Bitcoin Forum
August 22, 2019, 05:00:47 PM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.18.0 [Torrent] (New!)
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 2 3 4 5 6 7 8 9 [10] 11 12 13 14 15 »  All
  Print  
Author Topic: [FAQS][Tips] Tanya Jawab Seputar Mining  (Read 19991 times)
This is a self-moderated topic. If you do not want to be moderated by the person who started this topic, create a new topic.
samudra88
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 1
Merit: 0


View Profile
March 28, 2019, 10:54:35 AM
 #181

Para Suhu maaf ane masih newbe pengen belejar mining, dengan modal 10 jt bisa dapet spek yg gmn ya... mohon bimbingan....
1566493247
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1566493247

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1566493247
Reply with quote  #2

1566493247
Report to moderator
1566493247
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1566493247

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1566493247
Reply with quote  #2

1566493247
Report to moderator
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
March 28, 2019, 11:19:43 AM
 #182

Para Suhu maaf ane masih newbe pengen belejar mining, dengan modal 10 jt bisa dapet spek yg gmn ya... mohon bimbingan....

Klo boleh tau alokasi budget 10Jt itu mau dibelikan sama PCnya (Mb, HDD, Ram, Psu, dll) atau cuman buat beli VGA-nya saja ??

Btw, udah tau profitability mining saat ini kan ?

elda34b
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 310


First 100% Liquid Stablecoin Backed by Gold


View Profile
March 29, 2019, 12:38:22 AM
Merited by abhiseshakana (1)
 #183

Para Suhu maaf ane masih newbe pengen belejar mining, dengan modal 10 jt bisa dapet spek yg gmn ya... mohon bimbingan....

Ikutan bertanya, apakah agan tidak punya komputer di rumah? Kalau tujuannya hanya sekedar belajar ane rasa ga perlu beli komputer baru / perangkat RIG. Bisa nyoba" di komputer yang dipunyai saja (tentunya dengan target belajar doang, ga dapetin duit banyak). Ane belajar mining dengan laptop 2,5 jutaan di Linux, dan lumayan juga hasil ilmunya.

Dante.444
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 31
Merit: 4


View Profile
March 29, 2019, 09:58:35 AM
Merited by dbshck (4)
 #184

Para Suhu maaf ane masih newbe pengen belejar mining, dengan modal 10 jt bisa dapet spek yg gmn ya... mohon bimbingan....

kalau saran gw dgn modal 10jt mending ente nyari mining rig seken ato asic bekas macam s9, L3, x3
kebetulan harga peralatan mining lagi pada turun, tp pas wktu beli bawa temen yg sekiranya ngrti mengenai mining, biar ente dapetnya peralatan mining yg kondisinya masih bagus
abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
March 29, 2019, 12:59:31 PM
 #185


kalau saran gw dgn modal 10jt mending ente nyari mining rig seken ato asic bekas macam s9, L3, x3
kebetulan harga peralatan mining lagi pada turun, tp pas wktu beli bawa temen yg sekiranya ngrti mengenai mining, biar ente dapetnya peralatan mining yg kondisinya masih bagus

Sarannya bagus Om .. Tapi setidaknya sebelum memutuskan untuk membeli mining rig or Asic dianalisa dulu profitabilitas dari hardware yg akan dibeli. Jadi semisal agan mau membeli RX series atau antminer S9, maka kenali dulu coin-coin yg bisa dimining dari hardware tersebut apa saja dan berapa estimasi profit/loss yg bisa dihasilkannya saat ini (dan potensi kedepannya). Cara paling mudah ya menggunakan mining calculator (ex: https://whattomine.com) atau jika agan demen berhitung bisa menghitungnya manual berdasarkan data-data dari hardware, exchange dan Mining Pool.

Pada saat akan membeli mining rig 2nd, jika agan tidak terlalu memahami permasalahan hardware atau terkendala karena membelinya secara Online, pastikan saja barang tersebut masih dalam kondisi garansi resmi atau minimal mendapat garansi personal dari pihak penjual jika barangnya ada kendala pada saat diterima, barang tersebut bisa dikembalikan (duit agan bisa balik lg).

punk.zink
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 134
Merit: 137


View Profile
March 30, 2019, 01:27:10 AM
 #186

Para Suhu maaf ane masih newbe pengen belejar mining, dengan modal 10 jt bisa dapet spek yg gmn ya... mohon bimbingan....

