==
Pengalaman saya gunakan Tokocrypto ini sepertinya peninjauan untuk diminta data dari penerima assets yang kamu withdraw, sama halnya peninjauan pas deposit assets koin ke akun Tokocrypto sering kena peninjauan dan kita diberikan form untuk mengisi data dari maan assets deposit yang kita terima. Di sana nanti banyak data yang harus kita isi mulai dari data pengirim, alamat dan detail lainnya sampai opsi refund ke wallet yang kirim assets kita kalau koinnya bermasalah.
Untuk penarikan saya rasa juga sama, coba kamu buka menu history penarikan dan disana ada keterangan peninjauan biasanya ada link untuk mengisi form, paling diminta keterangan dan detail data dari penerima asset koin tersebut. Nama penerima, alamat penerima memang sangat komplit masalah kalau kirim atau terima saldo di Tokocrypto dan alasan mereka mengikuti aturan dari pemerintah.
Kalau untuk peninjauan yang itu, saya tidak mengisi data-data di form tapi hanya saya biarkan saja. Saya pernah memberikan keterangan untuk ini jadi dengan dibiarkan saja, deposit langsung masuk walaupun ada waktu tunggunya tapi itu tidak apa-apa.
Untuk kasus saya, saya belum melakukan penarikan ataupun penyetoran tapi kalau saya baca dari responnya teman-teman, itu sepertinya harus melakukan update data lagi dimana kemarin waktu awal-awal ada update data, saya sudah melakukannya. Dan saya juga belum melakukan apa-apa untuk akun saya di Tokocrypto.
==
Seperti yang sudah saya katakan, belakangan ini beberapa exchange lokal memang sedang problematik, banyak keluhan yang tidak segera diurus sampai berhari-hari, bahkan ada yang sampai berbulan-bulan. Kalau dipikirkan, bisa aja karena masalah likuiditas, namun mengingat modal dalam membuat exchange tidak kecil, sepertinya masalahnya bukan di likuiditas.
Saran saya bagi yang suka simpan modal di exchange, lebih baik modalnya di diversifikasi supaya kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tidak terlalu stres.

Kita sebut saja masalah tidak terduga yang membuat exchange lokal tidak bisa segera menyelesaikannya

Memang lebih baik di diversifikasi modalnya dan yang penting adalah jangan simpan terlalu banyak modal di exchange. Cukup seadanya saja untuk berdagang ataupun investasi kalau mau jadi tidak khawatir.
Disini yang masih menggunakan Indodax apakah ada yang ikutan program Indodax X Bank INA?
Atau kalo ada yang sudah baca2 soal kolaborasi ini, apakah menurut agan2 disini worth it untuk ikutan program ini?
Sekilas yang ane baca dari sumber resmi baik dari blognya indodax maupun dari websitenya bank INA, benefit yang ditawarkan adalah:
- 1% per tahun dalam Rupiah berupa bunga Tabungan Digital Bank INA; dan
- hingga 2% per tahun dalam bentuk aset kripto sebagai benefit Program.
Yang belum ane dapatkan adalah informasi tentang aset kripto apa yang diberikan sebagai reward 2% ini, apa ada yang tahu informasi lebih rinci?
Sedangkan untuk keunggulan utama dari program ini adalah:
1. Kartu Co-Branding Eksklusif : Hadirnya kartu co-branding INDODAX dan Binadigital yang makin memudahkan aktivitas transaksi harian.
2. Kemudahan Akses Onboarding : Pengguna INDODAX mendapatkan akses langsung untuk mengunduh dan melakukan registrasi rekening Binadigital pada aplikasi Binadigital dengan prosedur yang praktis.
3. Kemudahan Finansial Terpadu : Memudahkan pengguna INDODAX dalam mengatur alokasi dana simpanan serta investasi aset digital secara fleksibel melalui aplikasi Binadigital.
4. Kemudahan Transaksi : Penggunaan Indodax Savings by Binadigital untuk melakukan berbagai pembayaran, QRIS, maupun tagihan.
5. Keuntungan & Rewards : Berbagai rewards benefit dan suku bunga atas saldo dan transaksi pengguna.
Sumur:
https://www.bankina.co.id/id/berita/perkuat-ekosistem-finansial-digital-kolaborasi-bank-ina-indodax-hadirkan-kemudahan-akses-pembukaan-rekening-indodax-savings-by-binadigitalhttps://blog.indodax.com/binadigital-indodax/Kalau untuk menabung dalam bentuk Rupiah, saya skip saja

Soale entah bisa dapat untung atau malah buntung nantinnya karena ada biaya-biaya yang tidak terduga. Mungkin di awal-awal bulan saja mereka benar-benar memberikan untung kepada nasabahnya tapi selanjutnya terserah mereka

Nah kalau untuk 2% per tahun dalam bentuk kripto, tidak dijelaskan dalam bentuk kripto apa, BTC, ETH, ataupun koin-koin lainnya.
Dalam program ini, manfaat yang diberikan kepada pengguna tidak hanya berupa layanan perbankan digital. Indodax juga memberikan reward berupa aset kripto dengan nilai ekuivalen 2 persen per tahun atas saldo tabungan yang mengikuti program. Namun, nilai aset kripto dapat berubah mengikuti kondisi pasar. Informasi mengenai manfaat aset kripto dalam program tersebut juga tidak dimaksudkan sebagai rekomendasi untuk membeli atau memperdagangkan aset kripto tertentu.
Sumber:
https://money.kompas.com/read/2026/08/21/153947826/indodax-dan-bank-ina-hadirkan-tabungan-digital-plus-reward-kripto