄▄▀▀▀▀▀▀▄██▀▀░
▄██████▄▄█████████████▀▀░░░░
░▀▀▀██████████████████▀░░▄▄▄▄
▄█▀▀██▄▀████████████▄██▄███▀▀
▀▄███▄▀█░████████████████████
█████████████████████████
.
..PLAY NOW..
MAAManda
Legendary
*
Offline

Activity: 2324
Merit: 1062


I'm a Nicegang, 🫸🏻Izin...


View Profile WWW
August 28, 2026, 06:11:33 PM
 #6

kekacauan di bagian apa nich? Kalau di jaringan masalahnya stablecoin itu ada di berbagai jaringan. Jadinya kacau 1 yang masih ada banyak yang lain yang bisa digunakan.
Kalau kekacauan di monetary -> dollar yang kehilangan nilainya, masalahnya Mamarika malah lebih sukses ekspor dollar, sehingga dollar menguat.

Di postingan sebelumnya saya ada kaitkan Bitcoin (BTC) yang punya keunggulan desentralisasi penuh & kontrol, berarti kekacauan di salah satunya om. Misalnya di "kontrol", publisher punya kebijakan yang bisa mengontrol dana dalam bentuk pembekuan.


Sumber Gambar: Dune

Sejauh ini memang Tether & Circle sebagai publisher masih terlihat objektif, tapikan kita tidak tahu bagaimana kedepannya, seperti itu yang saya maksud om...

R


▀▀▀▀▀▀▀██████▄▄
████████████████
▀▀▀▀█████▀▀▀█████
████████▌███▐████
▄▄▄▄█████▄▄▄█████
████████████████
▄▄▄▄▄▄▄██████▀▀
LLBIT|
4,000+ GAMES
███████████████████
██████████▀▄▀▀▀████
████████▀▄▀██░░░███
██████▀▄███▄▀█▄▄▄██
███▀▀▀▀▀▀█▀▀▀▀▀▀███
██░░░░░░░░█░░░░░░██
██▄░░░░░░░█░░░░░▄██
███▄░░░░▄█▄▄▄▄▄████
▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
█████████
▀████████
░░▀██████
░░░░▀████
░░░░░░███
▄░░░░░███
▀█▄▄▄████
░░▀▀█████
▀▀▀▀▀▀▀▀▀
█████████
░░░▀▀████
██▄▄▀░███
█░░█▄░░██
░████▀▀██
█░░█▀░░██
██▀▀▄░███
░░░▄▄████
▀▀▀▀▀▀▀▀▀
||.
|
▄▄████▄▄
▀█▀
▄▀▀▄▀█▀
▄░░▄█░██░█▄░░▄
█░▄█░▀█▄▄█▀░█▄░█
▀▄░███▄▄▄▄███░▄▀
▀▀█░░░▄▄▄▄░░░█▀▀
░░██████░░█
█░░░░▀▀░░░░█
▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
▄░█████▀▀█████░▄
▄███████░██░███████▄
▀▀██████▄▄██████▀▀
▀▀████████▀▀
.
▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄
░▀▄░▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄░▄▀
███▀▄▀█████████████████▀▄▀
█████▀▄░▄▄▄▄▄███░▄▄▄▄▄▄▀
███████▀▄▀██████░█▄▄▄▄▄▄▄▄
█████████▀▄▄░███▄▄▄▄▄▄░▄▀
███████████░███████▀▄▀
███████████░██▀▄▄▄▄▀
███████████░▀▄▀
████████████▄▀
███████████
▄▄███████▄▄
▄████▀▀▀▀▀▀▀████▄
▄███▀▄▄███████▄▄▀███▄
▄██▀▄█▀▀▀█████▀▀▀█▄▀██▄
▄██▀▄███░░░▀████░███▄▀██▄
███░████░░░░░▀██░████░███
███░████░█▄░░░░▀░████░███
███░████░███▄░░░░████░███
▀██▄▀███░█████▄░░███▀▄██▀
▀██▄▀█▄▄▄██████▄██▀▄██▀
▀███▄▀▀███████▀▀▄███▀
▀████▄▄▄▄▄▄▄████▀
▀▀███████▀▀
OFFICIAL PARTNERSHIP
SOUTHAMPTON FC
FAZE CLAN
SSC NAPOLI
taufik123
Legendary
*
artcontest
Offline

