Bitcoin Forum
September 15, 2019, 11:21:14 PM *
News: Latest Bitcoin Core release: 0.18.1 [Torrent]
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: [1] 2 3 4 »  All
  Print  
Author Topic: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining  (Read 633 times)
aji471
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 77
Merit: 3

Telecoin ¦ The De Facto Crypto Currency for the Te


View Profile
March 17, 2018, 08:19:44 PM
 #1

     Mining membutuhkan ruangan khusus untuk memperoleh tempat yang aman untuk perangkat kita dari gangguan-gangguan faktor internal dan eksternal. Ruangan khusus mining juga berfungsi untuk memudahkan kontrol suhu ruangan agar tetap dingin, bahkan cloud mining berbayar meletakkan alat mining di pegunungan untuk menjaga suhu tetap dingin, beberapa metode dilakukan oleh beberapa miner yaitu:

1. Ruangan sempit Ber AC
    GPU yang tidak memerlukan ruang luas dimanfaatkan dengan membuat ruangan sempit ber AC agar
    suhu maksimal mudah didapatkan, metode ini banyak dilakukan para miner karena simple, praktis serta 
    dengan AC yang kecil dapat menghemat biaya listrik untuk mempercepat ROI.

2. Membuat kotak dengan sirkulasi blower ukuran besar
    Membuat kotak dengan kayu dengan ukuran disesuaikan dengan blower yang besar kaarah atas
    dengan diberi lubang di arah bawah agar sirkulasi udara panas langsung tertiup keluar dari box yang 
    berisi GPU mining.

3. Menggunakan kulkas
    Cara ekstrim ini harus benar-benar di kalkulasikan dengan baik, karena jika salah perhitungan terdapat   
    uap air yang dapat mengancam GPU mining. Keuntungan dengan menggunakan metode ini biaya listrik
    tidak sebesar menggunakan AC tapi prinsipnya memanfaatkan ruang sempit bersuhu dingin. Biasanya 
    diberikan blower ukuran kecil untuk membuang hawa panas yang dikeluarkan GPU yang ada didalam 
    kulkas untuk mencegah pengembunan,  prinsipnya seperti mobil yang diterpa hujan lebat. Biasanya 
    menggunakan jenis kulkas tempat minuman ringan.

4. Goa di pegunungan
    Seperti kita tahu jika pegunungan adalah AC alami karena suhu udara diatas pegunungan sangat dingin 
    maka hal itu dimanfaatkan para penyedia cloud mining yang bermodal besar untuk menyimpan alat
    miningnya di goa yang ada dipegunungan agar suhu alat mining tetap dalam keadaan dingin.

Dari beberapa ulasan singkat metode ruangan untuk mining diatas mudah mudahan bermanfaat untuk para miner, Jadi para miner pilih metode yang mana untuk membangun ruangan khusus miningnya?
sekian.

Telecoin ¦ The De Facto Crypto Currency for the Telecom Industry
1568589674
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568589674

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568589674
Reply with quote  #2

1568589674
Report to moderator
1568589674
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568589674

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568589674
Reply with quote  #2

1568589674
Report to moderator
1568589674
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1568589674

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1568589674
Reply with quote  #2

1568589674
Report to moderator
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
aji471
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 77
Merit: 3

Telecoin ¦ The De Facto Crypto Currency for the Te


View Profile
March 18, 2018, 01:03:09 PM
 #2

Sebagai tambahan untuk noise yang terlalu mengganggu, ada beberapa alternatif cara mengurangi berisiknya :
1. Jika dinding terbuat dari partisi gipsum atau multiplex untuk bagian rongganya bisa dimasukkan glasswool 
    sebagai peredam suara.
2. Bisa juga menggunakan karpet warna hijau yang biasa ada di mushala-mushala
3. Ruangan kedap yang tertutup dari celah-celah pintu atau jendela. fokus hanya pada blower yang di arah 
    kan keluar ruangan lewat atap rumah seperti yang ada di mall-mall

Mudah-mudahan bisa membantu, jika ada hal lainnya silahkan di share untuk kebaikan bersama.