kalau boleh sedikit saran . apabila masih dalam taraf belajar sebaik nya menggunakan PC seadanya saja om, tp kalau memang pengen cepet bisa tambahin vga amd and nvidia  minim 4gb yang murah. rx550 4gb and gtx 1050ti second menurut saya sangat cocok untuk belajar. kalau pun mau dijual lagi pasti rugi nya dikit.
AnakJendral
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22

Trust: ???: -0 / +99


View Profile
April 05, 2019, 03:31:44 PM
 #187

gan mengenai issue ProgPow, apakah ETH bakal jadi ke ProgPow atau cuma sekedar wacana aja?
nah kalo beneran jadi, gimana proses hybrid konsensus nya nanti? setau ane konsep yang akan digunakan adalah casper FFG Huh
abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
April 06, 2019, 01:59:11 AM
Merited by pandukelana2712 (1)
 #188

gan mengenai issue ProgPow, apakah ETH bakal jadi ke ProgPow atau cuma sekedar wacana aja?
nah kalo beneran jadi, gimana proses hybrid konsensus nya nanti? setau ane konsep yang akan digunakan adalah casper FFG Huh

Peralihan algoritma mining ETH ke ProgPow sudah menjadi bahan diskusi buat para anggota developer ETH, dan tampaknya dari hasil diskusi terbaru pada tanggal 29 Maret kemarin (Ethereum Core Devs Meeting 58 Notes) untuk rencana implementasi ProgPow akan ditentukan lewat voting (http://www.progpowcarbonvote.com/)

Untuk model konsensusnya sendiri saya tidak terlalu mengikuti, mungkin untuk lebih jelasnya agan bisa langsung melihatnya kesini
https://docs.ethhub.io/ethereum-roadmap/ethereum-2.0/eth-2.0-phases/

AnakJendral
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22

Trust: ???: -0 / +99


View Profile
April 10, 2019, 01:25:10 PM
 #189

mantep moga aja progpow jadi di implementasikan
ane jarang online BCT tar PM ane kalau jadi release, kita adain sukuran buat peminer VGA, hahaha
abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
April 10, 2019, 03:32:32 PM
 #190

mantep moga aja progpow jadi di implementasikan
ane jarang online BCT tar PM ane kalau jadi release, kita adain sukuran buat peminer VGA, hahaha

Btw kok jadi sering maen ke CB Mining Om .. apakah Om mulai terjun ke ranah mining, atau sudah mining dari dulu tapi diam-diam saja  Grin

Sekiranya klo nanti jadi dilaunching (ProgPow) ada kemungkinan profitability ETH akan ikut naik, karena hashrate mining dari para Asic miner akan berkurang dalam jumlah yg lumayan besar.

Mungkin untuk berita besar seperti itu tanpa harus saya PM pun Om AJ bakalan tahu kok.. Tapi insyaallah akan tetap saya PM, kali aja saya dapat hibahan VGA yg sudah tidak dipake lagi  Roll Eyes

Dermelon
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 436
Merit: 366



View Profile
April 10, 2019, 07:35:14 PM
 #191

mantep moga aja progpow jadi di implementasikan
ane jarang online BCT tar PM ane kalau jadi release, kita adain sukuran buat peminer VGA, hahaha

Btw kok jadi sering maen ke CB Mining Om .. apakah Om mulai terjun ke ranah mining, atau sudah mining dari dulu tapi diam-diam saja  Grin

Sekiranya klo nanti jadi dilaunching (ProgPow) ada kemungkinan profitability ETH akan ikut naik, karena hashrate mining dari para Asic miner akan berkurang dalam jumlah yg lumayan besar.

Mungkin untuk berita besar seperti itu tanpa harus saya PM pun Om AJ bakalan tahu kok.. Tapi insyaallah akan tetap saya PM, kali aja saya dapat hibahan VGA yg sudah tidak dipake lagi  Roll Eyes

Ikutan dong di PM .. Smiley
abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
April 11, 2019, 03:32:09 AM
 #192

Ikutan dong di PM .. Smiley

Lama tak jumpa Om .. Btw sekarang lagi mining apa , ato malah jangan-jangan mining rig belum pada dirakit semenjak pindahan kemarin ?

Udah pernah nyobain Grin belum.