Activity: 3360
Merit: 2501


Duelbits.com


View Profile
August 31, 2026, 08:40:36 AM
 #7

Kayaknya probabilitas bitcoin menjadi alat pembayaran universal sudah pupus dengan keberadaan stable coin kecuali kepercayaan pada institusi dan negara benar  benar sudah hilang, seperti di El Savador dimana Bitcoin justru menunjukkan  relevansinya sebagai aset moneter netral ketika kebutuhan terhadap kebebasan moneter  semakin besar. Semakin kesini kita semakin menyadari juga bahwa ternyta adopsi crypto tidak selalu berakhir  dengan dedolarization karena yang kita lihat justru memperkuat proses dolarisasi digital. Potensi menjadi produk ekspor andalan AS dengan bungkus yang baru  sesuai terawangan agan sangat mungkin terealisasi.
Ini paragraf yang dirangkai dengan baik, +1
Kepercayaan kepada insitusi dan negara, terkhusus Mamarika, malah tidak pudar-pudar -> dolarisasi digital -> malah trend-nya menguat dengan semakin diadopsinya stablecoin dan melemahnya mata uang di berbagai negara.
Berbicara soal dolarisasi digital malah inget kata-kata Bapak kita tentang orang kampung yang gak pakek Dolar, Padahal jika di Audit sekarang orang desa banyak yang sudah melek dolar,
Terutama mereka yang kerja Online, Jadi creator dll, Malah mereka terbiasa di bayar dengan dolar, Dolar menguat Rupiah Melemah itu yang terjadi sekarang.

Sekarang dengan semakin mudahnya orang-orang pakek dolar atau yang di crypto bisa pakai Payment Gateway seperti yang ada Bitget Wallet.
Kebetulan kmarena juga sempet coba bayar Kopi dan makanan di Kafe bayar Pakey USDT di Bitget Wallet, Via Qris sangat mudah dan cepet.


mu_enrico (OP)
Copper Member
Legendary
*
Offline

Activity: 3164
Merit: 2480


Slots Enthusiast & Expert


View Profile WWW
August 31, 2026, 10:56:43 AM
 #8

Di postingan sebelumnya saya ada kaitkan Bitcoin (BTC) yang punya keunggulan desentralisasi penuh & kontrol, berarti kekacauan di salah satunya om. Misalnya di "kontrol", publisher punya kebijakan yang bisa mengontrol dana dalam bentuk pembekuan.
Argumen ini valid, cuma entah kenapa warga mainstream tetap antusias ke stablecoin card (dan yang sejenisnya kek bitget wallet). Mungkin mereka menilai risiko duitnya dibekukan dsb itu tidak worth it dengan beralih menggunakan BTC, terutama fees dan volatilitas.

Sekarang dengan semakin mudahnya orang-orang pakek dolar atau yang di crypto bisa pakai Payment Gateway seperti yang ada Bitget Wallet.
Kebetulan kmarena juga sempet coba bayar Kopi dan makanan di Kafe bayar Pakey USDT di Bitget Wallet, Via Qris sangat mudah dan cepet.
Ini kursnya ~17,400 IDR, cukup kompetitif kalau kurs USD/IDR di ~17,700.
Mungkin bisa dispill pada saat tanggal transaksi kurs USD/IDR di angka berapa?

---

Btw ini semua sudah menerima kenyataan kalau visi BTC menggantikan fiat itu pupus? Atau masih ada kemungkinan lainnya?

BK8? 
.....OFFICIAL SPONSORSHIP.....
 
Burnley Football Club
BK8 Gresini Racing MotoGP
███████████████████████████
███████████████████████████
███████████████████████████
█████████▀▀██▀██▀▀█████████
█████████████▄█████████████
███████████████████████
████████████████████████
████████████▄█▄█████████
████████▀▀███████████
██████████████████
▀███████████████████▀
▀███████████████▀
█████████████████████████
▄███████████████████████████▄
█████████████████████████████
█████▀▀▄▄▄▄▄▄▄█▄▄▄▄▄▄▄█████
█████▄██▄▄▄██▄▄▄▄▄▄███▄▄████
████▄▄▄▄▄▄▄▄▄████████▄▄▄█████

██████▀██████████████████████
████▀▄█▄███▀▀▀▀█████████▀▀▄▄▄
██▀▄█▀▀░▄▄▄████▄▄▀▀▀▀▀▀▄██▀▀░
▄██████▄▄█████████████▀▀░░░░
░▀▀▀██████████████████▀░░▄▄▄▄
▄█▀▀██▄▀████████████▄██▄███▀▀
▀▄███▄▀█░████████████████████
█████████████████████████
.
..PLAY NOW..
taufik123
Legendary
*
artcontest
Offline

Activity: 3360
Merit: 2501


Duelbits.com


View Profile
Today at 01:45:18 AM
 #9

Ini kursnya ~17,400 IDR, cukup kompetitif kalau kurs USD/IDR di ~17,700.
Mungkin bisa dispill pada saat tanggal transaksi kurs USD/IDR di angka berapa?
Kmaren pas transaksi tanggal 28 Agustus 2026 dengan kurs 1 USDT=17,403 IDR dan Biaya jaringan 0 alias gratis via jaringan BNB.
Prosesnya juga cepet ya seperti QRIS pada umumnya yang langsung pakai IDR.
Kadang lagi proses hanya beberapa detik saja selesai.