Telecoin ¦ The De Facto Crypto Currency for the Telecom Industry
Memphix
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 350
Merit: 100


View Profile
March 18, 2018, 01:22:05 PM
 #3

kalo ane sih ruangan buat mining rig dipasang 4 exaust, jadi 2 nyedot dari dalam yang 2 lagi masukin udara dari luar, jadinya sirkulasi udara di ruangan bagus panasnya langsung keluar
Jesika Fransiska
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 154
Merit: 3

hi


View Profile
March 18, 2018, 02:35:14 PM
 #4

Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.

█ ▄        GYMREWARDS  |  Get Paid for Exercising! Mine with Your Body!        ▄ █
aji471
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 77
Merit: 3

Telecoin ¦ The De Facto Crypto Currency for the Te


View Profile
March 19, 2018, 02:42:04 PM
 #5

Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.

untuk ruangan dengan sistem pendingin radiator sepertinya akan sulit diterapkan tapi jika satu persatu vga dengan sistem pendingain yang hampir mirip radiator banyak dijual dipasaran gan.

Telecoin ¦ The De Facto Crypto Currency for the Telecom Industry
dondonk
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 364
Merit: 251



View Profile
March 23, 2018, 04:02:14 PM
 #6

Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .
adiphenomenon
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 55
Merit: 0


View Profile WWW
March 23, 2018, 10:13:45 PM
 #7

kalo di daerah udaranya masih dingin, mending buat ruangan (kayak kos kosan) terus temboknya dibolongin terus dikasih teralis abis itu di atapnya dipasang fan buat industri (kalo yg dibawah ini pernah ada yg bilang malahan ga ngefek), gausah dikasih intake sih langsung aja kipasnya buat nyedot keluar, disarankan deket-deket rumah biar bisa di kontrol XD
marlinkanamo
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 210
Merit: 102



View Profile
March 23, 2018, 10:24:48 PM
 #8

saya sih tidak setuju jika Kulkas dijadikan sebagai tempat RIG, ini nanti bisa bahaya pada VGA terkena air lalu berkarat,
saya kira kipas tambahan saja sudah cukup untuk mendinginkan VGA

Dek Aireen
Member
**
Offline Offline

Activity: 126
Merit: 22


View Profile
March 26, 2018, 07:30:41 AM
 #9

Saran nomor 2 kayaknya yang lebih pas. Menggunakan blower dan kotak. Lebih simpel dan efisien biayanya juga mudah pengontrolan. Noise yang mungkin jadi masalah, tapi tampaknya udah ada solusinya dari agan-agan di atas.

Dekaswat
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 39
Merit: 0


View Profile
March 28, 2018, 10:44:27 AM
 #10

harus menyiapkan ruangan khusus yang bagus buat menaruk mining, sementara di dalam ruangan harus pake AC biar suhu ruangan akan tetap stabil dan tidak panas.
f4444
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 127
Merit: 0


View Profile
April 02, 2018, 05:32:40 AM
 #11

ruangan khusus memang perlu untuk menekan suhu panasnya, tapi kalo untuk menekan suhu panas banyak beberapa metode seperti yang agan beberkan. tapi yang saya ingin tahu cara mencegah suara bising mesin mining? oleh karena itu saya ingin tahu penjelasan untuk meredam suara bising dari mesing minig.
slimfit88
Member
**
Offline Offline

Activity: 252
Merit: 11


View Profile
April 02, 2018, 12:49:54 PM
 #12

kalau di pegunungan sih sangat antimainstream itu  Cool, tapi bagaimana mencapai listrik dan internetnya disana, yang paling simple dan banyak di lakukan itu kek ane ruangan ber AC terkadang untuk meminimalisir listrik AC tidak 24jam karena ane hanya mempunyai 1 RIG, kalau AC ruangan tidak ane gunakan, biasanya ane ganti dengan kipas angin yang langsung ke VGA untuk tetap menjaga suhunya
Stateray
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 42
Merit: 0