Saugani
Member
**
Offline Offline

Activity: 588
Merit: 35

Building trust team to any Delegates-Validator


View Profile WWW
April 12, 2019, 06:18:21 PM
 #193


Peralihan algoritma mining ETH ke ProgPow sudah menjadi bahan diskusi
Iya wak!! singkatan dari ProgPow adalah ini kan yah “Programmatic Proof-of-Work” dari sebutan bahasanya saja program matic berarti mungkin ada rencana secara matic untuk memasukan suatu program terhadap Asic’s mining yang beredar begitu banyak saat ini, kalo ditarik kesimpulan isu isu yang beredar begitu agar upaya menetralisir RIG dll. Kalau dibuka via petisi voting akan banyak yang ikut polling ini mungkin termasuk saya nantinya Wink btw ini link jenis voting kenapa gak bisa dibuka ya

Untuk model konsensusnya sendiri
kalau dilihat dari sini https://docs.ethhub.io/ethereum-roadmap/ethereum-2.0/eth-2.0-phases/ semuanya menyangkut segi teknikal nya gak ada informasi lebih tentang mengusung konsensus yang akan datang jelasnya sih Beacon Chain itu mekanisme nya mengusung PoS. Tapi bagus bener wak informasi dari ethhub itu sepertinya memang menyajikan informasi berita ethereum, yah sebaiknya ane bookmark dulu makasih sangat membantu sekali.

AnakJendral
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22

Trust: ???: -0 / +99


View Profile
April 13, 2019, 12:57:43 PM
 #194

mantep moga aja progpow jadi di implementasikan
ane jarang online BCT tar PM ane kalau jadi release, kita adain sukuran buat peminer VGA, hahaha

Btw kok jadi sering maen ke CB Mining Om .. apakah Om mulai terjun ke ranah mining, atau sudah mining dari dulu tapi diam-diam saja  Grin

Sekiranya klo nanti jadi dilaunching (ProgPow) ada kemungkinan profitability ETH akan ikut naik, karena hashrate mining dari para Asic miner akan berkurang dalam jumlah yg lumayan besar.

Mungkin untuk berita besar seperti itu tanpa harus saya PM pun Om AJ bakalan tahu kok.. Tapi insyaallah akan tetap saya PM, kali aja saya dapat hibahan VGA yg sudah tidak dipake lagi  Roll Eyes
kebalik juragan, hahaha

Ikutan dong di PM .. Smiley
asik ada yang ikut hibah VGA Grin
Dermelon
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 436
Merit: 366



View Profile
April 16, 2019, 03:04:47 PM
Last edit: April 16, 2019, 10:45:58 PM by Dermelon
 #195

-snip-

Lama tak jumpa Om .. Btw sekarang lagi mining apa , ato malah jangan-jangan mining rig belum pada dirakit semenjak pindahan kemarin ?

Udah pernah nyobain Grin belum.

Apakabar?
Iya, baru minggu lalu rig mulai dikeluarin dari kardus.
VGA saya 1060 dan 1070, sepertinya ramnya gak cukup buat mining Grin. Untuk sementara bertahan di Suqa dan Ath aja dulu, tapi Swap(XWP) sepertinya lebih profit.

abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
April 16, 2019, 11:45:11 PM
 #196


Iya, baru minggu lalu rig mulai dikeluarin dari kardus.
VGA saya 1060 dan 1070, sepertinya ramnya gak cukup buat mining Grin. Untuk sementara bertahan di Suqa dan Ath aja dulu, tapi Swap(XWP) sepertinya lebih profit.


Klo GTX 1060 nya 6Gb saya rasa masih bisa buat mining Grin Om, tapi pilih yg algo cuckaroo29.

estimasi hashrate Grin (cuckaroo29)
- GTX 1070 = 4.5 - 5 G/s
- GTX 1060 6Gb = 2.5 - 3 G/s

Alternatif lainnya mungkin bisa melirik raven Om, tapi Suqa juga lumayan sih.


abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
May 14, 2019, 07:48:31 AM
 #197


Apakah ada sesuatu yang ingin ditanyakan Gan ... karena nampaknya agan hanya melakukan Quote tanpa memberikan pendapat/pertanyaan apapun.

(Asumsi saya agan adalah member baru disini (bukan orang lama dgn akun baru))

*Jangan sungkan untuk bertanya, karena kegunaan thread ini memang untuk tempat tanya-jawab seputar dunia mining

panjay
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 728
Merit: 323


View Profile
May 17, 2019, 07:56:43 PM
 #198

Misi om, penasaran mau nanya aja..

Kalau ASIC kaya antminer gitu rusak itu gimana om? di Indo sendiri apa udah ada yang bisa repair sendiri?