---
Btw ini semua sudah menerima kenyataan kalau visi BTC menggantikan fiat itu pupus? Atau masih ada kemungkinan lainnya?
Entahlah, beberapa pihak memang menyatakan bahwa tujuan BTC untuk menggantikan Fiat telah pupus namun Tidak gagal dan membuat Bitcoin mati.
Mungkin hanya peralihan narasi saja dari yang awalnya sebagai Alat pembayaran harian menggantikan Fiat (Medium of Exchange) ke  Emas Digital (Store of Value) untuk lindung nilai inflasi.

Karena masalah utama kenapa tidak bisa menggantikan Fiat sekarang adalah,
- Skalabilitas dan Kecepatan
- Volatilitas yang Tinggi
- Regulasi Pemerintah

BTC mungkin Pupus sebagai alat pembayaran harian pengganti Fiat untuk bayar kopi, makanan dan transaksi kecil lainnya,
Tapi sekarang malah jadi Alat investasi dan juga di sebut sebagai "Emas Digital" yang di akui oleh banyak institusi besar.


mu_enrico (OP)
Copper Member
Legendary
*
Offline

Activity: 3164
Merit: 2480


Slots Enthusiast & Expert


View Profile WWW
Today at 08:11:52 AM
 #10

Kmaren pas transaksi tanggal 28 Agustus 2026 dengan kurs 1 USDT=17,403 IDR dan Biaya jaringan 0 alias gratis via jaringan BNB.
Prosesnya juga cepet ya seperti QRIS pada umumnya yang langsung pakai IDR.
Kadang lagi proses hanya beberapa detik saja selesai.
Trims infonya berarti benar ada perbedaan sekitar IDR 300 saja karena ane cek google kurs ketika itu di 17,700-an.
Berarti kalau transaksi $10 paling hanya kena biaya kurs IDR 3.000 saja dan itu cukup murah.
Kalau tidak ada biaya lainnya ya berarti dompet ini sudah bisa dipakai layaknya e-wallet biasa (OVO, DANA, dsb).

BTC mungkin Pupus sebagai alat pembayaran harian pengganti Fiat untuk bayar kopi, makanan dan transaksi kecil lainnya,
Tapi sekarang malah jadi Alat investasi dan juga di sebut sebagai "Emas Digital" yang di akui oleh banyak institusi besar.
Mungkin BTC pegged di jaringan BNB bisa jadi solusi di Bitget wallet tsb kalau spreadnya sekecil USDT.
Tapi ya balik lagi itu bukan BTC beneran dan masih ada volatilitas juga.
Dan memang dari sisi psikologis itu lebih enggan untuk membayar menggunakan mata uang yang lebih bernilai (Gresham's Law).

BK8? 
.....OFFICIAL SPONSORSHIP.....
 
Burnley Football Club
BK8 Gresini Racing MotoGP
███████████████████████████
███████████████████████████
███████████████████████████
█████████▀▀██▀██▀▀█████████
█████████████▄█████████████
███████████████████████
████████████████████████
████████████▄█▄█████████
████████▀▀███████████
██████████████████
▀███████████████████▀
▀███████████████▀
█████████████████████████
▄███████████████████████████▄
█████████████████████████████
█████▀▀▄▄▄▄▄▄▄█▄▄▄▄▄▄▄█████
█████▄██▄▄▄██▄▄▄▄▄▄███▄▄████
████▄▄▄▄▄▄▄▄▄████████▄▄▄█████

██████▀██████████████████████
████▀▄█▄███▀▀▀▀█████████▀▀▄▄▄
██▀▄█▀▀░▄▄▄████▄▄▀▀▀▀▀▀▄██▀▀░
▄██████▄▄█████████████▀▀░░░░
░▀▀▀██████████████████▀░░▄▄▄▄
▄█▀▀██▄▀████████████▄██▄███▀▀
▀▄███▄▀█░████████████████████
█████████████████████████
.
..PLAY NOW..
abhiseshakana
Legendary
*
pizza
Offline

Activity: 2982
Merit: 2619



View Profile WWW
Today at 08:59:54 AM
 #11

Btw ini semua sudah menerima kenyataan kalau visi BTC menggantikan fiat itu pupus? Atau masih ada kemungkinan lainnya?

