Bitcoin Forum
October 14, 2019, 09:20:40 AM *
News: If you like a topic and you see an orange "bump" link, click it. More info.
 
   Home   Help Search Login Register More  
Pages: « 1 2 [3] 4 »  All
  Print  
Author Topic: Metode Membangun Ruangan Khusus Untuk Mining  (Read 637 times)
irondaru
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 18
Merit: 0


View Profile
July 18, 2018, 11:20:52 PM
 #41

Di saya 18 VGA tanpa kipas atau apapun, cuma mengandalkan pendinginan alami yaitu AC alias angin cendela.
Pernah saya kipas nyedot, malah gak ngaruh apapun dan otomatis menambah keberisikan serta konsumsi listrik lebih banyak.

Soalnya lokasi saya sudah dingin Cheesy

Kipas yang dipakai kipas biasa atau kipas exhaust ?? Dan apakah dengan menggunakan sirkulasi lewat jendela kondisi mining rig tidak cepat kotor/berdebu ??

Klo berkenan boleh dong ditampilkan ruangannya disini. Siapa tau bisa memberikan inspirasi  Wink



repot juga ya gan kita dalam menjaga ruangan mining karena selain ruangan harus bersih dari debu ruangan itu juga harus adem dan juga harus slalu dipantou suhu kediginan nya agar suasana dalam ruangan itu tidak panas biar kinerja mining juga tidak bermasalah.

Ane jadi penasaran, yang jadi patokan agan dalam menilai suhu dingin dan panas dalam kegiatan mining rig ini berapa celcius ya ??

Kalu ruangan biasa saja, dulu pake kipas buang hanya saja ternyata gak begitu banyak perubahan. Suhu yang turun tidak banyak hanya 1-2 derajat saja.
Maksud saya angin cendela ya gak langsung dekat cendela alias jendela. cuma ada ruangan kusus di pojokan ruangan lain saya gunakan sebagai tempat menaruh miner.
Nah soal debu ini masalah serius, mau di taruh ruangan sebersih apapun kalau ruangan yang mengandalkan angin alami maka sudah pasti setiap bulan harus di bersihkan.
Kecuali memang ada ruangan ber-AC dan tertutup mungkin bisa mengurangi debu.
saya melakukan bersih bersih setiap bulan sekali terjadwal.

Untuk mengurangi panas pada vga, usahakan jangan terlalu rapat penataan vga-nya.
1571044840
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1571044840

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1571044840
Reply with quote  #2

1571044840
Report to moderator
1571044840
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1571044840

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1571044840
Reply with quote  #2

1571044840
Report to moderator
Advertised sites are not endorsed by the Bitcoin Forum. They may be unsafe, untrustworthy, or illegal in your jurisdiction. Advertise here.
1571044840
Hero Member
*
Offline Offline

Posts: 1571044840

View Profile Personal Message (Offline)

Ignore
1571044840
Reply with quote  #2

1571044840
Report to moderator
narkosahaja
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 7
Merit: 0


View Profile
July 19, 2018, 03:41:43 AM
 #42

Tidak perlu menggunakan Ac jika ruangan yang di gunakan memiliki sirkulasi bagus, dan di gunakan mining di daerah yang bersuhu dingin.
Cukup di butuhkan kipas serta sirkulasi udara yang baik.
saya123
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 308
Merit: 100



View Profile
July 19, 2018, 01:45:04 PM
 #43

Tidak perlu menggunakan Ac jika ruangan yang di gunakan memiliki sirkulasi bagus, dan di gunakan mining di daerah yang bersuhu dingin.
Cukup di butuhkan kipas serta sirkulasi udara yang baik.

bener gan saya juga cuma menggunakan kipas angin saja saat proses mining berjalan , sisanya ya ruangan yg sirkulasinya bagus biar ga berdebu .
dan yg penting itu monitorin saat berjalan juga butuh biar kondisi tetep stabil dan terkontrol dalam semua aspeknya

Acong538645
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 196
Merit: 0


View Profile
July 20, 2018, 11:54:55 AM
 #44

Kalau saya lebih memilih ruangan 3 kali 3 untuk mining dengan kapasitas 1 PK AC, dan dengan Flavon pvc, biar pantulan dingin merata kebawah, dan jendela tutup mati, tampa di buka.
vocovoco
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 45
Merit: 3