Kayaknya kalaupun dikirim lagi dan minta di service di luar negeri, pengeluarnya bakal banyak banget, kapan breakevennya.
abhiseshakana
Hero Member
*****
Online Online

Activity: 504
Merit: 1319


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
May 18, 2019, 07:08:35 AM
 #199

Misi om, penasaran mau nanya aja..

Kalau ASIC kaya antminer gitu rusak itu gimana om? di Indo sendiri apa udah ada yang bisa repair sendiri?

Pilihannya ada 3 Om, dibenerin sendiri sebisanya, dibiarkan saja (biasanya ada yg dibongkar dan hanya diambil bagian PSU & Kipasnya saja) atau dikirim balik ke Pihak Bitmain (Kantor Pusat China).

Sebenarnya Bitmain juga mempunyai kantor cabang di Singapore (8 Kallang Ave #09-03/04 Aperia Tower 1), tetapi kayaknya kantor cabang tersebut hanya melayani bagian penjualan saja.


Quote
Kayaknya kalaupun dikirim lagi dan minta di service di luar negeri, pengeluarnya bakal banyak banget, kapan breakevennya.

Sebenarnya jika agan bisa menemukan ekspedisi (pengiriman barang ke luar negeri) dengan tarif pengiriman murah, maka agan bisa mendapatkan shipping cost dibawah 500rb ... Contohnya https://athaexpress.com/jasa-pengiriman-barang-ke-china-paling-murah-dan-biaya-kirimnya/ (ini hanya sekedar contoh saja, bukan rekomendasi)

Tetapi jika Antminer yang agan miliki adalah jenis-jenis terbaru yg memiliki profitability gede, ya sebaiknya harus di service jika rusak (dikirim balik ke Bitmain). Menurut saya mending ROI sedikit lama daripada tidak pernah ROI dikarenakan hardware rusak.

panjay
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 728
Merit: 323


View Profile
May 18, 2019, 09:53:27 PM
 #200


Pilihannya ada 3 Om, dibenerin sendiri sebisanya, dibiarkan saja (biasanya ada yg dibongkar dan hanya diambil bagian PSU & Kipasnya saja) atau dikirim balik ke Pihak Bitmain (Kantor Pusat China).

Sebenarnya Bitmain juga mempunyai kantor cabang di Singapore (8 Kallang Ave #09-03/04 Aperia Tower 1), tetapi kayaknya kantor cabang tersebut hanya melayani bagian penjualan saja.

Hmm kirain udah ada yang sampe level bisa repair sendiri kaya GPU rusak..

Sebenarnya jika agan bisa menemukan ekspedisi (pengiriman barang ke luar negeri) dengan tarif pengiriman murah, maka agan bisa mendapatkan shipping cost dibawah 500rb ... Contohnya https://athaexpress.com/jasa-pengiriman-barang-ke-china-paling-murah-dan-biaya-kirimnya/ (ini hanya sekedar contoh saja, bukan rekomendasi)

Tetapi jika Antminer yang agan miliki adalah jenis-jenis terbaru yg memiliki profitability gede, ya sebaiknya harus di service jika rusak (dikirim balik ke Bitmain). Menurut saya mending ROI sedikit lama daripada tidak pernah ROI dikarenakan hardware rusak.

Saya barusan googling, nemu artikel ini..baru tau ada bea masuknya lagi tapi khusus komponen yang diganti aja+biaya lainnya.

Quote
Sementara untuk barang yang diimpor kembali setelah diperbaiki di luar negeri, di mana barang tersebut selain mengalami perbaikan juga mengalami peningkatan harga barang dari segi ekonomis, akan dikenakan bea masuk atau cukai terhadap bagian-bagian pengganti atau ditambahkan, serta biaya perbaikannya termasuk ongkos angkutan dan asuransi. Dengan catatan tidak ada perubahan fungsi hakiki terhadap barang tersebut

sumber: http://www.beacukai.go.id/berita/barang-impor-diperbaiki-di-luar-negeri-akankah-dikenakan-bea-masuk-lagi.html

dan seandainya harus ganti part gak tercover garansi lumayan juga ya harga partsnya, sekitar 60$
Ya intinya memang gak bisa di repair di sini ya, salah satunya mungkin karena masalah sparepart yang tidak sesuai, belum nemu kanibal yang cocok wkwkkw

Pages: « 1 2 3 4 5 6 7 8 9 [10] 11 12 13 14 15 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!