Kemaren saya sempat diskusi masalah ini dengan istri, saya coba share disini pendapatnya

Istri : Mewakili pendapat  bahwa Hiperbitcoinisasi itu impossible, dengan pertimbangan halangan regulasi, intervensi negara dalam berbagai bentuk mulai yang ringan sampai yang paling saklek bisa mengisolasi  bitcoin balik ke underground market. Secara kalau bitcoin bener2 jadi alat tukar yang diakui menggantikan fiat, pemerintah gak bakalan punya power apapun di ekonomi, jadi fungsi negara bukan lagi penggerak ekonomi tapi jadi penyedia jasa keamanan, hukum dan infrastruktur  yang profesional, sehingga warga mau bayar jasa negara tanpa paksaan dengan pajak menggunakan bitcoin, sebagaus apapun negara gak bisa menjamin zero crime, apalagi denga sifat bitcoin yang permissionless dan tahan sensor dan gak ada istilah blacklist. Tekhnokrat ahlipun pasti mumet cari celah amannya. Apalagi kalau ditambah masih adanya resiko 51% attack meskipun sangat kecil atau ancaman quantum computing, pasti masalah kepercayaan pada keammannya sistem gak lolos checklist mengingat resikonya gak terukur.  Belum lagi hambatan yang diberikan oleh 3% populasi di puncak piramida untuk mempertahankan sistem yang sudah terbukti profit ekstrem untuk mereka.

Ada yang lucu menurut istri, populasi di bumi ini mayoritas perempuan, kampanye kemudahan CBDC oleh pemerintah lebih dilirik daripada narasi desentralisasi bitcoin sespektakuler apapun. Gak usah jauh-jauh level perusahaan atau negara di level rumah tangga saja simulasinya. Dengan asumsi kalau masalah volatiliatas dan skalabilitas bitcoin gak beres, banyak emak-emak yang akan menghadapai stres finansial karena harga beras pagi sama sore bisa beda, biaya beli seikat bayam lebih mahal dari harga bayamnya 1 ikat.

Terakhir, istri mengaitkan dengan ke narasi akhir zaman bahwa emas dan perak yang memiliki nilai serta perang akhir zaman kembali ke fase pedang dan kuda, yang mungkin kekacauannya sangat dasyat sehingga infrastruktur tekhnologi musnah.

Istri menutup diskusi dengan yaa secara de facto bitcoin itu ada dan valuable tapi secara de yure bitcoin itu nothing. Tapi ternyata diskusi ditutup dengan question mark, gimana kalau yang dimaksud emas di narasi akahir zaman itu adalah bitcoin ? Atau bagaimana kalau bitcoin itu alat yang menunjukkan seberapa buruknya fiat yang membawa transisi kembali ke alat tukar yang memiliki intrinsik value.

▄▄████████████████████▄▄
████████████████████████
██████████████████████████
██████████████████████████
███▄▄▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▄▄██
██████████▐████▐██████
███▀██████▀▀████▀▀███████
██████████████████████
████▄▄██▄▄▄▄███▄▄▄███████
██████▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀██████
██████████████████████████

████████████████████████
▀▀████████████████████▀▀

..1win..
█████████████████████████
█████████████████████████
████████████▀░░░▀▀▀▀█████
█████████▀▀▀█▄░░░░░░░████
████▀▀░░░░░░░█▄░▄░░░▐████
████▌░░░░▄░░░▐████░░▐███
█████░░░▄██▄░░██▀░░░█████
█████▌░░▀██▀░░▐▌░░░▐█████
██████░░░░▀░░░░█░░░▐█████
██████▌░░░░░░░░▐█▄▄██████
███████▄░░▄▄▄████████████
█████████████████████████
█████████████████████████

..POKER..
█████████████████████████
█████████████████████████
███████████▀▀▀███████████
███████▀▀░░▄▄▄░░▀▀███████
██████▄░░░░███░░░░▄██████
█████░▀▀█▄▄░░░▄▄█▀▀░█████
█████░██░░▀▀█▀▀░░██░█████
█████░░░░░░░█░██░▄▄░█████
█████▄░░░▄▄░█░▄▄░▀▀▄█████
███████▄▄▀▀░█░▀▀▄▄██████
███████████▄█▄███████████
█████████████████████████
█████████████████████████

..GAMES..
█████████████████████████
█████████████████████████
████████▀▀░░░░░▀▀████████
██████░░▄██▄░▄██▄░░██████
█████░░████▀░▀████░░█████
████░░░░▀▀░░░░░▀▀░░░░████
████░░▄██░░░░░░░██▄░░████
████░░████░░░░░████░░████
█████░░▀▀░▄███▄░▀▀░░████
██████░░░░▀███▀░░░░██████
████████▄▄░░░░░▄▄████████
█████████████████████████
█████████████████████████
Pages: [1]
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!