View Profile
July 20, 2018, 11:20:23 PM
 #45

nah kalo kulkas bukannya awet malah perangkatnya yang rusak gan, ada bulir air yang bisa buat sistem konslet, soal pendinginan di goa masuk akal juga, tapi penerapannya masih jarang, kalau di goa bisa, berarti di pantai juga layak, maksudnya jika punya rumah wallet, sekalian saja taruh mesin mining disitu.
Vicks-Berg
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22


View Profile
July 22, 2018, 07:08:57 AM
 #46

nah kalo kulkas bukannya awet malah perangkatnya yang rusak gan, ada bulir air yang bisa buat sistem konslet, soal pendinginan di goa masuk akal juga, tapi penerapannya masih jarang, kalau di goa bisa, berarti di pantai juga layak, maksudnya jika punya rumah wallet, sekalian saja taruh mesin mining disitu.

apakah meletakkan mining rig di rumah wallet dipinggir pantai, ga bikin rentan KK ?? yang pertama kotoran dari burung wallet sendiri jika mengenai mining rig pastinya akan mengganggu kinerjanya.
Dan yang kedua angin pantai juga tidak bagus buat mining rig, karena mengandung uap garam yg bisa menyebabkan korosi.
punk.zink
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 134
Merit: 137


View Profile
July 22, 2018, 09:02:39 AM
 #47

nah kalo kulkas bukannya awet malah perangkatnya yang rusak gan, ada bulir air yang bisa buat sistem konslet, soal pendinginan di goa masuk akal juga, tapi penerapannya masih jarang, kalau di goa bisa, berarti di pantai juga layak, maksudnya jika punya rumah wallet, sekalian saja taruh mesin mining disitu.

apakah meletakkan mining rig di rumah wallet dipinggir pantai, ga bikin rentan KK ?? yang pertama kotoran dari burung wallet sendiri jika mengenai mining rig pastinya akan mengganggu kinerjanya.
Dan yang kedua angin pantai juga tidak bagus buat mining rig, karena mengandung uap garam yg bisa menyebabkan korosi.


Kayaknya susah mau menerapkan metode ini dalam kondisi sesungguhnya. Dimana tujuan dari pembangunan Rumah wallet dan mining rig adalah sama-sama untuk mendatangkan income.

Jika penerapannya tidak sejalan bukannya laba yang didapat, tetapi malah akan merugikan keduanya. Karena suhu di rumah wallet tidak boleh terlalu panas dan butuh suasana yg nyaman serta alami. Sedangkan disisi lain mining rig menyebarkan suhu yg relatif panas dan menimbulkan noise yg lumayan mengganggu.
Vicks-Berg
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22


View Profile
July 22, 2018, 05:36:27 PM
Merited by punk.zink (1)
 #48



Kayaknya susah mau menerapkan metode ini dalam kondisi sesungguhnya. Dimana tujuan dari pembangunan Rumah wallet dan mining rig adalah sama-sama untuk mendatangkan income.

Jika penerapannya tidak sejalan bukannya laba yang didapat, tetapi malah akan merugikan keduanya. Karena suhu di rumah wallet tidak boleh terlalu panas dan butuh suasana yg nyaman serta alami. Sedangkan disisi lain mining rig menyebarkan suhu yg relatif panas dan menimbulkan noise yg lumayan mengganggu.

Nah bener kk , sy rasa untuk meletakkan mining rig di rumah wallet sangat sulit untuk direalisasikan. Daripada repot-repot melakukan hal tsb, lebih baik membangun ruangan khusus buat yg punya byk mining rig dan buat yang hanya punya mining rig sedikit, bisa bikin rak khusus atau membeli mining rig case seperti ini

https://www.ebay.com/itm/6U-GPU-Bitcoin-Mining-Rig-Server-Case-6-Fans-Pre-Installed-Cooling-vents/253513601284?hash=item3b06969104:g:60gAAOSwqVdatG3i

dan

https://www.amazon.com/Bitcoin-Mining-Case-Built-PCI/dp/B078PY6D4T
kakine
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 16
Merit: 0