View Profile
April 03, 2018, 03:55:30 PM
 #13

kalo ane sih ruangan buat mining rig dipasang 4 exaust, jadi 2 nyedot dari dalam yang 2 lagi masukin udara dari luar, jadinya sirkulasi udara di ruangan bagus panasnya langsung keluar
benar sekali pak,  di ruangan mining rekan saya juga dipasang 4 exaust, jadi jika tidak di atur benar benar suhu ruangan tidak akan stabil suhu panas dengan suhu ac.kalau perlu jika ruangan besar lebih baik pilih ac yang PK besar, untuk menyeimbangkan suhu panas dari alat mining.
Muhaimun
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 36
Merit: 0


View Profile
May 19, 2018, 09:53:58 PM
 #14

Ruangan untuk mining itu harus yg ber AC gen . Kalau tidak ada AC apa masih bisa kita membuat ruangan untuk mining apa ada pengaruhnya dengan ruangan yg ber AC sama yg tidak
akhzayn
Sr. Member
****
Offline Offline

Activity: 420
Merit: 254


View Profile WWW
May 20, 2018, 08:06:11 PM
 #15

Ruangan untuk mining itu harus yg ber AC gen . Kalau tidak ada AC apa masih bisa kita membuat ruangan untuk mining apa ada pengaruhnya dengan ruangan yg ber AC sama yg tidak
untuk perbedaan suhu alat mining yang berAC dengan yang tidak sekitar 2 sampai 5 derajat . itu sesuai dengan pengalaman yang saya alami di lapangan,
I-LOVE-YOU
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 93
Merit: 0


View Profile
June 20, 2018, 01:07:02 PM
 #16

bisa saja tidak usah pada goa , goa juga susah untuk jangkauan jaringan internet . disaran kan mengganti istilah daerah tinggi
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 532
Merit: 1333


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
June 20, 2018, 04:04:42 PM
Last edit: July 18, 2018, 01:45:08 AM by abhiseshakana
Merited by dbshck (2), adjiadjo (1), valuater (1)
 #17

Saya pribadi juga menerapkan satu ruangan khusus buat Mining Rig, cuman untuk sirkulasi tidak menggunakan media AC (AC ada tapi dinon-aktifkan), melainkan memakai sistem exhaust di atap dan fan blower ditengah dan dibawah (semua memakai Fan outdoor AC bekas).

Dan dari penerapan ruangan khusus buat mining rig ini, ada beberapa manfaat yang bisa saya garis bawahi :

~ Suhu mining rig bisa stabil dibawah 70C
~ Terhindar dari jangkauan anak-anak
~ Suhu ruangan rumah jadi normal (karena suhu panas yang dikeluarkan mining rig langsung terbuang keluar rumah)
~ Karena sifatnya tertutup (blower memakai filter kasa), debu dan kotoran yang melekat di komponen mining rig jadi berkurang
~ Suara bising dari mining rig lebih terisolasi

Quote






Boordup77
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 140
Merit: 0


View Profile WWW
June 21, 2018, 02:12:10 PM
 #18

Sebaiknya sebelum kita memulai mining, tempat harus menjadi prioritas utama, mulai dari pengaturan sirkulasi udara, kebersihan serta luas tempat untuk melakukan mining. Akan tetapi sesuai dengan pengalaman, tetap kita akan melihat kondisi cuaca setempat, jika dalam cuaca dingin dan terbuka, maka AC sebagai alternatif saja, bisa dipakai bila diperlukan....
kastara
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 504
Merit: 100



View Profile WWW
June 22, 2018, 12:03:43 AM
 #19

kalau di pasang blower lalu di pasang AC bagaimana dengan suhu di dalam om karena secara tidak langsung udara dingin AC juga terisap keluar dong terus kalau pakai AC kisaran yang ber PK buat netralin suhu udara panas di dalam ruangan tersebut. makasih

Banamustika
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 15
Merit: 0


View Profile
June 22, 2018, 06:20:19 AM
 #20

klo saya sendiri 11 GPU di dalam ruangan 2,5x2,5M dengan 3 exhaust dan 1 kipas angin sudah cukup   
Pages: [1] 2 3 4 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!