View Profile
July 23, 2018, 03:33:55 PM
 #49

Kalau keempat empatnya diterapkan dalam satu alat mining apa gak kedinginan  yah? Modalnya juga cukup besar nih kalo kempatnya diterapkan sekaligus.
panjerino
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 4
Merit: 0


View Profile
July 24, 2018, 05:54:38 AM
 #50

membangun ruangan khusus unt mining sangatlah berperan penting dalam hal hasil,perawatan alat mining serta keawetanya.daerah yg panas harus banyak peralatan untuk sistim pendingin dibandingkan dengan daerah dingin,ada beberapa kasus ternyata daerah yg lebih dingin alat miningnya lebih awet,debu juga tidak begitu banyak,dalam ruangan tidak perlu ac.cukup dengan kipas saja
sebas7ian
Member
**
Offline Offline

Activity: 63
Merit: 27


View Profile
July 30, 2018, 03:11:12 PM
 #51

baru tau klo ada ruangan khusus buat mining.
klo jumlah vga buat mining masih sedikit, apakah perlu juga dibuatkan ruangan?
karena kebetulan gw baru belajar mining menggunakan komputer biasa dgn vga gtx1050ti dan ada rencana mo beli 3 vga lagi.
Dan saat ini ruangan dimana gw bermain komputer dah ada acnya, jadi apakah msh perlu ruangan kusus?
Vicks-Berg
Member
**
Offline Offline

Activity: 82
Merit: 22


View Profile
July 30, 2018, 06:04:59 PM
 #52

baru tau klo ada ruangan khusus buat mining.
klo jumlah vga buat mining masih sedikit, apakah perlu juga dibuatkan ruangan?
karena kebetulan gw baru belajar mining menggunakan komputer biasa dgn vga gtx1050ti dan ada rencana mo beli 3 vga lagi.
Dan saat ini ruangan dimana gw bermain komputer dah ada acnya, jadi apakah msh perlu ruangan kusus?

Selama suhu dari mining rig bisa dijaga dengan stabil dikisaran 50 - 70 celcius dan tidak menganggu kk sebagai penggunanya, sy rasa belum perlu untuk membuat sebuah ruangan khusus.
Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra selama belum terlalu dibutuhkan. Dan msh ada opsi lain, seperti pengaturan sirkulasi dengan menggunakan kipas server atau menggunakan metode lainnya demi menjaga suhu mining agar panasnya tidak berlebihan.
Tirexico
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 38
Merit: 0


View Profile
August 02, 2018, 05:48:29 AM
 #53

menurut saya, cukup menyediakan ruangan ukuran 4x5 meter persegi dilengkapi dengan fentilasi yang bagus dan ac agar server bisa bekerja secara optimal.
Lite.Six
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 61
Merit: 1


View Profile
August 05, 2018, 10:27:49 AM
 #54

menurut saya, cukup menyediakan ruangan ukuran 4x5 meter persegi dilengkapi dengan fentilasi yang bagus dan ac agar server bisa bekerja secara optimal.
iyaps, diusahakan ruangan tersebut punya sirkulasi udara yang baik agar ruangan tidak terkurung udara panasnya.
Dante.444
Jr. Member
*
Offline Offline

Activity: 31
Merit: 4


View Profile
August 11, 2018, 09:05:12 AM
 #55

Untuk membangun ruangan kusus mining rig, estimasi biaya yg dibutuhkan berapa?
antara menggunakan ac dan menggunakan blower + exhaust, dari sisi biaya dan fungsi lebih efisien yang mana?
badubarat
Copper Member
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 546
Merit: 109



View Profile
August 13, 2018, 01:47:53 AM
 #56

Selain ruangan ber AC,apa sekarang ada solusi baru untuk mendinginkan perangkat?
misal seperti radiator modifikasi mungkin.
Menggunakan ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus , jika daerah yang digunakan untuk mining bersuhu dingin , penggunaan AC hampir tidak diperlukan , cukup sirkulasi udara yang baik dengan dibantu kipas .
kalau menuru saya ac perlu sih gan, walaupun diudara dingin tapi ac digunakan untuk kestabilan suhu gan. karena mining memerlukan daya yang besar dan yang pasti hasilnya adalah suhu yang tinggi pula. Dengan adanya AC udara didalam lebih cenderung stabil dari pada menggunakan sirkulasi udara, suhu diluar saya yakin tetap sering berubah, dan itu membuat ketidak stabilan suhu ruangan.

Monero Rings XRM ⭕️
« Fork of Monero 1:2 » Security and anonymity
▂▂▂▂▂▂▂▂▂ WebsiteANNTwitterTelegramGithubWhitepaper ▂▂▂▂▂▂▂▂▂
LoveASIA
Newbie
*
Offline Offline

Activity: 92
Merit: 0


View Profile
August 13, 2018, 03:09:44 AM
 #57

Kalo saya akan lebih memilih metode di ruangan sempit, karna aman dan hemat terutama hemat biaya ac karna jangkauan nya dekat dari mesin.
Kokkereng
Member
**
Offline Offline

Activity: 195
Merit: 14


View Profile
September 06, 2018, 10:11:50 AM
 #58

Kalo saya akan lebih memilih metode di ruangan sempit, karna aman dan hemat terutama hemat biaya ac karna jangkauan nya dekat dari mesin.
saya jga sama gan seperti itu , yg penting sih pengontrolan saat mining dan juga perawatan terharap komponen mining harus teratur biar awet dan maksimal saat mining .
kalau low budget mending make kipas saja jangan ac karena biaya akan lebih mahal lagi .
Iveyalla
Full Member
***
Offline Offline

Activity: 392
Merit: 100



View Profile
September 06, 2018, 01:19:18 PM
 #59

Tidak perlu menggunakan Ac jika ruangan yang di gunakan memiliki sirkulasi bagus, dan di gunakan mining di daerah yang bersuhu dingin.
Cukup di butuhkan kipas serta sirkulasi udara yang baik.

bener gan saya juga cuma menggunakan kipas angin saja saat proses mining berjalan , sisanya ya ruangan yg sirkulasinya bagus biar ga berdebu .
dan yg penting itu monitorin saat berjalan juga butuh biar kondisi tetep stabil dan terkontrol dalam semua aspeknya

Asal cocok sama daerah yang agan tinggal itu ya tidak masalah sih waloupun cuman pasang kipas angin ya kan gan.
Namun kalou didaerah saya tidak mampan gan mesti tetap harus mengunakan AC agar kondisi mining bisa berjalan dengan stabil.

BITCOINTALKTELEGRAMTWITTERFACEBOOK ●  DISCORD
  SEDO POW TOKEN    DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM BASED  ON BLOCKCHAIN
abhiseshakana
Hero Member
*****
Offline Offline

Activity: 560
Merit: 1369


🅸ndonesia 🅿atrol 🆂quad


View Profile WWW
September 07, 2018, 01:40:01 AM
 #60


Asal cocok sama daerah yang agan tinggal itu ya tidak masalah sih waloupun cuman pasang kipas angin ya kan gan.
Namun kalou didaerah saya tidak mampan gan mesti tetap harus mengunakan AC agar kondisi mining bisa berjalan dengan stabil.

Domisilinya dimana Om ? mungkin penempatan fan-fan tambahannya kurang optimal.
Saya sendiri meskipun berdomisili disalah satu kota panas (Jakarta), untuk kebutuhan sirkulasi ruangan mining hanya mengandalkan Kipas angin bekas Outdoor AC. Hasilnya pun lumayan, suhu kerja vga rata-rata 65-70oC dan untuk beban listrik seluruh kipas sekitar Rp 12.000/hari

Sebenarnya saya juga pernah mencoba menggunakan AC ukuran 1.5 Pk, akan tetapi hasilnya tidak efisien, dimana suhu kerja VGA rata-rata dikisaran 75oC dan biaya listrik jadi bertambah sekitar Rp 35.000/hari (beban AC). Dan tentu saja kondisi ini jadi menyebabkan profit mining ikut turun

Pages: « 1 2 [3] 4 »  All
  Print  
 
Jump to:  

Sponsored by , a Bitcoin-accepting VPN.
Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2006-2009, Simple Machines Valid XHTML 1.0! Valid CSS!